... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Meski Organisasi Dibubarkan, Anggota HTI Sah untuk Berdakwah

Foto: Pengacara kondang, Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra saat konferensi pers bersama HTI di 88 Kasablanka Office Tower, Tebet, Jakarta Selatan

KIBLAT.NET, Jakarta – Prof. Yusril Ihza Mahendra mengakui bahwa badan hukum organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) telah dicabut. Kendati demikian, kuasa hukum HTI ini menolak jika ada pelarangan atau persekusi terhadap anggota ormas Islam itu yang melakukan dakwah.

“Anggota-anggota HTI dibebaskan untuk melakukan apa saja, baik dakwah individu maupun melakukan kegiatan lainnya. Karena hal tersebut sah dan konstitusional, serta dilindungi HAM,” kata Yusril dalam Konferensi Pers di Gedung Casablanca 88, Jakarta Selatan, Senin (04/05/2018).

Yusril mengatakan akan membuat upaya hukum dan tanggapan atas beberapa perlakuan terhadap anggota dan atau pengurus HTI pasca keluarnya putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Meskipun Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta telah menjatuhkan amar putusan yang menolak seluruh gugatan HTI, namun putusan itu juga telah menegaskan hal-hal penting diantaranya adalah Putusan PTUN Jakarta telah menegaskan bahwa eksistensi HTI tetap diakui sepanjang untuk melakukan upaya hukum,” ungkap Yusril.

“Keberadaan HTI tetap dianggap ada sepanjang untuk melakukan upaya hukum mencari keadilan dan tidak pernah ditetapkan sebagai organisasi terlarang,” lanjutnya.

Sementara itu, HTI telah mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi atau putusan PTUN. Gugatan yang diajukan pada tanggal 16 Mei yang menolak gugatan HTI terhadap Surat Keputusan Menkumham Nomor AHU- 30.AH.01.08 Tahun 2017 tentang Pencabutan Status Badan Hukum HTI.

“Kami sampaikan bahwa HTI dan kami kuasa hukumnya telah menyampaikan permohonan banding pada 16 Mei 2018,” ungkap Yusril.

BACA JUGA  Masyarakat Minangkabau Turut Menolak Kirab Satu Negeri GP Ansor

Yusril mengatakan sejatinya ormas HTI masih eksis selama melakukan pembelaan hukum terhadap putusan pengadilan. “Walaupun ditolak gugatan kami, tapi putusan ini belum menetapkan keputusan hukum yang mengikat. Meskipun atas keputusan menteri menyatakan bahwa HTI sudah bubar, kami masih melakukan perlawanan hukum,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Asia

Meski Dirundung Konflik, Pelajar SMA Pattani Bagi-bagi Takjil di Jalanan

Pelajar dan guru sekolah Siritham Witthaya (Pondok Duku) menggelar kegiatan bakti sosial di bulan Ramadhan di perempatan dan rumah sakit di daerah Bachok Provinsi Narathiwat salah satu provinsi di wilayah selatan Thailand pada senin (04/06/2018)

Selasa, 05/06/2018 22:45 0

Khazanah

3 Alasan Kuat Mengapa Kita Perlu I’tikaf

Ibnu Syihab Az-Zuhri berkata, “Sangat mengherankan umat Islam  yang meningalkan I'tikaf. Padahal Nabi sallallahu laihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya sejak  masuk Madinah sampai Allah cabut nyawanya."

Selasa, 05/06/2018 16:38 0

Arab Saudi

Qatar Beli Sistem Pertahanan S-400 Rusia, Saudi Mengancam

Arab Saudi mengancam akan melakukan tindakan militer terhadap Qatar apabila negara tetangganya itu berhasil memperoleh sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia.

Selasa, 05/06/2018 11:13 0

Yordania

Pengunduran Diri PM Tak Redam Aksi Protes di Yordania

Mereka mengatakan, mengubah personal bukan berarti mengubah pendekatan yang diminta oleh pengunjuk rasa untuk keluar dari krisis politik dan ekonomi.

Selasa, 05/06/2018 10:49 0

Foto

Masjid Nabawi Bersiap Sambut Membludaknya Jamaah di Akhir Ramadhan

KIBLAT.NET, Madinah – Menyambut sepuluh hari terakhir Bulan Ramadhan 1439 H, Masjid Nabawi di Kota...

Selasa, 05/06/2018 10:03 0

Yordania

Didemo Berhari-hari, PM Yordania Akhirnya Mundur

menteri pendidikan Yordania saat ini Omar al-Razzaz ditunjuk untuk membentuk pemerintahan baru di Yordania setelah al-Mulqi mengundurkan diri.

Selasa, 05/06/2018 08:54 0

Palestina

Pasca Tewaskan Razan Al-Najjar, Israel Gempur Gaza

Israel kembali meluncurkan belasan serangan udara di Jalur Gaza, Palestina pada Ahad (03/06/2018), setelah sejumlah roket diluncurkan oleh Hamas dan Jihad Islam ke perbatasan beberapa hari sebelumnya.

Senin, 04/06/2018 13:29 0

Video Kajian

Jangan Merasa Amalmu Paling Tinggi

Jangan Merasa Amalmu Paling Tinggi. Ini mungkin banyak terjadi dalam kehidupan sosial kita. Seorang yang rajin ibadah puasa sunnah, mungkin melihat temannya seperti orang yang tidak ingin masuk surga. Demikian pula orang yang suka tahajjud

Senin, 04/06/2018 13:16 0

Suara Pembaca

UZMA Tebar Seribu Paket Sembako Gratis di 4 Titik Kota Payakumbuh

Seribu paket sembako gratis disalurkan di empat titik di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Senin, 04/06/2018 12:56 0

Palestina

Hamas: Pembunuh Razan Al Najjar adalah Teroris

Razan Asraf Al Najjar ditembak mati oleh militer Israel saat sedang bertugas menyelamatkan korban luka di timur Gaza saat aksi protes Jumat 1 Juni 2018.

Senin, 04/06/2018 10:42 0

Close