... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Taliban Tingkatkan Operasi Militer di Seluruh Provinsi Afghanistan

Foto: Afghanistan

KIBLAT.NET, Uruzgan – Pasukan keamanan Afghan pada hari Selasa (29/05/2018) dilaporkan mundur meninggalkan kompleks kantor gubernur dan sejumlah markas polisi di distrik Chora menyusul pertempuran di provinsi Uruzgan di selatan negara itu. Sementara Taliban mengumumkan telah menguasai distrik Chora dan merebut wilayah luas di distrik Tarin Kot dan Khas Uruzgan.

Merujuk pernyataan seorang anggota dewan provinsi, Reuters melaporkan bahwa pasukan keamanan di distrik Chora telah meninggalkan kompleks kantor gubernur dan sejumlah markas polisi, namun masih terus bertempur sebagai upaya merebut kembali area itu. Dan, pihak kantor gubernur sendiri menyatakan sejumlah distrik masih berada di bawah kontrol pemerintah.

Pernyataan Taliban yang dirilis dalam lima bahasa melalui situs resmi Voice of Jihad menegaskan, “Pusat pemerintahan distrik Chora, markas Direktorat Kemanan di tingkat distrik (NDS), dan 17 lokasi pos pemeriksaan seluruhnya dikuasai Mujahidin”. Selain itu, 15 pasukan keamanan Afghan disersi dan menyerahkan diri ke pejuang. Sejumlah besar ghanimah plus 6 unit mobil SUV pickup jatuh ke tangan Taliban. Berbagai jenis kendaraan militer milik pasukan keamanan hancur.

Jatuhnya distrik Chora terjadi hanya beberapa hari setelah militer Afghan mengumumkan telah melancarkan operasi ofensif di 10 provinsi termasuk Uruzgan sebagaimana laporan Afghanistan Times. Pihak militer menempatkan pasukan bersenjata lengkap di Chora, Khas Uruzgan, dan di ibukota provinsi Tarin Kot. Sehingga pernyataan Taliban hari Selasa lalu menunjukkan mereka berhasil melakukan kontra-ofensif sekaligus menetralisir kehadiran pasukan keamanan di area-area tersebut.

BACA JUGA  Difitnah Bekerja Sama dengan Rusia, Begini Jawaban Taliban

Sebelumnya, militer AS mengkategorikan Chora sebagai distrik di bawah pengaruh pemerintah, berbeda dengan LWJ yang menganggap Chora sebagai distrik yang diperebutkan sebelum akhirnya pasukan Afghan reposisi meninggalkan area itu. Masih menurut hasil penilaian LWJ, kelima distrik seluruhnya di Uruzgan berada di bawah ancaman Taliban, termasuk Dihrawud, Khas Uruzgan, Shahidi Hassas, dan Tarin Kot.

Berbeda dengan militer Afghan yang pekan lalu mengumumkan akan menggelar operasi ofensif di 10 provinsi, Taliban tidak membatasi operasi militer mereka di sejumlah area tertentu. Imarah Islam Taliban mengerahkan pejuang-pejuang mereka untuk amaliyat di hampir seluruh provinsi (34 provinsi) dan secara langsung mengancam tujuh ibu kota provinsi yang ada.

Sumber: Long War Journal
Redaktur: Yasin Muslim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

BNPT Sebut Solidaritas Palestina Sebagai Penyebab Terorisme

"Penyebab teroris adalah ideologi, paham yang salah, solidaritas komunal karena melihat saudaranya dizalimi seperti Palestina, Rohingya, Maluku Ambon"

Kamis, 31/05/2018 11:43 6

Opini

Digaji Tinggi, Seberapa Efektifkah BPIP?

Numerasi penggajian yang ditetapkan oleh presiden lewat Perpres No 42 Tahun 2018 bagi dewan pengarah dan pelaksana BPIP dinilai oleh banyak kalangan terlalu fantastis.

Kamis, 31/05/2018 11:38 0

Indonesia

Divonis Bebas, Alfian Tanjung: Hadapi Gerakan Komunis dengan Tak Memilih Pemimpin yang Dukung Mereka

Kita hadapi gerakan komunis dengan tidak memilih pemimpin yang mendukung mereka

Kamis, 31/05/2018 10:31 0

Tarbiyah Jihadiyah

Sholat yang Berkualitas, Kunci Sukses Ramadhan

Namun, begitu memasuki 10 hari Ramadhan kedua, euforia itu seolah sedikit demi sedikit terkikis. Hal itu terjadi karena ibadah yang dilakukan terutama shalat hanya digenjot masalah kuantitas semata. Maka dari itu, penjiwaan dan kualitas ibadah kurang diberi perhatian. Rasa futur pun muncul karena ibadah hanya menjadi rutinitas tanpa makna.

Rabu, 30/05/2018 18:54 0

Indonesia

Polri Sebut Media Punya Peran Besarkan Teroris

“Teroris merasa kalah ketika media tidak memberitakan secara besar-besaran,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Rikwanto

Rabu, 30/05/2018 17:00 0

Suara Pembaca

Laznas Chevron Bersama Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan Iqro

Laznas Chevron dan Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan Iqro

Rabu, 30/05/2018 15:27 0

Indonesia

Alfian Tanjung Divonis Bebas, Yusril: Mestinya Tak Ada Banding

"Saya berharap perkara Ustadz Alfian Tanjung selesai, karena terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum mestinya tidak ada banding dan kasasi"

Rabu, 30/05/2018 13:38 0

Foto

Ketika Warga Gaza Iringi Pelepasan Kapal ‘Pendobrak’ Blokade Israel

KIBLAT.NET, Gaza – Israel hari ini, Rabu (30/05/2018) mencegat sebuah perahu Palestina ketika mencoba untuk...

Rabu, 30/05/2018 12:39 0

Indonesia

Alfian Tanjung Divonis Bebas dalam Perkara Laporan Pengacara Sekjen PDIP

Majelis hakim PN Jakarta Pusat menjatuhkan vonis bebas kepada Alfian Tanjung

Rabu, 30/05/2018 11:22 0

Indonesia

Putra Alvian Tanjung: Kita Berharap kepada Allah, Bukan Manusia

"Ayah kami berpesan untuk jangan berharap pada manusia atau makhluk, karena manusia yang memegang kasus ini kan punya salah dan juga punya misi, kita lebih baik berharap pada Allah yang punya keputusan dan takdir."

Rabu, 30/05/2018 11:17 0

Close