... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mufti Libya Seru Demonstrasi Besar-besaran Tolong Derna

Foto: Mufti Tinggi Libya, Shadiq Ghiryani

KIBLAT.NET, Tripoli – Mufti Tinggi Libya, Shadiq Ghiryani, Kamis (31/05), menyeru warga Libya untuk menggelar aksi protes kampanye militer di Kota Derna, Libya Timur. Milisi pimpinana mantan panglima Libya, Halifah Haftar, beberapa hari terakhir menggempur kota yang dikuasai faksi-faksi Islamis Libya itu.

Dalam program ceramah pekanan yang disiarkan di saluran TV Darul Ifta Libya, Al-Tanasuh TV, Syaikh Ghiyani menyeru seluruh warga Libya melakukan aksi penolakan sipil dan demonstrasi dengan ribuan massa di pusat-pusat kota untuk memprotes perang dan blokade yang digulirkan milisi Haftar terhadap Derna.

Ghiryani menjelaskan bahwa warga derna mencari perlindungan dari perang dilancarkan pada mereka dan mereka bersedia rekonsiliasi. Menolong mereka menghadapi permainan internasional yang ingin menghancurkanya Libya hukumnya wajib baik menurut undang-undang terlebih menurut dalil.

“Kalian tidak boleh pulang ke rumah sebelum gempuran terhadap Derna berhenti dan blokade dibuka,” serunya.

Sementara itu, Kantor Koordinasi PBB Urusan Kemanusiaan mengatakan pada hari Kamis bahwa pertempuran di Derna telah mencapai “belum pernah terjadi sebelumnya”. Badan tersebut menunjukkan bahwa terjadi kekurangan makanan dan obat-obatan. Listrik dan air telah terputus sepenuhnya. Padahal masih terdapat 125 ribu orang tinggal di kota itu.

Badan PBB itu mengatakan dalam sebuah laporan, “Tentara Nasional Libya (pasukan Haftar) sekarang mengontrol pintu masuk timur dan barat ke kota … dan daerah sekitarnya di mana bentrokan”. Sementara para pejuang berada di pusat kota untuk bersiap meluncurkan perang gerilya.

BACA JUGA  Sudan Lantik Seorang Ekonom Sipil Sebagai Perdana Menteri Baru

Beberapa pekan terakhir, milisi Haftar menggempur Derna dengan dalih memerangi “teroris”. Serangan itu sendiri didukung oleh kekuatan-kekuatan asing. Derna sendiri merupakan satu-satunya kota di Libya timur yang masih dikontrol para pejuang Islami.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulih El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dialog Antar Agama, Din Syamsuddin Tersinggung dengan Kristenisasi

Utusan Khusus Utusan Khusus Presiden RI Untuk Dialog Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP), Prof Dr M Din Syamsuddin menghadiri Konferensi Pekabaran Injil 2018 di Brastagi, Sumatera Utara.

Kamis, 31/05/2018 23:37 0

Indonesia

Kepada Anggota Dewan, TPM Ungkap Perlakuan Aparat Terhadap Napi Teroris

Tim Pengacara Muslim (TPM) mengungkapkan kepada Komisi III DPR RI perihal penanganan narapidana terorisme (napiter). Beberapa penanganan yang dilakukan aparat, dinilai TPM berlebihan, bahkan tidak manusiawi.

Kamis, 31/05/2018 17:40 0

Indonesia

Kata Wasekjen PBNU Soal Capres 2019 Rekomendasi PA 212

Beberapa waktu lalu, Persaudaraan Alumni (PA) 212 merekomendasikan sejumlah nama calon presiden untuk Pemilu 2019.

Kamis, 31/05/2018 17:10 0

Indonesia

Solidaritas Palestina Disebut Picu Terorisme, Sukamta: Ini Statement Berbahaya

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mempertanyakan pernyataan Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. Hamli yang menyebut  solidaritas terhadap Palestina sebagai salah satu penyebab adanya teroris.

Kamis, 31/05/2018 16:21 0

Konsultasi

Hukum Puasa Bagi Wanita yang Enggan Berhijab

Jika seorang wanita melaksanakan puasa di bulan Ramadan, sementara dia tidak mau menggunakan jilbab saat keluar dari rumahnya, apakah puasanya sah?

Kamis, 31/05/2018 15:07 0

Indonesia

BNPT Sebut Solidaritas Palestina Sebagai Penyebab Terorisme

"Penyebab teroris adalah ideologi, paham yang salah, solidaritas komunal karena melihat saudaranya dizalimi seperti Palestina, Rohingya, Maluku Ambon"

Kamis, 31/05/2018 11:43 6

Opini

Digaji Tinggi, Seberapa Efektifkah BPIP?

Numerasi penggajian yang ditetapkan oleh presiden lewat Perpres No 42 Tahun 2018 bagi dewan pengarah dan pelaksana BPIP dinilai oleh banyak kalangan terlalu fantastis.

Kamis, 31/05/2018 11:38 0

Indonesia

Divonis Bebas, Alfian Tanjung: Hadapi Gerakan Komunis dengan Tak Memilih Pemimpin yang Dukung Mereka

Kita hadapi gerakan komunis dengan tidak memilih pemimpin yang mendukung mereka

Kamis, 31/05/2018 10:31 0

Tarbiyah Jihadiyah

Sholat yang Berkualitas, Kunci Sukses Ramadhan

Namun, begitu memasuki 10 hari Ramadhan kedua, euforia itu seolah sedikit demi sedikit terkikis. Hal itu terjadi karena ibadah yang dilakukan terutama shalat hanya digenjot masalah kuantitas semata. Maka dari itu, penjiwaan dan kualitas ibadah kurang diberi perhatian. Rasa futur pun muncul karena ibadah hanya menjadi rutinitas tanpa makna.

Rabu, 30/05/2018 18:54 0

Indonesia

Polri Sebut Media Punya Peran Besarkan Teroris

“Teroris merasa kalah ketika media tidak memberitakan secara besar-besaran,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Rikwanto

Rabu, 30/05/2018 17:00 0

Close