Masjid Al-Khandaq, Tandai Strategi Perang Ala Salman Al-Farisi

KIBLAT.NET, Madinah – Kota suci Madinah di Arab Saudi menjadi salah satu yang ramai mendapat kunjungan para jamaah umrah ataupun haji. Di dalamnya terdapat sebuah masjid bersejarah, yang menjadi tanda salah satu perang terbesar Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Masjid itu bernama Al-Khandaq atau Mosque of the Trench, juga disebut sebagai “Mosque of the Conquest”. Ia menjadi salah satu masjid yang masuk daftar ‘must-sees’ (wajib dikunjungi), sehingga selalu ramai pengunjung. Al-Khandaq adalah salah satu nama perang yang diikuti Nabi Muhammad dalam rangka mempertahankan kota Madinah.

Masjid ini terletak di parit barat laut Madinah, tempat Perang Khandaq terjadi. Beberapa tahun yang lalu otoritas Arab Saudi memperluas masjid dan membangunnya dengan gaya arsitektur modern tanpa mengurangi nilai estetika daerah dan nilai parit, yang terletak di kaki gunung Jabal Sal’a.

Perang Khandaq menandai perlawanan Nabi atas serangan terhadap Madinah yang dilakukan oleh aliansi suku Arab dan non-Muslim Arab. Ide penggalian Khandaq atau parit ditemukan oleh sahabat Salman Al-Farisi.

Penggalian parit di sekitar kota menyelamatkan Madinah dan dapat menghalau pasukan berkuda musuh yang akan menyerbu kota. Ketika itu, pasukan Muslim menghadapi 10.000 pasukan yang mengepung Madinah selama lebih dari 30 hari.

Berikut foto-foto yang menunjukkan beberapa aktivitas di Masjid Al-Khandaq sebagaimana diperoleh dari Saudi Press Agency.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat