Ali Banat, Ketika Kanker Menjadi Hadiah Allah

KIBLAT.NET – Bagaimana perasaaan Anda jika segalanya tentang dunia telah berada di tangan? Bahagia dan kemewahan tentu akan menghiasi hidup sehari-hari. Tetapi, bagaimana jika ketika kebahagiaan itu tetiba diselingi dengan adanya musibah yang menyebabkan kematian? Hancur, sedih, gamang menjadi satu.

Itulah yang terjadi pada seorang pemuda asal Sidney, Australia. Umurnya masih belia dan dunia seolah melekat pada dirinya. Bisnisnya berjalan lancar dan sukses hingga apa yang diidamkan para pemuda saat ini semua ia miliki. Mobil Ferrari, fashion, sepatu, dan topi semua branded, dengan harga wow menjadi simbol kekayaannya.

Di sela-sela keberhasilannya itu, pemuda ini mendapatkan “hadiah” dari Rabb-Nya yang kelak mengubah drastis hidupnya. Ia sendiri yang membahasakan musibah itu menjadi hadiah di dalam kehidupannya. Ia mengatakan,

“Pada titik ini dalam hidup saya, alhamdulilah saya telah dikaruniai Allah dengan kanker di seluruh tubuh saya dan saya telah mengubah seluruh hidup saya untuk membantu orang,”ungkap pemuda belia ini.

The Gift of Cancer

Namanya Ali Banat. Lahir di bumi Kanguru, Sidney pada 16 Februari 1982. Sebagaimana kehidupan manusia pada umumnya, ia hidup bersama keluarganya dengan nyaman dan berjalan seperti biasa. Sebelum dikenal karena videonya yang viral “Gifted With Cancer” ia adalah seorang seorang pemuda muslim miliarder yang terkenal dengan gaya hidupnya cukup mewah. Pakaiannya terbilang mahal. Mobilnya juga begitu mencolok.

BACA JUGA  Kiblatorial: Minta Maaf dan Revolusi Akhlak HRS

“Ini adalah gelang berlian seharga 60.000 dolar (Rp.832 Miliar),… sepatu ini harganya sekitar 1300 dolar,… 700 dolar untuk sendal toilet,”ungkap Ali dalam wawancara videonya yang viral.

Dari sekelumit gambaran tentang barang yang ia miliki tentu dapat kita gambarkan sedikit bagaimana glamornya kehidupannya. Tunggangannya adalah Ferrari Spider seharga 600.000 dolar (Rp. 8,3 triliun). Mobil yang menjadi idaman setiap kawula muda dengan segala kecanggihan dan kemewahannya.

Ali menunjukkan mobil Ferrari Spider miliknya
Ali menunjukkan mobil Ferrari Spider miliknya

“Bermimpi untuk menyupir ini, tidak pernah terbetik dalam benakku lagi, Aku tidak ingin melakukan ini kembali…” ujar Ali setelah mendapatkan hadiah dari Allah.

Ya, itulah kata-kata yang terucap langsung dari Ali. Ketika dunia telah berada di tangannya, semuanya tidak berarti lagi jika kematian telah bersiap untuk menyapa.

Ketika dilontarkan pertanyaan padanya,”Sampai tahapan mana engkau capai dalam kehidupanmu? Dan apa yang terjadi padamu?”

“Tahap kehidupanku ini, Allah telah memberiku hadiah.. Alhamdulilah..Dengan menghadiahkan sakit kanker pada setiap tubuhku, setelah itu, aku bertekad untuk mengubah hidupku secara sempurna untuk membantu orang lain,” jawab Ali dengan penuh khidmat.

Kemudian menuju pertanyaan paling inti yang mengubah drastis kehidupannya,”Mengapa engkau namai penyakit ini dengan hadiah?

Dengan isak tangis dia menjawab,”Alhamdulilah aku anggap ini sebagai hadiah karena……” Ali berhenti sejenak sembari menyeka air matanya yang jatuh.

Setelah berhasil mengumpulkan segenap ketegaran hati, ia pun menjawab kembali,”Alhamdulilah… Aku anggap ini sebagai hadiah karena Allah masih memberikan kesempatan kepadaku untuk berubah.”

Rasa syukur dan terharu berkumpul menjadi satu di benak Ali. Mengapa? Bayangkan Allah memberinya kesadaran untuk berubah menuju pada-Nya setelah memberikan segalanya padanya. Apakah masih ada kenikmatan paling besar selain hidayah untuk kembali pada jalan Allah? Inilah yang membuatnya benar-benar bersyukur dan mengubah hidupnya 180 derajat.

BACA JUGA  Din Syamsuddin Nilai Pemanggilan Anies Oleh Polisi Tak Wajar

Dalam lintasan sejarah para salaf kita juga pernah mendapati hal yang demikian. Meskipun tidak sama secara detail, ibrahnya tetap sama perihal berubah kehidupan seseorang. Sahabat tampan nan kaya di Makkah saat itu, Mush’ab bin Umair.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat