... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gandeng ACT, Pemprov DKI Gelar Bukber dengan Warga Membutuhkan

Foto: Presiden ACT dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengadakan program Kegiatan Berbuka Bersama Jakarta Bahagia Semua Kebagian Berkahnya (BBJB SKB). Program ini telah berjalan selama 20 hari Ramadhan.

“BBJB merupakan bentuk ikhtiar terbaik dari Pemprov dan ACT untuk bebagi keberkahan dengan seluruh masyarakat Jakarta yang membutuhkan. Kegiatan BBJB resmi ditutup oleh Pemprov DKI pada hari ini di Kelurahan Kapuk, Jakarta Barat,” ungkap Presiden ACT, Ahyudin ditemui di lapangan RW 11, Kapuk, Jakarta Barat dalam acara buka bersama terakhir dari program BBJB, Rabu (06/06/2018).

Ahyudin mengungkapkan, melalui program BBJB, Pemprov DKI dan ACT telah menyalurkan 166 ribu paket makanan di 111 RW yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak Rabu (16/05/2018) sampai Selasa (05/06/2018) kemarin.

Target dari kegiatan ini disebutkan Ahyudin adalah wilayah-wilayah yang kumuh dan miskin. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta tercatat 393.130 warga miskin di Jakarta.

Ahyudin juga menyampaikan, program BBJB yang disinergikan dengan ACT merupakan program yang direspon secara serius oleh ACT. Dengan berakhirnya program ini, ACT akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait temuan di lapangan.

“Diharapkan program ini menjadi landasan kolaborasi strategis antara ACT dan Pemprov DKI ke depannya sebagai bentuk kepedulian terhadap kemanusiaan terutama wilayah DKI Jakarta,” ungkapnya.

BACA JUGA  Pakar: Masyarakat Harus Berani Sebut OPM Langgar HAM

“Kami menyerap keseriusan kolaboratif yang disampaikan Gubernur DKI, sebagai energi kebersamaan sebagai sesama elemen peduli kemanusiaan,” lanjutnya.

Pada momentum Ramadhan ini, Ahyudin mengungkapkan bahwa kata “kemanusiaan” yang menafasi ACT, bermakna sama dengan kata “rakyat” yang merupakan jargon pemerintah.

“Ada kesamaan visi dalam melayani masyarakat,” papar Ahyudin, dalam sambutan penutupan BBJB.

Dalam implementasi BBJB sendiri terdapat 13 dapur umum yang berada di bawah naungan ACT yang tersebar di wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu. Di setiap dapur terdapat ibu-ibu yang diberdayakan. Selain itu ACT juga memberdayakan warung-warung sekitar untuk ikut dalam melancarkan keberkahan BBJB ini.

“Di semua titik yang dipegang oleh ACT, ibu-ibu disekitar dapur umum dan warung-warung kecil diberdayakan. Sehingga berkah kegiatan ini juga dapat meningkatkan perekonomian mereka selama 20 hari Ramadhan,” ujar Hani Hanifah, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Masyarakat Relawan Indonesia (MRI).

Hani menyampaikan, dalam mensukseskan kegiatan ini terdapat sekitar 100 relawan dari MRI yang ikut terjun dalam pendistribusian paket makanan gratis. Disamping itu beberapa perusahaan juga ikut mendonasikan makanan yang disalurkan oleh kelurahan melalui program BBJB.

Kegiatan BBJB telah ditutup secara resmi oleh Pemprov DKI Jakarta dalam bentuk buka bersama dengan ACT dan mitra kerjasama lainnya. Buka bersama ini dihadiri oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan beserta Walikota, Camat dan Lurah di Jakarta, Presiden ACT Ahyudin, Senior Vice President ACT N. Imam Akbari dan mitra kerjasama BBJB lainnya.

BACA JUGA  Ribuan Anggota IJABI dan ABI Rayakan Hari Asyuro di Gelora Bung Karno

Selain itu, kegiatan ini juga akan menghadirkan Food Truck ACT dan Dapur Umum BBJB serta akan dimeriahkan oleh artis yaitu Tika Ramlan dan Fauzi Baadila.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Bom Guncang Kampung Syiah di Baghdad

Sumber medis di rumah sakit "Al-Imam" yang berada dekat lokasi ledakan menungkapkan bahwa rumah sakit menerima 10 mayat dan 21 orang terluka akibat ledakan di dekat kuil yang disucikan Syiah itu.

Kamis, 07/06/2018 11:37 0

News

Maroko Bubarkan Ibadah I’tikaf di 12 Masjid

"Di tengah keterkejutan warga, otoritas keamanan melakukan intervensi di kota-kota di timur, dengan malam-malam pertama di sepuluh hari terakhir Ramadan (Selasa), untuk mencegah I'tikaaf," jelas JAI.

Kamis, 07/06/2018 09:47 0

Suriah

Universitas Turki Buka Cabang di Wilayah Oposisi Suriah

Harran University, yang terletak di provinsi Shanli Orfa, mengatakan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan untuk membuka cabang di daerah Al-Bab untuk melayani siswa di kota-kota yang kendali Turki itu.

Kamis, 07/06/2018 08:49 0

Video News

Latihan Memanah dan Kerja Kemanusiaan, Dapat Dijerat UU Terorisme?

Latihan Memanah dan Kerja Kemanusiaan, Dapat Dijerat UU Terorisme? Misalnya pada Pasal 12B dan 12B. Ada term “pelatihan lain” selain pelatihan militer yang akan dikaitkan dengan tindakan terorisme. Mungkinkan latihan memanah dapat juga dijerat? Kerja kemanusiaan di wilayah konflik?

Kamis, 07/06/2018 08:45 0

Afrika

Sudan Akhiri Hubungan Militer dengan Korut

Sementara Sudan masih masuk dalam daftar embargo senjata karena dituduh mensponsori kegiatan terorisme.

Kamis, 07/06/2018 08:01 0

China

Amankan Kepentingan Strategis, China Perkuat Kehadiran Militer di Afrika

"Salah satu cara China membentengi investasinya di Afrika adalah dengan secara bertahap mengambil peran aktif di PBB," kata Theodor Neethling, yang mengepalai departemen studi politik di Universitas Negara Bebas di Afrika Selatan.

Rabu, 06/06/2018 17:00 0

Palestina

Israel Klaim Penembakan Razan Al-Najjar Tak Disengaja

Militer Israel pada Selasa (06/06/2018) mengatakan bahwa pasukannya tidak sengaja menembak seorang relawan medis Palestina, Razan Al-Najjar.

Rabu, 06/06/2018 16:54 0

Video News

Solidaritas Palestina Harusnya Difasilitasi Pemerintah

Solidaritas Palestina Harusnya Difasilitasi Pemerintah. Tuduhan tersebut, menurut anggota DPR-RI, Muhammad Syafi’i, sebagai kekeliruan dari pemerintah. Pemerintah justru seharusnya memfasilitasi masyarakat yang bersemangat untuk peduli terhadap masalah kemanusiaan.

Rabu, 06/06/2018 15:30 0

Profil

Ali Banat, Ketika Kanker Menjadi Hadiah Allah

Di sela-sela keberhasilannya itu, Ali Banat mendapatkan "hadiah" dari Rabb-Nya yang kelak mengubah drastis hidupnya. Ia sendiri yang membahasakan musibah itu menjadi hadiah di dalam kehidupannya.

Rabu, 06/06/2018 15:04 0

Khazanah

Empat Kenikmatan Hidup

Al-Hajjaj bin Yusuf bertanya pada Kharim An-Na'im tentang kenikmatan hidup.

Rabu, 06/06/2018 14:00 0

Close