... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Konsultasi Kesehatan Lebih Mudah Via Aplikasi Jakarta Sehat

Foto: Ilustrasi.

KIBLAT.NET, Jakarta – Beberapa waktu ke depan, Pemprov DKI Jakarta akan merilis aplikasi layanan kesehatan berbasis digital seperti Gojek. Ia menyatakan ada beberapa penyakit yang kadang membuat masyarakat malu untuk mengkonsultasikannya.

Co Founder Aplikasi Jakarta Sehat (AJS), Budi Setyanto menyatakan di Jakarta banyak cerita masyarakat yang malu mengkonsultasikan penyakit yang diidapnya.

“Ya kayak TBC salah satunya, nah ke depan masyarakat juga bisa mengkonsultasikan kesehatannya ke dokter terkait melalui Aplikasi Jakarta Sehat yang akan diresmikan Pemprov DKI dalam waktu dekat,” ujar Budi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (02/06/2018).

Menurut informasi yang dihimpun, angka penderita Tuberkulosis (TBC) di DKI Jakarta tergolong tinggi, yakni sebanyak 37 ribu kasus tahun 2017. Namun banyak warga Jakarta yang enggan melaporkan dirinya ataupun keluarganya terjangkit TBC kepada pihak pemerintah.

Salah satu warga Jakarta di bilangan Jakarta Timur, Aminuddin mengatakan ada keluarganya mengidap TBC, namun ia malu untuk melapor dan belum mendapatkan penanganan kesehatan selayaknya.

“Sudah lama salah satu anggota keluarga saya itu batuk-batuk. Namun dia malu berobat ke Puskesmas,” kata Aminuddin kepada media (16/5/2018).

“Untung ada tetangga saya, dokter, yang mau periksa. Ternyata dia sakit TBC,” lanjutnya.

Aktivis TBC, Fitri, mengatakan sebagian orang kampung memilih menderita sakit TBC daripada berobat ke dokter.

“Nanti setelah mereka muntah darah sampai sebaskom, mereka baru cari saya untuk minta pertolongan,” tuturnya.

BACA JUGA  Pelarangan Cadar Berpotensi Melanggar HAM

Data WHO menunjukkan bahwa TBC membunuh 1,5 juta manusia di tahun 2014. Bukti ini menjadikan TBC juga sebagai penyebab kematian yg lebih banyak daripada HIV/AIDS (1,2 juta kematian). Penemuan ini tak mengagetkan sebab lebih banyak dana yg disalurkan buat pengobatan HIV/AIDS daripada buat TBC di dekade terakhir ini.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Hamas: Pembunuh Razan Al Najjar adalah Teroris

Razan Asraf Al Najjar ditembak mati oleh militer Israel saat sedang bertugas menyelamatkan korban luka di timur Gaza saat aksi protes Jumat 1 Juni 2018.

Senin, 04/06/2018 10:42 0

Afghanistan

Taliban Sebut Jenderal Amerika Ini Mendustai Warganya Sendiri

Taliban Sebut Jenderal Amerika Ini Mendustai Warganya Sendiri. Taliban menyarankan Jenderal Amerika itu jujur bahwa staf pemerintahan Kabul, yang didukung miliaran dolar oleh Amerika, tidak becus mengelola negara. Mereka hanya sibuk mengembangkan kekayaan pribadi, kata pernyataan tersebut.

Senin, 04/06/2018 10:39 0

Palestina

Empat Roket Hantam Wilayah Israel

Serangan roket itu menimbulkan sirene peringatan berbunyi keras di kota dan desa-desan Israel yang dekat perbatasan Gaza. Serangan terjadi pada malam hari.

Senin, 04/06/2018 10:26 0

Suriah

Pemerintah Idlib Keluarkan Remisi Ramadhan dan Idul Fitri

Keputusan tersebut hanya berlaku untuk semua kejahatan dan tindak pidana yang dilakukan sebelum tanggal dikeluarkan remisi, termasuk yang sedang dalam proses persidangan dan kasus di hadapan pengadilan.

Senin, 04/06/2018 09:31 0

Mesir

Mesir Awasi Ketat Masjid-masjid yang Dapat Lisensi Gelar I’tikaf

Bagi yang melanggar akan berhadapan dengan hukum. Pemerintah daerah diminta untuk mengawal peraturan ini dan melaporkan masjid-masjid yang melanggar.

Senin, 04/06/2018 08:54 0

Iran

Saudi dan Iran Teken Kesepakatan Haji

Salehi mengatakan bahwa sekitar 90 ribu jamah haji Iran siap untuk melakukan haji tahun ini. Dia menggambarkan bahwa pembicaraan antara Teheran dan Riyadh dalam hal ini berlangsung ramah dan positif.

Senin, 04/06/2018 08:03 0

Qatar

Menteri Pertahanan: Setahun Setelah Blokade, Qatar Menjadi Lebih Kuat

Menteri Pertahanan Khalid bin Mohammed Al-Attiyah mengatakan blokade itu bertujuan untuk melemahkan ekonomi dan posisi Qatar di dunia, tetapi gagal.

Ahad, 03/06/2018 15:51 0

Afghanistan

Taliban Bantah Klaim Jenderal Nicholson Soal Dialog dengan Pemerintah Afghan

Dalam pernyataan sikap resminya pada hari Kamis (31/05/2018), juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid menyebut pernyataan Jenderal John Nicholson tersebut “tidak berdasar”.

Ahad, 03/06/2018 15:17 0

Artikel

Facebook Semakin Dijauhi Kalangan Remaja, Ke Mana Mereka Beralih?

Hanya dalam tiga tahun, persentase remaja yang menggunakan Facebook turun 20 persen, mencapai 51 persen pada 2018.

Ahad, 03/06/2018 13:52 0

Video Kajian

Hakikat Sabar Untuk Meninggalkan Maksiat

KIBLAT.NET – Hakikat Sabar Untuk Meninggalkan Maksiat Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa sabar...

Ahad, 03/06/2018 13:29 0

Close