... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pertempuran Sengit Meletus di Derna, Libya Timur

Foto: Pasukan loyalis Haftar di Benghazi/Ilustrasi

KIBLAT.NET, Derna – Pasukan loyalis Mayor Jenderal Khalifa Haftar mengatakan anggotnya sedang menggulirkan pertempuran sengit di kota Derna, Libya Timur, pada Rabu (23/05). Salah satu komandan tewas dan dua tentara luka-luka dalam pertempuran ini, sebagaimana dikatakan juru bicara milisi yang juga menamakan diri Tentara Nasional Libya (TNL) itu.

Milad Al-Zarawy, nama jubir TNL, mengatakan bahwa pertempuran meletus di sisi tenggara Derna. Pertempuran pada Rabu itu merupakan pertempuran paling sengit dalam kampanye militer di kota yang dikuasai gerilyawan Islamis itu.

Sumber-sumber medis mengatakan bahwa selama bentrokan yang terjadi di sekitar Derna ini, sekitar sembilan anggota milisi Haftar dan sekitar 14 anggota Dewan Syura dari Mujahidin Derna, yang mengontrol Derna, tewas.

Ahad lalu, pasukan Hafar membombardir pintu masuk barat kota dengan artileri dan senjata berat sebagai upaya memasuki kota tersebut. Serangan itu menimbulkan kerusakan material baik di rumah warga maupun di fasilitas public.

Pasukan Hafar mengepung kota Derna, dan meluncurkan serangan udara ke kota itu dari waktu ke waktu. Pasukan ini berusaha memperkuat pengaruh mereka di Libya timur setelah mengambil alih kota Benghazi tahun lalu dari para pejuang Islami.

Derna menjadi satu-satunya kota di Libya Timur berada di luar kontrol Haftar. Mantan panglima militer era Muammar Gaddafi itu menyerang Derna atas nama memerangi “teroris”.

BACA JUGA  AS Buka Kembali Kedutaan di Somalia Kendati Kekerasan Terus Berlanjut

Sejumlah negara asing diduga kuat ikut membantu Haftar dalam operasinya itu. Pejuang di Derna kerap melaporkan digempur oleh pesawat tak dikenal.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Klarifikasi Ustadz Syamsudin Uba Perihal Kunjungan Intelkam Mabes Polri

Ustadz Syamsudin menangkap ada keinginan dari pihak Mabes Polri agar ia duduk bersama di depan Namun ia menolak karena memahami ada semacam permainan yang sedang dijalankan aparat.

Kamis, 24/05/2018 16:27 1

Indonesia

‘Generasi Z’ Indonesia Miliki Komitmen Terhadap Agama Paling Tinggi

Generasi Z sendiri adalah orang-orang yang lahir di generasi yang sudah menikmati kemajuan teknologi usai kelahiran internet. Usianya berkisar 18-21 tahun.

Kamis, 24/05/2018 14:30 0

Indonesia

Tugas Pemerintahan Jokowi Agar Negara Lain Tak Ikuti AS Pindahkan Kedutaan Ke Yurusalem

Presiden Joko Widodo dan jajarannya didesak untuk berdiplomasi agar langkah AS pindahkan kedutaan ke Yerusalem tak diikuti negara lain

Kamis, 24/05/2018 13:56 0

Manhaj

Fase Jihad Rasul: Sabar dan Memaafkan Kafir Quraisy

Ketika Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam di Makkah, jihad pada fase ini adalah dengan sabar dan memaafkan. Walaupun realitanya, beliau dan kaum muslimin mendapatkan perlakuan buruk dari orang-orang kafir Quraisy

Kamis, 24/05/2018 13:32 0

Suara Pembaca

Kala Kolong Jembatan Disulap Jadi Pusat Kegiatan Agama

Kolong jembatan di Taipo, Hongkong jadi pusat kegiatan agama buruh migran asal Indonesia

Kamis, 24/05/2018 13:23 0

Indonesia

LPAI: Anak-anak Tidak Boleh Jadi Sasaran Stigma Teroris

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) menegaskan bahwa anak-anak tidak boleh menjadi sasaran stigma teroris, termasuk stigma akibat perbuatan orang tua mereka

Kamis, 24/05/2018 11:30 0

Indonesia

Rapat Panja DPR Hasilkan Dua Pilihan Definisi Terorisme

Dalam rapat panja RUU Antiterorisme, DPR bersama Pemerintah telah mengerucut ke dua pilihan definisi terorisme.

Kamis, 24/05/2018 10:50 0

Indonesia

Tak Setuju Deradikalisasi, Muhammadiyah Usulkan Moderasi

Muhammadiyah mengusulkan moderasi gantikan program deradikalisasi

Kamis, 24/05/2018 10:29 0

Video Kajian

Jadi Tahu: Bolehkah Bicara Politik di Masjid?

Jadi Tahu: Bolehkah Bicara Politik di Masjid? Menurut pengalamanmu, selain untuk kegiatan shalat lima waktu dan Jumatan, apa saja fungsi masjid bagi umat Islam? Yang lagi ramai baru-baru ini, tentang “tidak boleh bicara politik di masjid”, bagaimana tanggapan masyarakat? Yuk, kita simak bareng-bareng di sini!

Kamis, 24/05/2018 06:30 0

Analisis

Amaq; Media ISIS yang Diragukan, Namun Dibesarkan Media Barat

Amaq; Media ISIS yang Diragukan, Namun Dibesarkan Media Barat. Amaq menyajikan breaking news secara cepat setiap aksi yang diakui sebagai "prajurit khilafah". Karakter ekslusif penyajian Amaq, biasanya diikuti dengan rekaman kesetiaan (baiat) kepada ISIS, video selfie atau pesan singkat sebelum melakukan aksi.

Rabu, 23/05/2018 22:38 2

Close