... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

BNPT Sebut Solidaritas Palestina Sebagai Penyebab Terorisme

Foto: BNPT

KIBLAT.NET, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut solidaritas terhadap Palestina sebagai salah satu penyebab adanya teroris.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. Hamli. “Penyebab teroris adalah ideologi, paham yang salah, solidaritas komunal karena melihat saudaranya dizalimi seperti Palestina, Rohingya, Maluku Ambon,” ujarnya dalam diskusi Pemberitaan dan Penyiaran Tentang Terorisme di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (30/05/2018).

Menurut Hamli, penyebab lainnya adalah sikap balas dendam keluarga yang menjadi korban. Juga, aksi balas dendam akibat kekejaman yang dialami oleh suatu kelompok, seperti pembantaian yang dialami etis Rohingya.

“Apakah kita akan menyiarkan besar-besaran konflik di sana? Karena motivasi balas dendam sering muncul,” sambungnya.

Hamli mengklaim sebagai bentuk balas dendam terhadap apa yang dialami oleh etnis Rohingya, maka teroris di Indonesia bisa menyerang vihara, tempat ibadah umat agama Budha yang merupakan agama mayoritas di Myanmar. “Kalau nggak kedutaan Myanmar, vihara yang diserang,” ujarnya.

Jenderal polisi bintang satu itu juga menyebut penyebab terorisme lainnya bersifat situasional. Dia menambahkan ketidakadilan global dan nasional berpengaruh pada pelaku teror. “Oleh sebab itu, pemerintah kurangilah ketidakadilan, ketimpangan ekonomi,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu Halimi juga menyebut teroris separatisme. Namun, dia mengklaim teror yang disebabkan oleh faktor itu tidak terlalu besar persentasenya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

6 comments on “BNPT Sebut Solidaritas Palestina Sebagai Penyebab Terorisme”

  1. Chairul Walid

    Pejabat negara perlu belajar banyak tentang terorisme. Jangan hanya melihat dari referensi negara donatur , mereka saja sbg negara teroris state terorism mau bicara ttg kemanusiaan… ? Jauh panggang dari api…. Alias Jaka sembung. .

  2. Nashrulloh

    Acaranya harusnya di sandingkan sama teman solidaritas Palestina misalnya ust2 yang konsisten di penyaluran donasi ke Palestina, tapi mereka merasa itu sebuah komentar yang baik, bahanya zaman kahir zaman, si bodoh di beri panggung ya… Gitu dh

  3. Komarudin

    Nada BNPT seirama dgn saudara kita yg dr dulu sll nyinyir pd aksi2 umat membela kedholiman..sedihnya, mrk tega jd pembisik untuk memvonis saudara sbg teroris..smoga Allah ingatkan dan beri mrk petunjuk..

  4. tulus

    Seandainya solidaritas komunal suatu bangsa terhadap bangsa lain yg terjajah dan menderita krn ketidakadilan dianggap sebagai biang tumbuhnya terorisme, untuk apa founding father merumuskan Pembukaan UUD 1945 :” …maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dg peri kemanusiaan dan peri keadilan..”.
    Sebaiknya seorang pejabat lebih cerdas dlm berkomentar… dan harus independen dari pengaruh kekuasaan palagi kekuasaan pemilik kapital…

  5. Beben

    Astaghfirullah… Cara mikirnya sejalan banget dnegan cara pikir pemodal yang notabene penyokong kaum apartheid israel musuh palestina tuh

  6. Muhamad Bayu Satrio

    Pak Pol kurang ngaji apa kurang gaji???

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Digaji Tinggi, Seberapa Efektifkah BPIP?

Numerasi penggajian yang ditetapkan oleh presiden lewat Perpres No 42 Tahun 2018 bagi dewan pengarah dan pelaksana BPIP dinilai oleh banyak kalangan terlalu fantastis.

Kamis, 31/05/2018 11:38 0

Eropa

Kembali Tak Tunjukkan Bukti, Amaq Klaim Serangan di Belgia

Pelaku diketahui bernama Benjamin Herman (31). Ia adalah pedagang narkoba Belgia yang telah dipenjara selama bertahun-tahun dan dibiarkan keluar selama dua hari pada Senin (28/5).

Kamis, 31/05/2018 10:26 0

Amerika

AS: Taliban Gulirkan Pertempuran dan Negoisasi

"Anda memperhatikan bahwa pemimpin Taliban tingkat menengah dan senior sedang bernegosiasi dengan pemrinta Afghanistan," katanya. Nicholson menambahkan bahwa banyak aktivitas diplomatik dilakukan "di belakang layar."

Kamis, 31/05/2018 09:45 0

Turki

Turki Latih Angkatan Kedua Polisi Nasional Oposisi Suriah

Pelatihan polisi termasuk "menghadapi kerusuhan", "hukum polisi" dan "disiplin umum", serta pelatihan dalam "operasi perumahan", "penghancuran perangkat eksplosif" dan "forensik".

Kamis, 31/05/2018 08:40 0

Palestina

Begini Nasib Aktivis yang Berada di Kapal “Pendobrak” Blokade Gaza

Angkatan Laut Israel menangkap dan menahan Kapal Kemerdekaan yang berlayar dari Jalur Gaza untuk mendobrak blokade terhadap kota itu. Aksi menuntut pembukaan blokade ini merupakan aksi pertama yang digelar aktivis Gaza melalui jalur laut.

Kamis, 31/05/2018 07:26 0

Tarbiyah Jihadiyah

Sholat yang Berkualitas, Kunci Sukses Ramadhan

Namun, begitu memasuki 10 hari Ramadhan kedua, euforia itu seolah sedikit demi sedikit terkikis. Hal itu terjadi karena ibadah yang dilakukan terutama shalat hanya digenjot masalah kuantitas semata. Maka dari itu, penjiwaan dan kualitas ibadah kurang diberi perhatian. Rasa futur pun muncul karena ibadah hanya menjadi rutinitas tanpa makna.

Rabu, 30/05/2018 18:54 0

Asia

Badai Disertai Petir Terjang India, 50 Orang Dilaporkan Tewas

"Lima belas orang telah tewas di negara bagian utara Uttar Pradesh dan setidaknya 12 orang tewas di negara bagian Jharkhand di Afghanistan timur," kata para pejabat kepada BBC Hindi.

Rabu, 30/05/2018 16:31 0

Afghanistan

AS Klaim Tewaskan 50 Komandan Taliban di Helmand

Amerika Serikat mengklaim telah menewaskan lebih dari 50 komandan senior Taliban dalam satu serangan saat berlangsungnya pertemuan di provinsi Helmand.

Rabu, 30/05/2018 16:04 0

Suara Pembaca

Laznas Chevron Bersama Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan Iqro

Laznas Chevron dan Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan Iqro

Rabu, 30/05/2018 15:27 0

Palestina

Balas Perlawanan di Gaza, Israel Kerahkan Pesawat Tempur

Setelah mendapatkan serangan perlawanan dari Hamas dan Jihad Islam pada Selasa dini hari dengan roket, Israel pada Selasa malam (29/05/2018) mengerahkan pesawat tempurnya untuk menyerang balik.

Rabu, 30/05/2018 15:07 0

Close