... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Galeri

Masjid Al-Khandaq, Tandai Strategi Perang Ala Salman Al-Farisi

KIBLAT.NET, Madinah – Kota suci Madinah di Arab Saudi menjadi salah satu yang ramai mendapat kunjungan para jamaah umrah ataupun haji. Di dalamnya terdapat sebuah masjid bersejarah, yang menjadi tanda salah satu perang terbesar Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Masjid itu bernama Al-Khandaq atau Mosque of the Trench, juga disebut sebagai “Mosque of the Conquest”. Ia menjadi salah satu masjid yang masuk daftar ‘must-sees’ (wajib dikunjungi), sehingga selalu ramai pengunjung. Al-Khandaq adalah salah satu nama perang yang diikuti Nabi Muhammad dalam rangka mempertahankan kota Madinah.

Masjid ini terletak di parit barat laut Madinah, tempat Perang Khandaq terjadi. Beberapa tahun yang lalu otoritas Arab Saudi memperluas masjid dan membangunnya dengan gaya arsitektur modern tanpa mengurangi nilai estetika daerah dan nilai parit, yang terletak di kaki gunung Jabal Sal’a.

Perang Khandaq menandai perlawanan Nabi atas serangan terhadap Madinah yang dilakukan oleh aliansi suku Arab dan non-Muslim Arab. Ide penggalian Khandaq atau parit ditemukan oleh sahabat Salman Al-Farisi.

Penggalian parit di sekitar kota menyelamatkan Madinah dan dapat menghalau pasukan berkuda musuh yang akan menyerbu kota. Ketika itu, pasukan Muslim menghadapi 10.000 pasukan yang mengepung Madinah selama lebih dari 30 hari.

Berikut foto-foto yang menunjukkan beberapa aktivitas di Masjid Al-Khandaq sebagaimana diperoleh dari Saudi Press Agency.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Terhimpun Kata Sepakat, DPR Sahkan UU Antiterorisme

Undang-undang tersebut disahkan langsung dalam sidang paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Agus Hermanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (25/05/2018).

Jum'at, 25/05/2018 13:59 0

Tazkiyah

Antara Hadiah dan Sogokan

Umar menjawab,"Hadiah di zaman Rasulullah adalah hadiah yang sebenarnya, sedangkan hadiah di zaman kita ini adalah duri."

Jum'at, 25/05/2018 12:00 0

Indonesia

Duarr! Ledakan Terjadi Ketika Sidang Pledoi Aman Abdurrahman

Hal yang tak terduga terjadi. Saat sidang berjalan, tiba-tiba terdengar suara ledakan. Hal ini menyebabkan kepanikan pengunjung sehingga sidang ditunda.

Jum'at, 25/05/2018 11:27 0

Indonesia

Ketua Pansus: Semua Pihak Telah Sepakati Definisi Terorisme

Ketua Panitia Khusus Revisi Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Terorisme, Muhammad Syafii mengungkapkan bahwa semua pihak sudah menyetujui definisi dari terorisme yang diatur dalam RUU yang akan disahkan hari ini.

Jum'at, 25/05/2018 11:17 0

Indonesia

Soal RUU Terorisme, Komisi I: Pemerintah Jangan Lagi Menunda

DPR kaget ketika Presiden Joko Widodo memberikan ultimatum akan mengeluarkan Perppu jika RUU tersebut tidak segera diselesaikan.

Jum'at, 25/05/2018 11:09 0

Indonesia

ISAC: Pemerintah Tak Perlu Tergesa-gesa Sahkan RUU Terorisme

Menurut Kepala Humas Islamic Studies and Action Center (ISAC) Endro Sudarsono, pemerintah tidak perlu tergesa-gesa mengesahkan draf revisi RUU tindak pidana anti terorisme. Terlebih, menerbitkan Perppu.

Jum'at, 25/05/2018 10:30 0

Video News

Diskusi Publik: Terorisme dan Upaya Sekuritisasi Kebijakan

Diskusi Publik: Terorisme dan Upaya Sekuritisasi Kebijakan. Rekaman utuh diskusi publik bertema Terorisme dan Upaya Sekuritisasi Kebijakan. Acara digelar oleh Pusat Hak Asasi Muslim Indonesia (PUSHAMI) pada Selasa, (22/05) di Hotel Gren Alia Cikini, Jakarta Pusat.

Jum'at, 25/05/2018 10:05 0

Manhaj

Fase Jihad Rasul: Diizinkan untuk Berperang

Ayat ini turun ketika Rasulullah SAW sudah berada di Madinah. Ketika Madinah sudah menjadi tempat yang aman bagi umat Islam, ketika jumlah kaum muslimin sudah banyak dan memiliki kekuatan,

Jum'at, 25/05/2018 10:00 0

Afrika

Sepuluh Anggota Al-Sabab Terbunuh dalam Serangan Udara AS

Al Shabaab didirikan pada 2004. Gerakan perjuangan mengusung ideologi jihad ini terkait Organisasi Al-Qaeda. Mereka berupaya mengubah rezim Somalia ke sistem negara Islam.

Jum'at, 25/05/2018 10:00 0

Opini

Tayangan Ajaib Ala Bulan Suci Ramadhan

Suasana Ramadhan sungguh ajaib, mengubah pribadi muslim jauh lebih taat dari bulan-bulan sebelumnya. Program program TV pun disesuaikan bagaimana permintaan pemirsa. G

Jum'at, 25/05/2018 09:49 0

Close