Pejuang Asing TIP Serukan Pesan Hijrah untuk Muslim di Barat

KIBLAT.NET, Idlib – Dalam rilis video terbaru, sejumlah pejuang asing asal negara Barat dan Maroko yang bergabung dengan TIP (Turkistan Islamic Party) di Suriah menyerukan orang-orang Islam di Barat untuk berhijrah ke Suriah dan bergabung dengan barisan pejuang. Salah satu dari mereka bernama Abu Manshur al-Muhajir asal Kanada, sementara 4 pejuang lainnya sangat fasih berbahasa Perancis. Mereka adalah anggota TIP afiliasi al-Qaidah yang mayoritas anggotanya berasal dari Uighur.

Dalam pesan videonya, mereka menyinggung berbagai persoalan da kesalahan yang berkembang di kehidupan masyarakat Barat. Mereka adalah Abu Harun, Abu Muhammad, Abu Shofiya, ketiganya dari Perancis, Abu Manshur al-Muhajir dari Kanada, dan Abul Baro yang berasal dari Arab Maroko. Dalam testimoninya, mereka menjelaskan kisah detil hidup mereka selama tinggal di negeri Barat, di antaranya peristiwa persekusi dan kejahatan yang menimpa mereka dan banyak warga Muslim lainnya.

Sejumlah contoh kasus persekusi mereka paparkan sebagai alasan mengapa mereka pergi dan berjuang angkat senjata di Suriah. Selanjutnya, beralih ke topik pembicaraan mengenai mengapa Suriah. Meskipun di lapangan telah terjadi perkembangan dan dinamika sedemikian rupa, menurut mereka Suriah masih menjadi tempat yang aman bagi warga Muslim di Barat untuk menghindari persekusi, sekaligus menjelaskan mengapa kaum Muslim di seluruh dunia harus membela dan mempertahankan Suriah.

Banyak pejuang asing sebagian besar Arab diketahui bergabung dan ikut bertempur di barisan TIP di Suriah. Pada tahun 2015, TIP mulai beraliansi dengan kelompok Firqotul Ghuraba pimpinan Omar Diaby yang mayoritas beranggotakan para jihadis asal Perancis. Omar Diaby sendiri masuk daftar teroris versi AS karena dituding terkait al-Qaidah. Dua pejuang asal Perancis pernah dilaporkan gugur saat bertempur bersama TIP, termasuk seorang pejuang lainnya yang terkonfirmasi sebagai anggota Diaby. Setelah peristiwa itu, para anggota Firqatul Ghuraba bertempur di bawah komando struktural TIP.

Di beberapa postingan media, pejuang-pejuang asal Perancis yang diduga anggota Firqotul Ghuraba terdeteksi baik dalam situasi tempur maupun non-tempur. Sehingga, para pejuang yang berbicara dalam bahasa Perancis di rilis video terbaru ini kemungkinan juga merupakan anggota jamaah Omar Diaby.

Sumber: Long War Journal
Redaktur: Yasin Muslim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat