... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Amnesty Internasional Tuding ARSA Bunuh Warga Hindu Myanmar

Foto: Amnesty International

KIBLAT.NET, Yangon- Lembaga advokasi HAM Amnesty Internasional menuduh Arakan Rohingya Salvation Army melakukan pembunuhan terhadap sipil Hindu pada Agustus 2017 silam. Korban yang disebutkan dalam laporan itu mencapai 99 jiwa.

Seperti dikutip dari Reuters pada Ahad (27/05/2018), dalam laporannya yang terbit pekan ini, Amnesty menyebutkan bahwa ARSA telah melakukan pembunuhan secara kejam di dekat desa terkecil di Rakhine. Laporan itu mengutip saksi termasuk wanita Hindu. Amnesty mengatakan, pembunuhan itu terjadi di dekat Kha Maung Seik pasca serangan ke pos keamanan pada 25 Agustus.

Sementara itu, ARSA membantah tuduhan itu. Dalam pernyataan yang disampaikan melalui akun Twitter @ARSAofficial pada Jumat (25/05/2018), kelompok gerilyawan itu menolak keras tuduhan tersebut. Bahkan ARSA mengaku bahwa itu adalah tindakan ceroboh dan tidak dapat dibenarkan.

Tuduhan Amnesty ini muncul korban kekerasan militer Myanmar dari etnis minoritas Rohingya tak kunjung mendapatkan keadilan. Lebih dari 700.000 Muslim Rohingya mengungsi akibat pembantaian yang dilakukan oleh militer. PBB menyebutkan bahwa aksi kekerasan itu merupakan bentuk genosida.

Para pengungsi yang saat ini ditampung di Bangladesh mengungkapkan bahwa mereka mengalami penyiksaan, kekerasan fisik, pemerkosaan hingga pembunuhan oleh aparat militer. Namun Myanmar menolak kesaksian tersebut.

Sumber: Reuters
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

RSI Sultan Agung Lawan Skabies di Kalangan Santri dengan ‘CINTA’

Di tengah-tengah rutinitas membaca dan menghafal Al-Quran, santriwati ponpes Bustanul Usysyaqil Qur'an (BUQ), Betengan Demak mendapatkan edukasi perilaku hidup bersih sehat dari dokter RSI Sultan Agung.

Ahad, 27/05/2018 09:39 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Memerangi Terorisme atau Memerangi Islam?

Khutbah Jumat: Memerangi Terorisme atau Memerangi Islam? Allah Ta’ala berfirman, “Mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka (dapat) mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran), seandainya mereka sanggup.” (Al-Baqarah: 217). Bagaimana upaya “mereka” yang disebut dalam ayat tersebut

Ahad, 27/05/2018 08:52 0

Artikel

Mengeja Te-Ro-Ris-Me

Mungkin, demi kehidupan yang setidaknya lebih tenang dan damai, ada baiknya kita mulai berhenti menggunakan istilah terorisme di ruang publik. Atau kalaupun masih ingin menggunakan hendaknya dengan definisi yang lebih jujur dan lebih diterima semua pihak. Salah satunya definisi yang dilontarkan oleh John Whitbeck, pengacara internasional Amerika bahwa “terorisme adalah kekerasan yang tidak saya dukung.”

Ahad, 27/05/2018 01:26 1

Indonesia

PNS Sumatera Barat Akan Dapat Keringanan Masuk Kerja Untuk I’tikaf

Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno memberikan keringanan dengan membolehkan PNS yang melakukan i'tikaf terlambat masuk kantor

Sabtu, 26/05/2018 14:14 0

Indonesia

Kisah Aman Abdurrahman Ditemui Profesor dari Singapura Di Penjara

Saat membacakan pledoi, Aman menceritakan kisah pertemuannya dengan seorang profesor asal Singapura saat dipenjara

Jum'at, 25/05/2018 16:55 0

Indonesia

Bacakan Pledoi, Aman Abdurrahman Mengaku Baru Tahu Kasus Bom dari Persidangan

"Saya, Aman Abdurrahman tidak mengakui apapun tentang hal itu,"

Jum'at, 25/05/2018 15:34 0

Foto

Masjid Al-Khandaq, Tandai Strategi Perang Ala Salman Al-Farisi

Masjid ini terletak di parit barat laut Madinah, tempat Perang Khandaq terjadi.

Jum'at, 25/05/2018 14:26 0

Indonesia

Terhimpun Kata Sepakat, DPR Sahkan UU Antiterorisme

Undang-undang tersebut disahkan langsung dalam sidang paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Agus Hermanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (25/05/2018).

Jum'at, 25/05/2018 13:59 0

Tazkiyah

Antara Hadiah dan Sogokan

Umar menjawab,"Hadiah di zaman Rasulullah adalah hadiah yang sebenarnya, sedangkan hadiah di zaman kita ini adalah duri."

Jum'at, 25/05/2018 12:00 0

Indonesia

Duarr! Ledakan Terjadi Ketika Sidang Pledoi Aman Abdurrahman

Hal yang tak terduga terjadi. Saat sidang berjalan, tiba-tiba terdengar suara ledakan. Hal ini menyebabkan kepanikan pengunjung sehingga sidang ditunda.

Jum'at, 25/05/2018 11:27 0

Close