... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Alfian Tanjung Divonis Bebas, Yusril: Mestinya Tak Ada Banding

Foto: Yusril Ihza Mahendra (tengah) dihadirkan ke persidangan Alfina Tanjung sebagai saksi ahli

KIBLAT.NET, Jakarta – Yusril Ihza Mahendra bersyukur atas vonis bebas majelis hakim terhadap Alfian Tanjung terkait cuitan soal PKI. Ketua umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu menegaskan mestinya tak ada banding dan kasasi dalam perkara itu.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menyebut perbuatan Alfian memang ada dan terbukti, tetapi apa yang dilakukannya bukanlah tindak pidana. Sehingga, dia dibebaskan atau dilepaskan dari segala tuntutan hukum.

Majelis hakim berpendapat, Alfian hanya mengcopy paste tulisan politisi PDIP Dr Ribka Tjiptaning dalam buku berjudul “Aku Bangga Jadi Anak PKI” yang mengatakan bahwa 85% PDIP isinya adalah kader PKI. Tulisan dalam buku Dr Ribka tidak pernah dibantah oleh pimpinan PDIP. Buku itu beredar bebas dan telah dicetak sekitar 2 juta exemplar. Namun anehnya, Sekjen PDIP yang dihadirkan sebagai saksi di persidangan mengatakan tidak tahu tentang buku Dr Ribka Tjiptaning itu.

Yusril memuji keberanian majelis hakim PN Jakarta Pusat yang tetap berani memutuskan perkara dengan adil, tanpa khawatir tekanan penguasa. “Saya berharap perkara Ustadz Alfian Tanjung selesai, karena terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum mestinya tidak ada banding dan kasasi,” ungkap Yusril dalam keretangan tertulis, Rabu (30/05/2018).

Atas putusan tersebut, pihak Alfian menyatakan menyetujui putusan yang dibacakan oleh majelis hakim. Sedangkan pihak jaksa menyatakan pikir-pikir.

BACA JUGA  Guyub Rukun Warga Jogokariyan Sukseskan Muslim United

Menurut Yusril, apa yang dikutip Alfian tidaklah termasuk ujaran kebencian sebagaimana dimaksud oleh Pasal 29 ayat 2 UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Oleh sebab itu, Alfian harus dibebaskan atau dilepaskan dari segala tuntutan hukum.

Dalam kapasitasnya sebagai guru besar hukum tata negara, Yusril dihadirkan ke persidangan Alfian untuk didengar keterangannya sebagai ahli, apakah yang dilakukan Alfian termasuk tindak pidana atau bukan. Ketika itu, dengan tegas Yusril mengatakan bahwa Alfian berbicara sebagai warganegara yang dijamin haknya untuk mengekspresikan pendapat, tanpa harus dianggap ucapannya sebagai ujaran kebencian. Sebagai seorang ustadz, Alfian wajib berdakwah melakukan al amru bil ma’ruf wan nahyu ‘anil munkar.

“Karena itu mari kita junjung tinggi demokrasi dan kebebasan menyatakan pendapat,” tegasnya.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Didukung Turki, Faksi-faksi FSA di Idlib Melakukan “Merger”

Dalam pernyataan bersama yang diterbitkan 28 Mei lalu, dasar pembentukan persatuan kekuatan militer itu untuk memegang kembali prinsip-prinsip revolusi Suriah dan upaya untuk mencapainya.

Rabu, 30/05/2018 13:15 0

Foto

Ketika Warga Gaza Iringi Pelepasan Kapal ‘Pendobrak’ Blokade Israel

KIBLAT.NET, Gaza – Israel hari ini, Rabu (30/05/2018) mencegat sebuah perahu Palestina ketika mencoba untuk...

Rabu, 30/05/2018 12:39 0

Palestina

Dukung Israel, Nikki Haley Minta PBB Kutuk Perlawanan Palestina

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley meminta Dewan Keamanan PBB untuk menggelar pertemuan membahas serangan roket Palestina terhadap Israel.

Rabu, 30/05/2018 12:02 0

Khazanah

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Berbuka Puasa

KIBLAT.NET - “Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Rabu, 30/05/2018 10:50 0

Palestina

Serangan Roket ke Israel Hasil Kerja Sama Hamas dan Jihad Islam

Harakah Muqowamah Al Islamiyah (Hamas) dan Jihad Islam meluncurkan serangan bersama ke Israel di perbatasan Gaza.

Rabu, 30/05/2018 10:36 0

Palestina

Memanas, Pejuang Palestina Luncurkan Puluhan Roket ke Israel

"Semua opsi terbuka untuk pasukan perlawanan. Pengeboman dibalas pengeboman, darah dibalas dengan darah, dan kami akan tetap menempuh persamaan ini tidak peduli berapa pun harga yang harus dibayar,” tegas kedua gerakan itu.

Rabu, 30/05/2018 10:01 0

Wilayah Lain

Israel-Rusia Jalin Kesepakatan untuk Amankan Perbatasan dengan Suriah

perjanjian itu juga menetapkan bahwa tentara Iran atau Hizbullah Lebanon, yang merupakan sekutu rezim Assad, atau milisi asing berada di perbatasan. Di sisi lain, Israel akan menjaga kebebasannya di dalam wilayah Suriah.

Rabu, 30/05/2018 09:19 0

Afrika

Konferensi Paris Sepakati Libya Harus Gelar Pemilu Tahun Ini

Menurut deklarasi politik yang diumumkan di Paris, para peserta berjanji untuk bekerja untuk penyelenggaraan pemilihan yang adil dan damai sesegera mungkin dan komitmen menghormati hasilnya. Pemilu akan digelar akhir tahun ini.

Rabu, 30/05/2018 08:31 0

Palestina

Zionis Israel Tangkap Kapal “Pendobrak” Blokade Gaza

Kapal perang Israel menghentikan dan menyita “Kapal Kemerdekaan dan Mematahkan Blokade” yang berlayar dari Jalur Gaza. Kapal-kapal tersebut digiring menuju pelabuhan Ashdod.

Rabu, 30/05/2018 07:45 0

News

Rintangan dalam Dakwah Virtual Generasi Milenial

Arus digitalisasi dan munculnya generasi milenial menuntut berbagai organisasi yang bergerak di bidang dakwah untuk menginjak ranah dakwah virtual

Selasa, 29/05/2018 16:28 0

Close