... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Din Menilai Cara Kerja Densus 88 Sampingkan Peran Ormas Islam

Foto: Densus 88

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin memberi tanggapan terkait program deradikalisasi yang dijalankan oleh Densus 88 ataupun aparat penanggulangan terorisme lainnya. Ia menilai, deradikalisasi saat ini telah mengesampingkan peran ormas-ormas Islam di Indonesia.

Din menganalogikan bahwa dalam membendung radikalisme ormas Islam hanya diposisikan sebagai pemadam kebakaran saja. Sementara pihak tertentu masih terus memercikkan api sehingga kebakaran itu tetap bermunculan. Sehingga program deradikalisasi saat ini dinilai tidak tuntas.

“Selama ini saya amati terjebak kepada faktor tunggal ideologis. Karena menggunakan analisa kaca mata kuda. Ini faktor ideologis, kelompoknya begini, strukturnya begini, jaringannya begini, tokoh-tokohnya bahkan disebut. Pertanyaan anak muda, so what gitu?” ujar Din Syamsuddin di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta pada Senin (04/06/2018).

Ia mempertanyakan data-data yang dimiliki oleh aparat dalam mengungkap orang-orang yang terpapar paham radikal. Pasalnya, ada sejumlah terduga teroris yang tertangkap hingga bahkan mati tanpa adanya keterangan.

Selain itu, ia juga meminta data-data yang dimiliki oleh aparat agar diberikan kepada ormas Islam, termasuk nama-nama yang pulang dari Suriah dan Afghanistan. Sehingga ormas Islam dapat mengawasi dan ikut memberikan bimbingan kepada kepada mereka.

“Lah katanya sudah pulang 200-300. Wah berbahaya itu, justru kalau tidak ingin diberitahu. Saya kan jadi berfikir untuk apa? Tapi jangan kemudian begitu terjadi disalahkan ormas-ormas keagamaan karena tidak berbuat,” sambungnya.

BACA JUGA  Pimpinan FPI Diadang di Kaltara, Penegakan Hukum Dinilai Tumpul

Bila ormas Islam memiliki data tersebut, Din menjelaskan maka akan terjadi langkah dialog dan bimbingan secara agama. “Tapi kita kan tidak tahu siapa orangnya, karena yang punya data itu pemerintah, badan intelijen, aparat. Mau tidak memberikan data itu kepada ormas-ormas Islam supaya kami tahu. Ormas Islam itu sampai ke tingkat RT/RW loh,” sambungnya.

“Jangan sampai ormas Islam hanya diminta sebagai pemadam kebakaran. Sementara ada yang membakar ada yang menciptakan kebakaran-kebakaran,” tukasnya.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khazanah

3 Alasan Kuat Mengapa Kita Perlu I’tikaf

Ibnu Syihab Az-Zuhri berkata, “Sangat mengherankan umat Islam  yang meningalkan I'tikaf. Padahal Nabi sallallahu laihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya sejak  masuk Madinah sampai Allah cabut nyawanya."

Selasa, 05/06/2018 16:38 0

Arab Saudi

Qatar Beli Sistem Pertahanan S-400 Rusia, Saudi Mengancam

Arab Saudi mengancam akan melakukan tindakan militer terhadap Qatar apabila negara tetangganya itu berhasil memperoleh sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia.

Selasa, 05/06/2018 11:13 0

Yordania

Pengunduran Diri PM Tak Redam Aksi Protes di Yordania

Mereka mengatakan, mengubah personal bukan berarti mengubah pendekatan yang diminta oleh pengunjuk rasa untuk keluar dari krisis politik dan ekonomi.

Selasa, 05/06/2018 10:49 0

Foto

Masjid Nabawi Bersiap Sambut Membludaknya Jamaah di Akhir Ramadhan

KIBLAT.NET, Madinah – Menyambut sepuluh hari terakhir Bulan Ramadhan 1439 H, Masjid Nabawi di Kota...

Selasa, 05/06/2018 10:03 0

Yordania

Didemo Berhari-hari, PM Yordania Akhirnya Mundur

menteri pendidikan Yordania saat ini Omar al-Razzaz ditunjuk untuk membentuk pemerintahan baru di Yordania setelah al-Mulqi mengundurkan diri.

Selasa, 05/06/2018 08:54 0

Palestina

Pasca Tewaskan Razan Al-Najjar, Israel Gempur Gaza

Israel kembali meluncurkan belasan serangan udara di Jalur Gaza, Palestina pada Ahad (03/06/2018), setelah sejumlah roket diluncurkan oleh Hamas dan Jihad Islam ke perbatasan beberapa hari sebelumnya.

Senin, 04/06/2018 13:29 0

Video Kajian

Jangan Merasa Amalmu Paling Tinggi

Jangan Merasa Amalmu Paling Tinggi. Ini mungkin banyak terjadi dalam kehidupan sosial kita. Seorang yang rajin ibadah puasa sunnah, mungkin melihat temannya seperti orang yang tidak ingin masuk surga. Demikian pula orang yang suka tahajjud

Senin, 04/06/2018 13:16 0

Suara Pembaca

UZMA Tebar Seribu Paket Sembako Gratis di 4 Titik Kota Payakumbuh

Seribu paket sembako gratis disalurkan di empat titik di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Senin, 04/06/2018 12:56 0

Palestina

Hamas: Pembunuh Razan Al Najjar adalah Teroris

Razan Asraf Al Najjar ditembak mati oleh militer Israel saat sedang bertugas menyelamatkan korban luka di timur Gaza saat aksi protes Jumat 1 Juni 2018.

Senin, 04/06/2018 10:42 0

Afghanistan

Taliban Sebut Jenderal Amerika Ini Mendustai Warganya Sendiri

Taliban Sebut Jenderal Amerika Ini Mendustai Warganya Sendiri. Taliban menyarankan Jenderal Amerika itu jujur bahwa staf pemerintahan Kabul, yang didukung miliaran dolar oleh Amerika, tidak becus mengelola negara. Mereka hanya sibuk mengembangkan kekayaan pribadi, kata pernyataan tersebut.

Senin, 04/06/2018 10:39 0

Close