... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Koalisi Saudi Hampir Rebut Kota Hudaydah, Yaman

KIBLAT.NET, Hudaydah – Koalisi Arab pimpinan Saudi di Yaman mengumumkan bahwa pasukan koalisi sedikit lagi mengontrol pusat Kota Hudaydah, yang terdapat pelabuhan paling penting bagi Yaman.

Juru bicara koalisi, Kolonel Turki Al-Maliki, tidak mengungkapkan apakah ada rencana untuk menyerang pelabuhan, yang telah menjadi tujuan koalisi sejak dimulainya operasi militer.

“Al-Hudaydah saat ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pasukan operasi militer yang sedang berlangsung di daerah itu,” kata Maliki pada konferensi pers di Riyadh pada Senin (28/05).

Koalisi Arab menargetkan Hudaydah tahun lalu namun menghentikan operasi militer menyusul tekanan internasional. Saat itu, PBB memperingatkan segala serangan yang menargetkan pelabuhan terbesar di Yaman itu dapat memicu konsekuensi bencana. Hal itu karena pelabuhan menjadi jalur vital untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Sebelumnya, para pejabat Yaman mengatakan kepada Reuters bahwa pasukan koalisi dan pemerintah bergerak maju menuju Hudaydah tetapi belum berencana untuk menyerang daerah-daerah padat penduduk.

Posisi pasukan koalisi saat ini sudah di daerah pedesaan Durahmi, 18 kilometer dari pelabuhan Hudaydah, sebagaimana dikatakan seorang juru bicara salah satu unit tempur dan penduduk daerah itu kepada Reuters, Senin.

Riyadh menuduh kaum pemberontak Syiah Hutsi menggunakan pelabuhan Hudaydah untuk menyelundupkan senjata buatan Iran. Seperti biasa, Hutsi menolak tuduhan tersebut.

Seentar aitu, Pemimpin Hutsi, Abdul-Malik al-Houthi, menyeru para pendukungnya dan suku Yaman untuk bergerak ke arah Hudaydah untuk menolak apa yang disebutnya “pelanggaran” dalam siaran televisi yang disiarkan pada hari Ahad lalu.

Koalisi telah membuat kemajuan di sepanjang pantai barat daya Yaman sejak awal intervensi militer pada tahun 2015 dalam rangka untuk memulihkan pemerintah sah yang diakui internasional.

Sumber: BBC
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Kedutaan UEA Amanahi ONECARE Salurkan Bantuan Paket Sembako Ramadhan

Kedutaan besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia menyalurkan ratusan bantuan paket sembako bagi warga kurang mampu

Selasa, 29/05/2018 09:27 0

Indonesia

Megawati Digaji Rp112 Juta, Priyo Budi Santoso: Sangat Tak Elok!

Jika dibandingkan dengan keberanian Mahathir di Malaysia tersebut, menurut Priyo, harusnya kita semua sangat malu terhadap keputusan Pemerintahan Presiden Joko Widodo mengenai gaji Megawati sebesar 112 Juta Rupiah.

Senin, 28/05/2018 17:04 0

Video News

Mengapa Ada Teror dan Terorisme?

Mengapa Ada Teror dan Terorisme? Bambang W Umar selaku Pengamat Kepolisian Universitas Indonesia menyatakan bahwa latar belakang terorisme memiliki indikasi kepentingan politik dan ekonomi. Dalam penanganan, menurutnya, militer juga dilibatkan.

Senin, 28/05/2018 11:17 0

Video News

Al-Qur’an Jadi Barang Bukti Terorisme?

KIBLAT.NET – Al-Qur’an Jadi Barang Bukti Terorisme? Maneger Nasution, Mantan Komisioner Komnas HAM, menyatakan bahwa...

Senin, 28/05/2018 09:59 0

Video News

UU Terorisme, Harusnya Bagaimana?

KIBLAT.NET – UU Terorisme, Harusnya Bagaimana? Ketua Ketua LHKP PPM Yono Reksoprodjo menyampaikan pemikiran-pemikiran Muhammadiyah...

Senin, 28/05/2018 09:32 0

Video News

Narasi Monolog dalam Penanganan Terorisme

Narasi Monolog dalam Penanganan Terorisme. Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, produk narasi bersifat monolog dari pihak kepolisian. Salah satunya, ia menyebutkan kasus Siyono 2016 lalu.

Senin, 28/05/2018 09:15 0

Profil

Ubaidullah Latif, Mujahid Santun dan Penuh Kecintaan Kepada Allah

Gaya bicaranya santun, senyuman selalu terkembang di bibirnya dan suka mengingatkan akan kebaikan. Maka, ketika mujahid santun ini syahid, banyak rekan-rekannya yang merasa kehilangan karena kenangan-kenangan manis bersamanya.

Ahad, 27/05/2018 19:05 0

Video News

Perang Terhadap Terorisme dan Pelanggaran HAM

KIBLAT.NET – Perang Terhadap Terorisme dan Pelanggaran HAM. Aktivis HAM Haris Azhar melihat banyak orang...

Ahad, 27/05/2018 16:56 0

Editorial

Editorial: Setelah UU Terorisme Diketok

Masalah ini memang tidak sederhana, yang hanya cukup dihadapi dengan UU. Sebab, program melawan terorisme maupun radikalisme, terlalu mudah untuk dipahami sebagai perang melawan sebuah agama, yaitu Islam.

Ahad, 27/05/2018 12:29 0

Artikel

UU Teror Firaun dan Tongkat Musa

Setelah kalah adu argumentasi dengan Nabi Musa, Firaun merespon dengan keras. Ia menutup semua pintu dialog dan segera menerbitkan sebuah undang-undang. Dengan penuh amarah, Firaun berteriak mengucapkan kalimat ancaman untuk Musa, “Sungguh jika kamu menyembah Tuhan selainku, benar-benar aku akan menjadikanmu salah seorang yang dipenjarakan” [Asy-Syu’ara: 29].

Ahad, 27/05/2018 12:06 0

Close