... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dimasukkan Daftar Teroris, Pria Tasikmalaya Ini Ajukan Protes

Foto: Rido Ramdan Sumantri

KIBLAT.NET, Jakarta – Rido Ramdan Sumantri keberatan namanya dimasukkan dalam daftar teroris oleh sebuah lembaga pengamat. Namanya disebut ketika muncul kabar teroris dari berbagai daerah akan melakukan aksi pasca bentrok di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Rido menjelaskan, memang dirinya pergi ke Depok sehari setelah kerusuhan di Mako Brimob. Namun, ia pergi ke rumah singgah yang di dalamnya ada janda yang suaminya berada di Mako Brimob atau sudah meninggal.

“Saya ke Depok itu ingin menengok kondisi rumah singgah. Ternyata penghuninya sudah dipindah ke Bekasi. Jadi saya langsung pulang. Dan karena ada isu dari IPW, menyantumkan nama saya sebagai salah satu terduga teroris, tentu (saya) keberatan dan tidak benar,” katanya kepada Kiblat.net di Gedung DPR RI, Jakarta pada Selasa (05/06/2018).

Dari sepuluh nama yang disebut sebagai teroris yang akan melakukan penyerangan, Rido ditulis sebagai koordinator. “Menurut IPW sepuluh orang, dengan ada nama saya, Gilang, Aji, dan Dani. Dengan hasil nama dari IPW, Gilang dan Aji ditangkap. Saya khawatir juga karena nama juga dicatut dengan kesalahpahaman dari IPW,” ucapnya.

Rido memaparkan, selama ini ia hanya merasa simpati dengan janda dan anak-anak yatim tersebut. Maka ia membantu. Ia menyatakan tidak terkait dengan aksi teror apapun.

“Saya mah cuman membantu. Tidak melakukan teror-teror begituan,” tukasnya.

BACA JUGA  Pria Kulit Putih Bersenjata Meneror Masjid di Norwegia, Seorang Muslim Terluka

Pengacara Rido Ambil Langkah Hukum

Pengacara Rido Ramdan Sumantri, Raghil Widarisman menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan langkah hukum terhadap pemberitaan miring mengenai kliennya. Langkah awal yang akan ia tempuh adalah klarifikasi dengan media tersebut.

“Kami ingin melakukan langkah hukum terkait tuduhan yang sudah disematkan kepada klien kami. Oleh karena itu, kami ingin melakukan klarifikasi mengenai hal tersebut. Dalam hal ini, kami akan klarifikasi ke media yang telah memberitakan berita tersebut untuk tabayun, menanyakan sumbernya dari mana,” katanya kepada Kiblat.net.

Ia mengatakan, jika media-media tersebut telah memberikan berita sesuai dengan kode etik jurnalitik, artinya sumber berita jelas, maka ia akan mendatangi sumber utama yaitu Direktur Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane.

“Kami akan mendatangi sumber utama, mengklarifikasi dari mana data yang ia peroleh. Jika tidak terbukti, maka bisa dikategorikan sebagai pencemaran nama baik. Kami akan mengambil langkah tegas,” tegasnya.

Sementara ini, pihaknya telah melakukan pengaduan dengan Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Syafii dan Direktur Penindakan BNPT, Brigjen Torik Triyanto.

Terakhir, ia menegaskan bahwa kliennya tidak memiliki hubungan apapun dengan kelompok teroris yang disebut akan melakukan penyerangan. Menurutnya, kliennya hanya membantu janda dan anak yatim, tanpa terlibat melakukan teror.

“Dan setiap kegiatannya di Tasikmalaya itu selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan di sana,” tandasnya.

BACA JUGA  Gerakan Sahwah di Arab Saudi: Dulu Dirangkul, Kini Dimusuhi

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Tentara Israel Gagal Atasi Serangan “Layang-layang Api” Pejuang Gaza

Pejuang Palestina terus menggunakan “layang-layang api” untuk menyerang perkebunan Israel. Senjata sederhana itu telah membakar ratusan hektar perkebunan Israel. Tentara Israel pun dinilai gagal menghadapi serangan tersebut.

Jum'at, 08/06/2018 09:49 0

Rusia

Putin: Tak Ada Rencana Tarik Pasukan dari Suriah

Putin telah melakukan perjalanan ke Suriah pada bulan Desember dan mengumumkan penyelesaian misi Rusia dan memerintahkan dimulainya penarikan "sebagian besar" pasukannya.

Jum'at, 08/06/2018 08:08 0

Yaman

Palang Merah Tarik Puluhan Petugas Warga Asing dari Yaman

Mereka kerap menerima ancaman bahkan pembunuhan. Keamanan adalah syarat utama yang harus dipenuhi untuk tetap bisa bekerja di Yaman

Jum'at, 08/06/2018 07:13 0

Amerika

Bikin Acara Iftar di Gedung Putih, Trump Tak Undang Kelompok Muslim

Tidak ada daftar tamu undangan dari perwakilan organisasi Muslim Amerika terkemuka, yang telah memprotes kebijakan Islamofobia dan 'Travel Ban' Trump. Berbagai organisasi itu juga telah memprotes dukungan pemerintah AS untuk Israel.

Kamis, 07/06/2018 19:13 0

Afghanistan

Ashraf Ghani Umumkan Gencatan Senjata dengan Taliban hingga 20 Juni

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada Kamis (07/06/2018) mengumumkan gencatan senjata terhadap gerilyawan Taliban hingga 20 Juni. Namun, gencatan senjata tak berlaku terhadap ISIS.

Kamis, 07/06/2018 18:34 0

Eropa

NATO: Keanggotaan Diperuntukkan Negara Eropa dan AS

NATO pada Rabu (06/06/2018) mengatakan bahwa keanggotaan hanya diperuntukkan bagi Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Kamis, 07/06/2018 18:16 0

Qatar

Qatar Ditolak Jadi Anggota Penuh NATO

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Qatar, Khalid Bin Mohamed Al-Attiyah, menyatakan keinginan negaranya untuk bergabung dengan salah satu aliansi militer terlama, NATO.

Kamis, 07/06/2018 17:47 0

Suara Pembaca

Semarak Senyum Lebaran Solidaritas Muslim 2018

KIBLAT.NET, Sukoharjo – Alhamdulillah, atas izin Allah santunan Senyum Lebaran 2018 sementara terlaksana di dua...

Kamis, 07/06/2018 15:15 0

Yaman

Pejabat Intelijen Yaman Diculik Kelompok Bersenjata di Depan Rumahnya

Pejabat resmi kepolisian mengatakan telah terjadi penculikan terhadap seorang petinggi dinas intelijen Yaman oleh sekelompok pria bersenjata.

Kamis, 07/06/2018 15:00 0

Irak

Bom Guncang Kampung Syiah di Baghdad

Sumber medis di rumah sakit "Al-Imam" yang berada dekat lokasi ledakan menungkapkan bahwa rumah sakit menerima 10 mayat dan 21 orang terluka akibat ledakan di dekat kuil yang disucikan Syiah itu.

Kamis, 07/06/2018 11:37 0

Close