... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

RSI Sultan Agung Lawan Skabies di Kalangan Santri dengan ‘CINTA’

Foto: dr Cholid Fathoni (kanan) menjawab pertanyaan dari seorang santri dalam sesi tanya jawab

KIBLAT.NET, Demak – Di tengah-tengah rutinitas membaca dan menghafal Al-Quran, santriwati ponpes Bustanul Usysyaqil Qur’an (BUQ), Betengan Demak mendapatkan edukasi perilaku hidup bersih sehat dari dokter RSI Sultan Agung.

Dokter Cholid Fathoni menyoroti gaya hidup santriwati yang berpotensi menyebabkan penyakit kudis (scabies). Saking banyaknya kasus skabies di kalangan santri sehingga muncul anggapan, ‘belum nyantri bila tidak gudiken (berkudis)’.

“Tentu stigma yang keliru ini tidak tepat dan dihapus,” ujar Dokter Cholid dalam rilis yang diterima Kiblat.net, Sabtu (26/05/2018).

Sebelum memberikan kiat pencegahan penyakit skabies, Dokter Cholid memaparkan faktor-faktor pencetus munculnya kuman ini. “Skabies adalah penyakit karena sarcoptes scabei. Penyakit ini muncul di lingkungan kotor dan area padat penduduk,” katanya.

Gejala skabies adalah gatal di malam hari dan terdapat ruam liang kecil pada tangan, sela jari, leher, ketiak dan siku. “Cara penularan skabies paling banyak adalah kontak langsung seperti berjabat tangan dan penggunaan pakaian atau handuk secara bersamaan,” ujarnya.

Menurut Dokter Chalid, kebiasaan-kebiasaan seperti itu jamak dilakukan oleh para santri. Oleh sebab itu ia mengimbau untuk segera menjauhi kebiasaan buruk tersebut.

Pencegahan lain untuk skabies adalah dengan CINTA. CINTA adalah akronim dari Cegah kontak langsung dengan penderita; Ingat selalu jaga kebersihan; Nyuci pakaian-sprei- selimut secara rutin; Tidak menggunakan barang penderita secara bersama-sama; dan Ayo segera periksa ke dokter.

BACA JUGA  Alat Deteksi Dini Guncangan Gempa Bumi Pemberian Jepang Dipasang di Pandeglang

Dalam kesempatan yang sama, RSI Sultan Agung menyerahkan bantuan berupa keperluan sehari-hari yang bisa dimanfaatkan santriwati seperti kipas angin, sembako, karpet, dan lain sebagainya.

Keseluruhan kegiatan ini menjadi rangkaian program semarak ramadhan RSI Sultan Agung tahun 1439 H. Ketua panitia, H. Samsudin Salim, S.Ag, M.Ag mengatakan selain kunjungan ke ponpes BUQ, RSI Sultan Agung juga menyemarakkan Ramadhan dengan pemberian beasiswa bagi pelajar tidak mampu, pembmentukan taklim untuk komunitas tukang becak dan program-program lainnya.

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Khutbah Jumat: Memerangi Terorisme atau Memerangi Islam?

Khutbah Jumat: Memerangi Terorisme atau Memerangi Islam? Allah Ta’ala berfirman, “Mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka (dapat) mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran), seandainya mereka sanggup.” (Al-Baqarah: 217). Bagaimana upaya “mereka” yang disebut dalam ayat tersebut

Ahad, 27/05/2018 08:52 0

Amerika

McCain Akui Perang Iraq Sebagai Sebuah Kesalahan

“Perang Iraq, dengan semua biayanya baik berupa nyawa, harta benda, dan keamanan, tidak bisa dilihat sebagai sesuatu apapun kecuali bahwa itu adalah sebuah kesalahan yang serius."

Ahad, 27/05/2018 08:39 0

Artikel

Mengeja Te-Ro-Ris-Me

Mungkin, demi kehidupan yang setidaknya lebih tenang dan damai, ada baiknya kita mulai berhenti menggunakan istilah terorisme di ruang publik. Atau kalaupun masih ingin menggunakan hendaknya dengan definisi yang lebih jujur dan lebih diterima semua pihak. Salah satunya definisi yang dilontarkan oleh John Whitbeck, pengacara internasional Amerika bahwa “terorisme adalah kekerasan yang tidak saya dukung.”

Ahad, 27/05/2018 01:26 1

Irak

Bom Meledak di Markas Partai Komunis Iraq Sekutu Al-Sadr

Seorang anggota Biro Politik Partai Komunis Iraq, Jassim al-Hilfi, mengatakan bahwa "dua alat peledak dilemparkan ke markas besar Partai Komunis Iraq di alun-alun Andalusia di pusat ibu kota.

Sabtu, 26/05/2018 10:14 0

Palestina

200 Ribu Jamaah Padati Masjid Al-Aqsha di Jumat Kedua Ramadhan

Wanita dari segala usia dibolehkan masuk Al-Quds sementara bagi laki-laki hanya yang berumur minimal 40 tahun, yang boleh masuk.

Sabtu, 26/05/2018 09:21 0

Palestina

Protes Warga Palestina di Perbatasan Terus Berlanjut

Protes yang disebut "Masirah Al-Uudah Al-Kubra (aksi kepulangan besar)" telah dimulai pada 30 Maret untuk menuntut kembalinya para pengungsi Palestina dan keturunan mereka ke tanah keluarga dan rumah yang mereka tinggalkan pada saat pembentukan Negara Israel pada tahun 1948.

Sabtu, 26/05/2018 08:42 0

Amerika

Nikki Haley Terdiam saat Diteriaki sebagai Pembunuh Rakyat Palestina

Nikki Halay, Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB mengalami kejadian tak mengenakan saat berpidato di Universiy of Houston, Texas pada Selasa (23/05/2018).

Jum'at, 25/05/2018 15:44 0

Afrika

Ledakan Bom Terjadi di Pusat Kota Benghazi

Sebuah bom mobil meledak di sebuah jalan di kawasan padat di pusat kota Benghazi di Libya timur pada Kamis malam. Menurut sumber medis setempat, sedikitnya tujuh orang tewas dan 10 korban lainnya mengalami luka-luka.

Jum'at, 25/05/2018 14:31 0

Foto

Masjid Al-Khandaq, Tandai Strategi Perang Ala Salman Al-Farisi

Masjid ini terletak di parit barat laut Madinah, tempat Perang Khandaq terjadi.

Jum'at, 25/05/2018 14:26 0

Tazkiyah

Antara Hadiah dan Sogokan

Umar menjawab,"Hadiah di zaman Rasulullah adalah hadiah yang sebenarnya, sedangkan hadiah di zaman kita ini adalah duri."

Jum'at, 25/05/2018 12:00 0

Close