... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kala Kolong Jembatan Disulap Jadi Pusat Kegiatan Agama

Foto: Kolong jembatan di Taipo, Hongkong jadi pusat kegiatan agama buruh migran asal Indonesia

KIBLAT.NET, Taipo – Hongkong Merupakan salah satu negara favorit tujuan para buruh migran Indonesia. Beragam pemberitaan mengenai kondisi tenaga kerja indonesia di luar negeri nyatanya tidak menyurutkan animo masyarakat untuk dapat bekerja disana. Tercatat sebanyak sembilan ribu orang mengadu nasib di negara tersebut.

Menjalani kehidupan di negara orang lain yang terasa serba asing, tentunya membuat para buruh migran ini perlu untuk menyesuaikan berbagai kebudayaan setempat. Suasana Ramadhan sungguh sangat berbeda dengan minoritas penduduk muslim, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi muslimin Indonesia yang mengadu nasib di Hongkong.

Meski demikian, semarak Ramadhan turut dirasakan oleh para buruh migran indonesia di sana. Beragam kegiatan dilakukan dalam mengisi ramadhan tahun ini, salah satunya yang dilakukan oleh para buruh migran Indonesia di Hongkong yang melakukan kegiatan pengajian di kolong jembatan Taipo, Hongkong.

“Memang unik dan sangat mengesankan mengaji di bawah kolong jembatan. Kegiatan yang tak biasa ini tentunya mengundang rasa penasaran orang-orang yang melintas di jembatan tersebut. Ditambah lagi dengan lantunan shalawat yang diiringi rebana yang dimainkan oleh ibu-ibu majelis taklim semakin menambah daya tarik. Para buruh migran Indonesia di Hongkong rutin mengadakan kegiatan pengajian pada hari libur dari siang hingga sore hari,” ungkap Dai Ambassador Dompet Dhuafa perwakilan Hongkong Ustaz Khumaini Rosadi, Rabu (23/05/2018).

“Kegiatan pengajian ini bukan hanya sebagai penambah khazanah keilmuan agama saja, tetapi para buruh pun bisa sambil mengisi liburan dan bertemu dengan rekan-rekan mereka,” imbuhnya.

Kegiatan pengajian para buruh migran ini merupakan syiar islam kekinian. Syiar islam tidak lagi terjebak pada satu dimensi, kreatifitas dalam syiar islam semakin memperluas cakupan dimensi perkembangan islam. Dengan hal tersebut masyarakat akan lebih tertarik dan timbul rasa penasaran bahkan tidak jarang masyarakat turut mendokumentasikan kegiatan para buruh migran ini.

“Semoga saja kegiatan pengajian di bawah kolong jembatan ini dapat menjadi jalan perkembangan Islam di Hongkong,” tutup Ustaz Khumaini Rosadi.

Kegiatan keagamaan buruh migran asals Indonesia di salah satu olong jembatan di Taipo, Hongkong

Kegiatan keagamaan buruh migran asals Indonesia di salah satu olong jembatan di Taipo, Hongkong

Kontributor: Public Relation Dompet Dhuafa
Redaktur: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Sudan Putuskan Tetap Bertahan di Koalisi Arab Pimpinan Saudi

Keputusan itu diambil setelah pembicaraan antara Presiden Omar Al-Bashir dan Asisten Menteri Pertahanan Saudi, Jenderal Mohammed bin Abdullah Ayesh, dengan dihadiri Menteri Negara untuk presiden dan direktur kantor Presiden, Hatem Hassan Bakhit Khartoum, kemarin.

Kamis, 24/05/2018 08:51 0

Irak

AS Jalin Komunikasi dengan Muqtada Al-Sadr, Ini yang Dibicarakan

Asady menjelaskan bahwa tidak ada pembicaraan langsung antara koalisi pimpinan Al-Sadr itu dengan Amerika. AS menggunakan mediator untuk membuka saluran dengan anggota koalisi Sairun

Kamis, 24/05/2018 07:10 0

Video Kajian

Jadi Tahu: Bolehkah Bicara Politik di Masjid?

Jadi Tahu: Bolehkah Bicara Politik di Masjid? Menurut pengalamanmu, selain untuk kegiatan shalat lima waktu dan Jumatan, apa saja fungsi masjid bagi umat Islam? Yang lagi ramai baru-baru ini, tentang “tidak boleh bicara politik di masjid”, bagaimana tanggapan masyarakat? Yuk, kita simak bareng-bareng di sini!

Kamis, 24/05/2018 06:30 0

Afghanistan

Jelang Akhir Tugas, Inilah Sosok Pengganti Jenderal Nicholson di Afghanistan

Perwira Angkatan Darat AS, Letnan Jenderal Scott Miller itulah yang dikabarkan akan menggantikan seniornya, Jenderal John Mick Nicholson

Rabu, 23/05/2018 23:10 0

Analisis

Amaq; Media ISIS yang Diragukan, Namun Dibesarkan Media Barat

Amaq; Media ISIS yang Diragukan, Namun Dibesarkan Media Barat. Amaq menyajikan breaking news secara cepat setiap aksi yang diakui sebagai "prajurit khilafah". Karakter ekslusif penyajian Amaq, biasanya diikuti dengan rekaman kesetiaan (baiat) kepada ISIS, video selfie atau pesan singkat sebelum melakukan aksi.

Rabu, 23/05/2018 22:38 2

Suriah

Pejuang Asing TIP Serukan Pesan Hijrah untuk Muslim di Barat

Dalam pesan videonya, mereka menyinggung berbagai persoalan da kesalahan yang berkembang di kehidupan masyarakat Barat.

Rabu, 23/05/2018 15:37 0

Palestina

Dihadiahi Foto Al-Quds Tanpa Masjid Al-Aqsha, Dubes As untuk Israel Senang

gambar berukuran besar tersebut merupakan hadiah dari kelompok Yahudi Ekstrem untuk Friedman. Dalam foto itu terlihat kuil Yahudi berdiri di kompleks yang saat ini berdiri Masjid Al-Aqsha.

Rabu, 23/05/2018 13:29 0

Palestina

Jet Tempur Israel Kembali Serang Gaza

Sejumlah sumber menyebutkan, lokasi yang menjadi target sebuah lokasi polisi laut miliki Hamas dan kapal-kapal nelayan di pelabuhan Gaza di barat kota tersebut. Serangan dilakukan beberapa kali.

Rabu, 23/05/2018 08:52 0

News

Munarman Ungkap Agenda Terorisme Amerika dalam Cuitan Mike Pence

“Perang melawan terorisme itu sebenarnya perang terhadap jihad. Kalau memang terorisme itu didefinisikan kepada semua yang menggunakan kekerasan, seharusnya kasus Bom Alam Sutera juga disebut sebagai aksi terorisme karena sama-sama menggunakan bom,” sebut mantan aktivis YLBHI ini

Selasa, 22/05/2018 20:55 1

Amerika

Jumlah Penembakan di Sekolah AS 57 Kali Lipat dari di Negara Industri

Telah ada setidaknya 288 penembakan di sekolah di Amerika Serikat sejak 1 Januari 2009.

Selasa, 22/05/2018 17:30 0

Close