Respon Fahri Hamzah Saat Solidaritas Palestina Disebut Sebabkan Terorisme

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah turut menanggapi statemen BNPT yang menyebutkan bahwa salah satu penyebab terorisme di Indonesia adalah solidaritas untuk Palestina. Menurutnya keluarnya statemen tersebut sama dengan mengkhianati mandat presiden pertama RI Ir. Soekarno.

“Ini harus diluruskan,” kata Fahri Hamzah ketika ditemui Kiblat.net di kawasan Senayan pada Rabu (06/06/2018).

Dia kemudian mengutip perkataan bung Karno terkait Palestina. “Bung Karno mengatakan, ‘Kemerdekaan Palestina adalah hutang kami. Karena mufti Palestina lah yang memfatwakan agar semua negara Arab mengakui kemerdekaan Indonesia’,” katanya mengutip.

“Sekarang utang itu mau kita bayar, kok malah dituduh teroris, dituduh radikal. Kan gak masuk akal,” imbuh Fahri.

“Itulah yang harus perbaiki dalam mindsetnya pemimpin negara ini yang sekarang dipimpin Pak Jokowi. Baca sejarah dong,” tukasnya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut solidaritas terhadap Palestina sebagai salah satu penyebab adanya teroris.

“Penyebab teroris adalah ideologi, paham yang salah, solidaritas komunal karena melihat saudaranya dizalimi seperti Palestina, Rohingya, Maluku Ambon,” ujar Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. Hamli dalam diskusi Pemberitaan dan Penyiaran Tentang Terorisme di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (30/05/2018).

Menurut Hamli, penyebab lainnya adalah sikap balas dendam keluarga yang menjadi korban. Juga, aksi balas dendam akibat kekejaman yang dialami oleh suatu kelompok, seperti pembantaian yang dialami etnis Rohingya.

BACA JUGA  Pemerintah Sweeping Pamflet Habib Rizieq di Medsos

“Apakah kita akan menyiarkan besar-besaran konflik di sana? Karena motivasi balas dendam sering muncul,” kata dia.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat