... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Antara Hadiah dan Sogokan

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Suatu hari Umar bin Abdul Aziz ingin sekali memakan buah apel. Seorang sahabatnya yang mengetahui hal itu, menghadiahkan beberapa apel untuk khalifah. Umar kaget, bahkan ia menyuruh anaknya untuk mengembalikan buah apel tersebut kepada pemilikny. Ia juga memerintahkannya untuk berucap salam dan berterimakasih dengan pemberiannya tersebut.

Anak khalifah terkejut dengan perlakuan ayahnya. Ia pun berucap,“Wahai Amirul Mukminin, ia adalah saudaramu,anak pamanmu sendiri, seorang pemuda dari ahli baitmu dan sebagaimana yang telah engkau ketahui bahwa Rasulullah memakan hadiah dari orang lain.”

Umar menjawab,“Hadiah di zaman Rasulullah adalah hadiah yang sebenarnya, sedangkan hadiah di zaman kita ini adalah duri.”

Maksudnya beliau takut hadiah tersebut menjadi alat sogokan, mengingat kedudukan beliau saat itu menjadi penguasa.

Redaktur : Dhani El_Ashim

Diambil dari buku Adzkiya Ash-Shahabah, Ahmad Muhammad Hassan et al

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Duarr! Ledakan Terjadi Ketika Sidang Pledoi Aman Abdurrahman

Hal yang tak terduga terjadi. Saat sidang berjalan, tiba-tiba terdengar suara ledakan. Hal ini menyebabkan kepanikan pengunjung sehingga sidang ditunda.

Jum'at, 25/05/2018 11:27 0

Indonesia

Ketua Pansus: Semua Pihak Telah Sepakati Definisi Terorisme

Ketua Panitia Khusus Revisi Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Terorisme, Muhammad Syafii mengungkapkan bahwa semua pihak sudah menyetujui definisi dari terorisme yang diatur dalam RUU yang akan disahkan hari ini.

Jum'at, 25/05/2018 11:17 0

Indonesia

Soal RUU Terorisme, Komisi I: Pemerintah Jangan Lagi Menunda

DPR kaget ketika Presiden Joko Widodo memberikan ultimatum akan mengeluarkan Perppu jika RUU tersebut tidak segera diselesaikan.

Jum'at, 25/05/2018 11:09 0

Indonesia

ISAC: Pemerintah Tak Perlu Tergesa-gesa Sahkan RUU Terorisme

Menurut Kepala Humas Islamic Studies and Action Center (ISAC) Endro Sudarsono, pemerintah tidak perlu tergesa-gesa mengesahkan draf revisi RUU tindak pidana anti terorisme. Terlebih, menerbitkan Perppu.

Jum'at, 25/05/2018 10:30 0

Video News

Diskusi Publik: Terorisme dan Upaya Sekuritisasi Kebijakan

Diskusi Publik: Terorisme dan Upaya Sekuritisasi Kebijakan. Rekaman utuh diskusi publik bertema Terorisme dan Upaya Sekuritisasi Kebijakan. Acara digelar oleh Pusat Hak Asasi Muslim Indonesia (PUSHAMI) pada Selasa, (22/05) di Hotel Gren Alia Cikini, Jakarta Pusat.

Jum'at, 25/05/2018 10:05 0

Manhaj

Fase Jihad Rasul: Diizinkan untuk Berperang

Ayat ini turun ketika Rasulullah SAW sudah berada di Madinah. Ketika Madinah sudah menjadi tempat yang aman bagi umat Islam, ketika jumlah kaum muslimin sudah banyak dan memiliki kekuatan,

Jum'at, 25/05/2018 10:00 0

Afrika

Sepuluh Anggota Al-Sabab Terbunuh dalam Serangan Udara AS

Al Shabaab didirikan pada 2004. Gerakan perjuangan mengusung ideologi jihad ini terkait Organisasi Al-Qaeda. Mereka berupaya mengubah rezim Somalia ke sistem negara Islam.

Jum'at, 25/05/2018 10:00 0

Opini

Tayangan Ajaib Ala Bulan Suci Ramadhan

Suasana Ramadhan sungguh ajaib, mengubah pribadi muslim jauh lebih taat dari bulan-bulan sebelumnya. Program program TV pun disesuaikan bagaimana permintaan pemirsa. G

Jum'at, 25/05/2018 09:49 0

Turki

Partai AKP: Turki Terus Berupaya Bentuk Pemerintahan Baru di Suriah

“Ankara terus mengupayakan kepemimpinan baru dan legitimasi di Suriah dan bertujuan mengembalikan hubungan negara tetangga serta kerjasama dengan Suriah baru,” kata Partai yang dipimpin oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ini, Kamis.

Jum'at, 25/05/2018 09:13 0

Afrika

Milisi Haftar Tuduh IM Sokong Pejuang Derna, Ini Fakta Sebenarnya

“Pasukan kami cukup untuk menghadapi mereka di dalam maupun di luar Derna,” ancam Mismari.

Jum'at, 25/05/2018 08:23 0

Close