... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pejuang Asing TIP Serukan Pesan Hijrah untuk Muslim di Barat

Foto: TIP (Turkistan Islamic Party)

KIBLAT.NET, Idlib – Dalam rilis video terbaru, sejumlah pejuang asing asal negara Barat dan Maroko yang bergabung dengan TIP (Turkistan Islamic Party) di Suriah menyerukan orang-orang Islam di Barat untuk berhijrah ke Suriah dan bergabung dengan barisan pejuang. Salah satu dari mereka bernama Abu Manshur al-Muhajir asal Kanada, sementara 4 pejuang lainnya sangat fasih berbahasa Perancis. Mereka adalah anggota TIP afiliasi al-Qaidah yang mayoritas anggotanya berasal dari Uighur.

Dalam pesan videonya, mereka menyinggung berbagai persoalan da kesalahan yang berkembang di kehidupan masyarakat Barat. Mereka adalah Abu Harun, Abu Muhammad, Abu Shofiya, ketiganya dari Perancis, Abu Manshur al-Muhajir dari Kanada, dan Abul Baro yang berasal dari Arab Maroko. Dalam testimoninya, mereka menjelaskan kisah detil hidup mereka selama tinggal di negeri Barat, di antaranya peristiwa persekusi dan kejahatan yang menimpa mereka dan banyak warga Muslim lainnya.

Sejumlah contoh kasus persekusi mereka paparkan sebagai alasan mengapa mereka pergi dan berjuang angkat senjata di Suriah. Selanjutnya, beralih ke topik pembicaraan mengenai mengapa Suriah. Meskipun di lapangan telah terjadi perkembangan dan dinamika sedemikian rupa, menurut mereka Suriah masih menjadi tempat yang aman bagi warga Muslim di Barat untuk menghindari persekusi, sekaligus menjelaskan mengapa kaum Muslim di seluruh dunia harus membela dan mempertahankan Suriah.

Banyak pejuang asing sebagian besar Arab diketahui bergabung dan ikut bertempur di barisan TIP di Suriah. Pada tahun 2015, TIP mulai beraliansi dengan kelompok Firqotul Ghuraba pimpinan Omar Diaby yang mayoritas beranggotakan para jihadis asal Perancis. Omar Diaby sendiri masuk daftar teroris versi AS karena dituding terkait al-Qaidah. Dua pejuang asal Perancis pernah dilaporkan gugur saat bertempur bersama TIP, termasuk seorang pejuang lainnya yang terkonfirmasi sebagai anggota Diaby. Setelah peristiwa itu, para anggota Firqatul Ghuraba bertempur di bawah komando struktural TIP.

BACA JUGA  Hadapi Turki, Kurdi Suriah Jalin Kesepakatan dengan Rezim Assad

Di beberapa postingan media, pejuang-pejuang asal Perancis yang diduga anggota Firqotul Ghuraba terdeteksi baik dalam situasi tempur maupun non-tempur. Sehingga, para pejuang yang berbicara dalam bahasa Perancis di rilis video terbaru ini kemungkinan juga merupakan anggota jamaah Omar Diaby.

Sumber: Long War Journal
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Setara: Pemerintah Harus Perhatikan HAM dalam RUU Terorisme

Ketua Setara Institute, Hendardi meminta Pemerintah untuk memperhatikan hukum dan menghormati HAM dalam penanganan terorisme. Termasuk dalam menyusun RUU Anti-Terorisme.

Rabu, 23/05/2018 15:05 0

Indonesia

Kasus Arya Wedakarna di Tahap Penyidikan, Polda Bali Periksa Saksi

Perkara persekusi Ustadz Abdul Somad di Bali yang menjerat Arya Wedakarna naik ke tahap penyidikan. Polda Bali telah melakukan gelar perkara pada Rabu (09/05/2018).

Rabu, 23/05/2018 14:44 0

Indonesia

Ingat Kasus Persekusi UAS? Arya Wedakarna Akan Jadi Tersangka

Kasus persekusi Ustadz Abdul Somad yang menyeret anggota DPD Dapil Bali, Arya Wedakarna di Hotel Aston Gatsu Denpasar Bali pada 8 Desember 2017 lalu masih berlanjut.

Rabu, 23/05/2018 10:54 0

Indonesia

Polemik RUU Terorisme, Abu Rusydan: Peraturan Apapun Takkan Mampu Mengatasi Takdir Allah

Ia melanjutkan, meski begitu setidaknya ada 2 hal yang disepakati sejumlah eks napi terorisme. Pertama, peraturan apapun yang dibuat untuk menghukumi pikiran, perasaan, perilaku aktivis Islam tidak akan mampu mengatasi takdir Allah SWT.

Selasa, 22/05/2018 20:21 0

Indonesia

LPAI: Anak-anak dalam Kasus Peledakan Bom Bukan Pelaku Tapi Korban

Reza menyebutkan sejumlah ketentuan yang menjadi dasar argumentasi bahwa anak-anak berposisi sebagai korban, bukannya pelaku.

Selasa, 22/05/2018 20:17 0

Indonesia

Setelah Kontroversi Daftar Penceramah, Menteri Agama Minta MUI Sertifikasi Mubalig

Setelah daftar penceramah yang dikeluarkan Kementerian agama menuai kontroversi, Menteri Agama malah meminta MUI mensertifikasi mubalig

Selasa, 22/05/2018 16:55 1

Video Kajian

Ust. Farid Okbah: Amalan Utama Di Bulan Ramadhan

Ust. Farid Okbah: Amalan Utama Di Bulan Ramadhan. Rasulullah SAW menyebut puasa sebagai perisai. Perisai dari syubhat dan syahwat, sebagai penyelamat dari siksa neraka di Akhirat kelak. Apa saja amalan yang harus kita lakukan pada bulan Ramadhan agar puasa kita benar-benar menjadi perisai dari api neraka? Simak kajian berikut ini!

Selasa, 22/05/2018 16:08 0

Suara Pembaca

Ceriakan Senyum Anak Yatim & Dhuafa Saat Lebaran 1439 H Bersama Solidaritas Muslim

Wajah sumringah dan senyum mengembang diantara 100 lebih anak yatim dan dhuafa ketika pembagian paket Senyum Lebaran yang diadakan oleh Solidaritas Muslim jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H begitu terngiang di ingatan kami.

Selasa, 22/05/2018 12:57 0

Indonesia

UGM Coret Ismail Yusanto dari Daftar Penceramah, Ini Respon LDK Pengundang

Mantan Jubir Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Ismail Yusanto dijadwalkan menjadi pembicara dalam diskusi seputar pendidikan Islam di kampus Universitas Gajah Mada (UGM) pada 4 Juni mendatang.

Selasa, 22/05/2018 12:52 0

Indonesia

Bebas dari Tuntutan Jaksa, 4 FPI Klaten Divonis Lima Bulan Percobaan

Dakwaan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tak terbukti. Namun Majelis Hakim tetap menjatuhkan hukuman berupa 5 bulan kurungan percobaan.

Senin, 21/05/2018 19:13 0

Close