... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Qatar Ditolak Jadi Anggota Penuh NATO

Foto: Bendera NATO.

KIBLAT.NET, Doha – Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menolak keanggotaan penuh Qatar pada Rabu (06/06/2018). Sebelumnya, Menteri Pertahanan Qatar, Khalid Bin Mohamed Al-Attiyah, menyatakan keinginan negaranya untuk bergabung dengan salah satu aliansi militer terlama, NATO.

“Menurut Pasal 10 dari Perjanjian Washington, hanya negara-negara Eropa yang bisa menjadi anggota NATO,” kata seorang pejabat dari aliansi 29 negara kepada AFP. “Qatar adalah mitra NATO yang berharga dan sudah lama,” tambah pejabat itu.

Berbicara kemarin pada peringatan satu tahun sengketa diplomatik Teluk, Al-Attiyah mengatakan kepada majalah resmi kementerian pertahanan Qatar, Altalaya. “Qatar hari ini telah menjadi salah satu negara paling penting di kawasan itu dalam hal kualitas persenjataan,” kata dia.

“Mengenai keanggotaan, kami adalah sekutu utama dari luar NATO. Yang jadi ambisi adalah keanggotaan penuh jika kemitraan kami dengan NATO berkembang dan visi kami jelas,” sambungnya.

Al-Attiyah mengatakan bahwa ada hubungan yang berkembang antara Qatar dan NATO. Doha bisa menjadi tuan rumah unit kerja NATO atau salah satu dari unit khusus.

Ambisi Qatar menjadi anggota penuh NATO terlihat dengan sejumlah perjanjian yang dibentuk. Awal tahun ini, Doha menandatangani pakta keamanan di Markas Besar NATO di Brussels. Perjanjian keamanan menyediakan kerangka kerja untuk perlindungan pertukaran informasi rahasia.

Apakah ini merupakan kemunduran kecil bagi Doha yang telah menjadi terisolasi oleh negara-negara tetangganya, tidak jelas. Terlepas dari dampak blokade yang dipimpin oleh Saudi dan UEA, banyak orang di Qatar memandang peristiwa tahun lalu sebagai kemenangan.

BACA JUGA  Empat Tentara NATO di Afghanistan Positif Covid-19

Surat kabar Qatar sangat gembira pada hari Selasa, dengan berita utama “Dengan Kejayaan Qatar Tetap Bersatu” dan “Qatar Bersinar, Sementara Kampanye Kotor telah Gagal”. Perusahaan taksi juga dilaporkan telah menawarkan kepada pelanggan tumpangan gratis, beberapa di Qatar bahkan telah menyerukan 5 Juni untuk dijadikan hari libur nasional.

Sementara itu, Komite Nasional Hak Asasi Manusia Qatar (NHRC) merilis laporan yang mengklaim lebih dari 4.000 pelanggaran hak asasi manusia telah dilakukan terhadap Qatar oleh aliansi yang dipimpin Saudi pada tahun lalu. Menurut sebuah laporan, warga Qatar telah terkena penangkapan sewenang-wenang dan secara rutin menolak kebebasan bergerak.

Sumber: Middle East Monitor
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Fahri Hamzah: THR Jadi Manuver Politik Pusat, Kasihan Rakyat Jadi Korbannya

Menurut Fahri, perubahan alokasi anggaran ditingkat pusat itu tidak mengikat APBD, yang memiliki mekanisme tersendiri yang independen dari pemerintah pusat.

Kamis, 07/06/2018 17:30 0

Indonesia

Tahan Api, Gelang Jemaah Haji Indonesia Tahun Ini Ada Kode QR

Gelang jemaah haji Indonesia tahun ini dilengkapi dengan QR Code.

Kamis, 07/06/2018 17:13 0

Indonesia

Respon Fahri Hamzah Saat Solidaritas Palestina Disebut Sebabkan Terorisme

Menurut Fahri Hamzah statemen tersebut sama dengan mengkhianati mandat presiden pertama RI Ir. Soekarno.

Kamis, 07/06/2018 16:16 0

Indonesia

PUSHAMI: Penangkapan Imam Bahri oleh Densus 88 Salah Prosedur

Pengacara Sri Hartati dari PUSHAMI, Aziz Yanuar menegaskan bahwa penangkapan suami kliennya telah cacat prosedur. Sebab, penangkapan Imam Bahri tidak disertai dengan surat penangkapan.

Kamis, 07/06/2018 15:40 0

Suara Pembaca

Semarak Senyum Lebaran Solidaritas Muslim 2018

KIBLAT.NET, Sukoharjo – Alhamdulillah, atas izin Allah santunan Senyum Lebaran 2018 sementara terlaksana di dua...

Kamis, 07/06/2018 15:15 0

Indonesia

Gandeng ACT, Pemprov DKI Gelar Bukber dengan Warga Membutuhkan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengadakan program Kegiatan Berbuka Bersama Jakarta Bahagia Semua Kebagian Berkahnya (BBJB SKB).

Kamis, 07/06/2018 14:55 0

Indonesia

Istri Ketua RT di Sidoarjo: Suami Saya Bukan Teroris, Semua Warga Siap Bersaksi

Ia mengungkapkan bahwa suaminya ditangkap saat berangkat menuju masjid untuk menunaikan shalat Dhuhur di daerahnya, Jl Raya Wisma Tropodo, kelurahan Tropodo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

Kamis, 07/06/2018 14:51 0

Indonesia

Pesan Imam Negeri Syam: Jangan Lupakan Suriah dan Palestina

Saat bertausiyah, selalu Syaikh Ubeid menjelaskan keutamaan dan keberkahan yang ada di Bumi Syam khususnya Palestina dan Suriah.

Kamis, 07/06/2018 12:16 0

Video News

Latihan Memanah dan Kerja Kemanusiaan, Dapat Dijerat UU Terorisme?

Latihan Memanah dan Kerja Kemanusiaan, Dapat Dijerat UU Terorisme? Misalnya pada Pasal 12B dan 12B. Ada term “pelatihan lain” selain pelatihan militer yang akan dikaitkan dengan tindakan terorisme. Mungkinkan latihan memanah dapat juga dijerat? Kerja kemanusiaan di wilayah konflik?

Kamis, 07/06/2018 08:45 0

Indonesia

PUSHAMI Adukan Soal Terorisme, Romo Syafii Langsung Telepon Kepala BNPT

Muhammad Syafii lantas menelpon Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Suhardi Alius. Akhirnya, Suhardi Alius mengutus Direktur Penindakan BNPT, Brigjen Pol. Torik Triyono. Pukul 13.3 WIB, Brigjen Torik datang bersama dua stafnya.

Rabu, 06/06/2018 18:00 0

Close