... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Indonesia Bersaing dengan Maladewa untuk Jadi Anggota DK PBB

Foto: PBB

KIBLAT.NET, New York- Indonesia hari ini (08/06/2018) akan melewati voting atau pemilihan untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB). Indonesia akan bersaing dengan Maladewa dalam pemilihan yang dilakukan Majelis Umum PBB.

Sejak Senin (04/06/2018), Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi tiba di New York, Amerika Serikat. Kedatangannya untuk mengkampanyekan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, periode 2019-2020.

Selama berada di New York, Menlu Retno beserta Wakil Tetap Indonesia di PBB dan sejumlah pejabat Kemlu melakukan serangkaian kegiatan, termasuk pertemuan-pertemuan bilateral dengan menteri maupun pejabat negara sahabat, untuk memuluskan Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB.

Sejumlah pertemuan dengan perwakilan negara-negara anggota PBB dilakukan untuk meminta dukungan. Menlu Retno bertemu dengan Menlu Amerika Serikat, Menlu Gabon, serta Wakil Tetap di PBB dari negara Italia, Singapura, Gambia, Aljazair, Comoros, Belanda, Bolivia, Liberia, Brazil, Tanzania, Swedia, dan Nauru.

Selain Menlu dan Wamenlu, Indonesia juga telah mengirimkan 3 orang Utusan Khusus Presiden RI untuk menggalang dukungan dari negara-negara. Ketiga Utusan Khusus Presiden RI tersebut adalah Nur Hassan Wirajuda (mantan Menlu RI), M. Lutfi (mantan Mendag RI), serta Mahendra Siregar (mantan Kepala BKPM). Hassan bertugas menggalang dukungan di negara-negara Afrika, sementara Lutfi difokuskan pada negara-negara Pasifik. Mahendra ditugaskan ke wilayah Eropa Tengah dan Timur.

BACA JUGA  Komisi V DPR: Pemindahan Ibu Kota untuk Apa?

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Asia

Proyek Melayu Raya Gagas Bantuan Pakaian Baju Melayu untuk Kaum Dhuafa di Patani

Untuk itu, digagaslah sebuah proyek bernama Proyek Melayu Raya yang diselenggarakan oleh tim Persatuan Pengukir Malaysia. Proyek tersebut membawa amanah rakyat Malaysia berupa pakaian baju Melayu telah memberikan langsung bantuan untuk anak yatim dan fakir miskin di Patani dengan bekerjasama dengan In-South Patani, yang telah berlangsung pada Sabtu (26/5) lalu di Rumah Nusantara.

Jum'at, 08/06/2018 14:52 0

Amerika

Batalkan Pertandingan Lawan Israel, Argentina Dipuji Hamas

Anggota Biro Politik Hamas, Husam Badran memuji keputusan tim sepak bola nasional Argentina.

Jum'at, 08/06/2018 14:46 0

Yaman

Serangan Saudi Cs ke Hudaida Ancam Kehidupan Penduduk Yaman

serangan Saudi ke Hudaida dapat merusak garis kehidupan di Yaman. Pasalnya, pelabuhan Hudaida saat ini menjadi satu-satunya akses utama bantuan kemanusiaan untuk sipil Yaman.

Jum'at, 08/06/2018 14:31 0

Suriah

Idlib Kembali Dihujani Serangan Udara Rusia

Kawasan pemukiman di Zardana, Idlib pada Kamis (07/06/2018) dihujani serangan udara oleh Rusia. Laporan sementara, 18 sipil tewas dan lebih dari 70 orang lainnya mengalami luka-luka.

Jum'at, 08/06/2018 13:29 0

Palestina

Argentina Ogah Lawan Israel, Setelah Diprotes Aktivis Pro-Palestina

Argentina Ogah Lawan Israel, Setelah Diprotes Aktivis Pro-Palestina. Argentina telah membatalkan pertandingan pemanasan Piala Dunia terakhir mereka melawan Israel. Merespon pembatalan itu, Israel kecewa.

Jum'at, 08/06/2018 11:38 0

Video Kajian

Musibah Terbesar yang Tak Disadari

Musibah Terbesar yang Tak Disadari. Misalnya, musibah padinya diserang hama, anggota keluarganya meninggal, ia bisa melihat dan tahu, sehingga ada respon yang mengikutinya. Namun, ada musibah yang kadang-kadang tidak disadari oleh seseorang. Simak penjelasannya!

Jum'at, 08/06/2018 11:00 0

Palestina

Tentara Israel Gagal Atasi Serangan “Layang-layang Api” Pejuang Gaza

Pejuang Palestina terus menggunakan “layang-layang api” untuk menyerang perkebunan Israel. Senjata sederhana itu telah membakar ratusan hektar perkebunan Israel. Tentara Israel pun dinilai gagal menghadapi serangan tersebut.

Jum'at, 08/06/2018 09:49 0

Rusia

Putin: Tak Ada Rencana Tarik Pasukan dari Suriah

Putin telah melakukan perjalanan ke Suriah pada bulan Desember dan mengumumkan penyelesaian misi Rusia dan memerintahkan dimulainya penarikan "sebagian besar" pasukannya.

Jum'at, 08/06/2018 08:08 0

Yaman

Palang Merah Tarik Puluhan Petugas Warga Asing dari Yaman

Mereka kerap menerima ancaman bahkan pembunuhan. Keamanan adalah syarat utama yang harus dipenuhi untuk tetap bisa bekerja di Yaman

Jum'at, 08/06/2018 07:13 0

Amerika

Bikin Acara Iftar di Gedung Putih, Trump Tak Undang Kelompok Muslim

Tidak ada daftar tamu undangan dari perwakilan organisasi Muslim Amerika terkemuka, yang telah memprotes kebijakan Islamofobia dan 'Travel Ban' Trump. Berbagai organisasi itu juga telah memprotes dukungan pemerintah AS untuk Israel.

Kamis, 07/06/2018 19:13 0

Close