... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Begini Nasib Aktivis yang Berada di Kapal “Pendobrak” Blokade Gaza

Foto: Kapal warga Gaza yang mencoba menerobos blokade Israel selama 12 tahun terkahir.

KIBLAT.NET, Gaza – Tentara Zionis Israel membebaskan semua orang yang berada di atas “Kapal Kemerdekaan” kecuali satu orang. Mereka diinterogasi kemudian dipulangkan ke Gaza.

Angkatan Laut Israel menangkap dan menahan Kapal Kemerdekaan yang berlayar dari Jalur Gaza untuk mendobrak blokade terhadap kota itu. Aksi menuntut pembukaan blokade ini merupakan aksi pertama yang digelar aktivis Gaza melalui jalur laut.

Kapal tersebut membawa sedikitnya 18 orang, yang terdiri dari siswa, orang-orang yang sakit dan tidak dapat bepergian karena blokade. Empat kapal tempur Israel menghentikan Kapal Kemerdekaan setelah berlayar sejauh 14 mil dari darat.

Koresponden Al-Jazeera di Gaza, Wael Dahdouh, melaporkan para aktivis Palestina yang dilepas sudah tiba di Gaza. Mereka menuturkan bahwa tentara Israel menginterogasi dan menanyai identitas orang-orang yang berada di atas kapal. Tentara bertanya, siapa di balik aksi ini, siapa penyodong dana dan bagaimana aksi ini digelar.

Seperti dikatakan Dahdouh, para aktivis menjawab bahwa kami ingin bepergian ke luar Jalur Gaza untuk kebutuhan kemanusiaan, seperti siswa untuk melanjutkan studi, atau pasien untuk berobat, mengingat kemungkinan keterbatasan di Jalur Gaza yang terkepung. Seorang periwira intelijen Israel menolak permintaan aktivis supaya mereka tidak dipulangkan ke Gaza dan dibolehkan melanjutkan perjalanan.

“Jika Anda ingin protes, protes terhadap Hamas dan pihak berwenang Mesir untuk membuka penyeberangan Rafah,” kata perwira Israel tersebut seperti ditirukan para aktivis.

BACA JUGA  Tingkat Kecanduan Narkoba Warga Israel di Dekat Gaza Meningkat

Seorang juru bicara Otoritas Nasional untuk Memutus Pengepungan mengatakan bahwa penangkapan Israel ini tidak akan menghentikan kami untuk melakukan aksi baru dalam rangka membuka blokade.

Penyelenggara mengatakan bahwa aksi Kapal Kemerdekaan ini untuk mengingat tahun kedelapan insiden kapal Marmara pada tahun 2010. Sedikitnya Sembilan aktivis tewas saat mencoba menembus Jalur Gaza melalui jalur laut menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tarbiyah Jihadiyah

Sholat yang Berkualitas, Kunci Sukses Ramadhan

Namun, begitu memasuki 10 hari Ramadhan kedua, euforia itu seolah sedikit demi sedikit terkikis. Hal itu terjadi karena ibadah yang dilakukan terutama shalat hanya digenjot masalah kuantitas semata. Maka dari itu, penjiwaan dan kualitas ibadah kurang diberi perhatian. Rasa futur pun muncul karena ibadah hanya menjadi rutinitas tanpa makna.

Rabu, 30/05/2018 18:54 0

Indonesia

Polri Sebut Media Punya Peran Besarkan Teroris

“Teroris merasa kalah ketika media tidak memberitakan secara besar-besaran,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Rikwanto

Rabu, 30/05/2018 17:00 0

Suara Pembaca

Laznas Chevron Bersama Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan Iqro

Laznas Chevron dan Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan Iqro

Rabu, 30/05/2018 15:27 0

Indonesia

Alfian Tanjung Divonis Bebas, Yusril: Mestinya Tak Ada Banding

"Saya berharap perkara Ustadz Alfian Tanjung selesai, karena terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum mestinya tidak ada banding dan kasasi"

Rabu, 30/05/2018 13:38 0

Foto

Ketika Warga Gaza Iringi Pelepasan Kapal ‘Pendobrak’ Blokade Israel

KIBLAT.NET, Gaza – Israel hari ini, Rabu (30/05/2018) mencegat sebuah perahu Palestina ketika mencoba untuk...

Rabu, 30/05/2018 12:39 0

Indonesia

Alfian Tanjung Divonis Bebas dalam Perkara Laporan Pengacara Sekjen PDIP

Majelis hakim PN Jakarta Pusat menjatuhkan vonis bebas kepada Alfian Tanjung

Rabu, 30/05/2018 11:22 0

Indonesia

Putra Alvian Tanjung: Kita Berharap kepada Allah, Bukan Manusia

"Ayah kami berpesan untuk jangan berharap pada manusia atau makhluk, karena manusia yang memegang kasus ini kan punya salah dan juga punya misi, kita lebih baik berharap pada Allah yang punya keputusan dan takdir."

Rabu, 30/05/2018 11:17 0

Indonesia

Hadapi Vonis, Ini Kata Alfian Tanjung

Alfian Tanjung menghadapi sidang vonis hari ini

Rabu, 30/05/2018 11:07 0

Khazanah

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Berbuka Puasa

KIBLAT.NET - “Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Rabu, 30/05/2018 10:50 0

Indonesia

Begini Cara Polisi Kawal Sidang Vonis Alfian Tanjung

Sidang ke-22 yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ini dikawal oleh sedikitnya 30 anggota Brimob. Selain itu, di depan gedung PN Jakarta Pusat, bersiaga dua kendaraan lapis baja milik aparat kepolisian.

Rabu, 30/05/2018 10:48 0

Close