... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Berbuka Puasa

Foto: Penyelenggaraan iftar (buka puasa) di sejumlah masjid di Al-Tabqa.

KIBLAT.NET – “Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Bagi orang yang berpuasa, berbuka adalah nikmat yang luar biasa. Tidak hanya menanti hidangan yang siap disantap, tapi juga ada waktu mustajab di mana setiap doa akan dikabulkan oleh Allah Ta’ala saat berbuka puasa. Karena itu, syariat pun mengatur bagaimana seharusnya kita berbuka puasa dengan benar. Namun, sebagian masyarakat kita banyak yang tidak tahu atau lupa sehingga jatuh ke dalam beberapa kesalahan, di antaranya:

  1. Mengakhirkan waktu berbuka

Mengakhirkan waktu berbuka tidak dianjurkan dalam Islam karena bertentangan dengan Sunnah Nabi SAW. Dalam riwayat yang shahih Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

“Senantiasa manusia dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari-Muslim).

  1. Berbuka setelah azan berkumandang

Sebagian orang berbuka setelah mendegarkan waktu azan. Alasannya sebagai bentuk kehati-hatian. Tindakan ini termasuk dalam sikap memberatkan diri dan berlawanan dengan tuntunan syariat. Dalam sebuah riwayat, Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bercerita:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ، فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air,” (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi, hadits hasan)

  1. Sibuk berbuka sehingga lupa menjawab suara azan.

Di antara bentuk kesalahan saat berbuka puasa adalah sibuk dengan ngobrol atau asyik dengan menu hidangan sehingga lupa menjawab suara azan. Padahal ketika ada seruan azan kita disunnahkan menjawab seruan tersebut sesuai dengan lafaz azan yang diucapkan muazin. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا سَمِعْتُمْ الْمُؤَذِّنَ فَقُوْلُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ الْمُؤَذِّنُ

“Jika kalian mendengar seruan adzan, maka ucapkanlah sebagaimana yang diucapkan muadzin.” (HR. Bukhari-Muslim)

  1. Tidak memperbanyak doa menjelang iftor

Memperbanyak doa menjelang iftor adalah salah satu anjuran Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam. Sebab, di saat itu Allah Ta’ala sedang mengabulkan segala permintaan hamba-Nya. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Ada tiga do’a yang tidak tertolak: do’a pemimpin yang adil, do’a orang yang berpuasa sampai ia berbuka, do’a orang yang terzholimi.” (HR. Tirmidzi no. 3595, Ibnu Majah no. 1752)

Dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah no. 1753)

  1. Berlebih-lebihan saat berbuka

Sikap berlebih-lebihan jelas dilarang dalam Islam. Dalam bentuk apa pun itu. Apalagi dalam urusan makan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang keras terhadap sikap mubazir. Karena itu, beliau memberi gambaran yang jelas tentang proporsi makan yang tidak berlebihan, yaitu; sepertiganya berisi makanan, sepertiganya berisi air, dan sepertiganya lagi berisi udara.

Dalam ayat 31 surat Al-‘Araf, Allah Ta’ala berfirman:

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Dan makan dan minumlah kamu, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

Demikian beberapa bentuk kesalahan sebagian umat islam saat berbuka puasa. Semoga dengan memahami keterangan di atas kita mampu menghindari diri dari setiap amalan yang mengurangi pahala ibadah puasa.

Penulis: Fakhruddin

Sumber: islamwe.net

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Begini Cara Polisi Kawal Sidang Vonis Alfian Tanjung

Sidang ke-22 yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ini dikawal oleh sedikitnya 30 anggota Brimob. Selain itu, di depan gedung PN Jakarta Pusat, bersiaga dua kendaraan lapis baja milik aparat kepolisian.

Rabu, 30/05/2018 10:48 0

Palestina

Serangan Roket ke Israel Hasil Kerja Sama Hamas dan Jihad Islam

Harakah Muqowamah Al Islamiyah (Hamas) dan Jihad Islam meluncurkan serangan bersama ke Israel di perbatasan Gaza.

Rabu, 30/05/2018 10:36 0

Palestina

Memanas, Pejuang Palestina Luncurkan Puluhan Roket ke Israel

"Semua opsi terbuka untuk pasukan perlawanan. Pengeboman dibalas pengeboman, darah dibalas dengan darah, dan kami akan tetap menempuh persamaan ini tidak peduli berapa pun harga yang harus dibayar,” tegas kedua gerakan itu.

Rabu, 30/05/2018 10:01 0

Indonesia

Perisai Salurkan Ratusan Paket Sedekah Iftor Di Lapas Gunung Sindur

Perisai Salurkan Ratusan Paket Sedekah Iftor di Lapas Gunung Sindur

Rabu, 30/05/2018 09:20 0

Wilayah Lain

Israel-Rusia Jalin Kesepakatan untuk Amankan Perbatasan dengan Suriah

perjanjian itu juga menetapkan bahwa tentara Iran atau Hizbullah Lebanon, yang merupakan sekutu rezim Assad, atau milisi asing berada di perbatasan. Di sisi lain, Israel akan menjaga kebebasannya di dalam wilayah Suriah.

Rabu, 30/05/2018 09:19 0

Afrika

Konferensi Paris Sepakati Libya Harus Gelar Pemilu Tahun Ini

Menurut deklarasi politik yang diumumkan di Paris, para peserta berjanji untuk bekerja untuk penyelenggaraan pemilihan yang adil dan damai sesegera mungkin dan komitmen menghormati hasilnya. Pemilu akan digelar akhir tahun ini.

Rabu, 30/05/2018 08:31 0

Palestina

Zionis Israel Tangkap Kapal “Pendobrak” Blokade Gaza

Kapal perang Israel menghentikan dan menyita “Kapal Kemerdekaan dan Mematahkan Blokade” yang berlayar dari Jalur Gaza. Kapal-kapal tersebut digiring menuju pelabuhan Ashdod.

Rabu, 30/05/2018 07:45 0

News

Rintangan dalam Dakwah Virtual Generasi Milenial

Arus digitalisasi dan munculnya generasi milenial menuntut berbagai organisasi yang bergerak di bidang dakwah untuk menginjak ranah dakwah virtual

Selasa, 29/05/2018 16:28 0

Prancis

Charlie Hebdo Singgung Muslimah Berjilbab dalam Karikatur Terbaru

Majalah ini menerbitkan kartun provokatif yang menggambarkan Pougetoux sebagai monyet yang mengenakan jilbab dengan judul "mereka memilih saya untuk mengepalai UNEF" (Persatuan Pelajar Nasional Prancis).

Selasa, 29/05/2018 15:30 2

Palestina

Tepat 8 Tahun Tragedi Mavi Marmara, Armada Laut Gaza Akan ‘Dobrak’ Blokade Israel

Jalur Gaza akan menyiapkan armada kapal untuk mematahkan blokade Israel yang telah berlangsung 12 tahun di wilayah Palestina.

Selasa, 29/05/2018 14:50 0

Close