... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Video Imam Tarawih Ditinggal Kabur Jamaah Viral di Yordania

KIBLAT.NET, Amman – Video imam Shalat Tarawih ditinggal para jamaah viral di Yordania. Sang imam pun shalat sendirian tanpa satu makmum pun di belakangnya.

Video yang ramai dibagikan pengguna media sosial tersebut terjadi di kota Al-Zarqa, Yordania. Dari papan digital penunjuk waktu shalat, kejadian itu nampaknya berlangsung pada tanggal 16 Mei, atau di hari pertama Ramadhan.

Para jamaah bubar setelah selesai rakaat ke-8. Sementara imam kembali berdiri dan melanjutkan rakaat tarawih.

Dalam rekaman kurang dari setengah menit itu tak terlihat satu pun makmum. Hanya ada sejumlah kursi di shaf pertama yang nampaknya digunakan oleh jamaah yang tidak kuat shalat berdiri. Perekam mengatakan bahwa saat ini imam berada di rakaat ke-14. “Tak ada satupun orang di dalam masjid,” katanya.

Netizen mengungkapkan bahwa hal itu terjadi karena imam mentaati instruksi Departemen Wakaf yang memerintahkan para imam melaksanakan tarawih 20 rakaat. Sementara warga setempat sudah terbiasa tarawih dengan 11 rakaat.

Dalam surat edaran Departemen Wakaf menjelang bulan Ramadhan lalu disebutkan para imam wajib melakukan Shalat Tarawih” dua puluh rakaat “. Hal ini, kata pernyataan Departemen Wakaf, untuk menghidupkan sunnah Khulafaurrasyidin. Pernyataan itu juga menghimbau imam meringankan bacaan.

Keputusan itu menimbulkan gelombang kritik di tengah-tengah masyarakat Yordania. Mereka menganggap bahwa aturan ini untuk memaksa para imam menghabiskan waktu lama untuk amalan nafilah dan memaksa mereka untuk tinggal di masjid untuk waktu yang lama.

Warga juga mengolok-olok beberapa keputusan dengan mengatakan bahwa kementerian ingin menghukum para imam, bukan para jamaah. Hal itu benar-benar terjadi, di mana jamaah meninggalkan masjid dan imam shalat sendirian.

 

Sumber: albawaba.com, almesryoon.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Ruang Publik

Ibu Epinopita Terima Donasi untuk Pengobatan Perut Membengkak

Masih ingat dengan Ibu Epinopita? Janda 44 tahun yang perutnya membesar seperti tengah hamil tua. Penyakit tak biasa itu diderita sejak suaminya masih hidup.

Ahad, 20/05/2018 23:32 0

Indonesia

4 Fakta di Balik Daftar 200 Mubalig Ala Kemenag

Nama-nama dalam daftar itu merupakan rekomendasi kementerian yang dipimpin oleh Lukman Hakim Saifuddin.

Ahad, 20/05/2018 17:44 0

Indonesia

ICJR Minta Pemerintah dan DPR Tak Buru-buru Sahkan RUU Terorisme

"Terhadap proses pembahasan RUU Perubahan UU Terorisme, ICJR akan memberikan Catatan dan Rekomendasi ICJR terhadap RUU tersebut ke DPR dan Pemerintah (Naskah versi 17 April 2018)," tambah dia.

Ahad, 20/05/2018 16:02 0

Indonesia

Ini Hasil Pertemuan Indonesia-Afghanistan-Pakistan Pekan Lalu

Minggu lalu, tepatnya 11 Mai 2018 telah digelar Pertemuan Trilateral antara tokoh agama Indonesia, Afghanistan, dan Pakistan. Pertemuan diselenggarakan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Ahad, 20/05/2018 15:59 0

Indonesia

Ketua Pemuda Muhammadiyah Merasa Tak Pantas Masuk 200 Mubaligh Rekomendasi Kemenag

“UAS, Adi Hidayat dan ustadz yang berilmu tinggi lainnya pantas didengar oleh Umat, justru terus terang saya merasa tidak pantas ada di list tersebut, karena banyak sekali yg harus saya pelajari, dan saya bukan ahli agama seperti UAS dan Adi Hidayat serta Ustadz baik lain yang ada di list kemenag itu,” tuturnya.

Ahad, 20/05/2018 15:31 0

Indonesia

Solusi Krisis Sosial Umat, Muliakan Islam dan Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah

Upaya memuliakan Islam dalam realitasnya perlu kembali kepada praktek Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabat dalam menegakkan Islam.

Ahad, 20/05/2018 15:10 0

Artikel

Menyelami Jurnalisme Islami

Belum ada kesepakatan yang definitif dan pasti tentang jurnalisme islami. Namun beberapa tawaran yang diberikan oleh Nurhaya dkk, Pintak, Siddiqi, dan lainnya dapat menjadi awalan bagi kita untuk merumuskannya seraya menjadi panduan bagi para jurnalis muslim untuk menjadi panduan dalam meliput dan menulis berita.

Ahad, 20/05/2018 14:29 0

Artikel

Hipotesa Radikalisasi, Cara Barat Kambinghitamkan Islam sebagai Penyebab Terorisme

Hipotesa radikalisasi yang mengaitkan teror dengan ide-ide dasar teologi Islam secara halus telah menjauhkan kita dari penyebab terorisme yang sebenarnya.

Ahad, 20/05/2018 14:22 0

Indonesia

Farid Okbah: Jangan Mau Dipecah-belah dengan Islam Ala Arab atau Indonesia

"Islam adalah agama universal, seutuhnya agama yang datang dari Allah Taala," katanya dalam Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh Yayasan Ulul Albab, di Masjid Ulul Albab, Tambun Selatan, Bekasi, Ahad, (20/05/2018).

Ahad, 20/05/2018 13:53 0

Indonesia

Taliban: Tak Ada Penolakan Jihad Afghan dalam Pertemuan Trilateral Ulama di Indonesia,

Imarah Islam Afghanistan atau Taliban memberikan respon terkait hasil pertemuan ulama trilateral (Indonesia-Afghanistan-Pakistan) di Bogor pada 11 Mei lalu. Taliban menyimpulkan bahwa tidak pernyataan atau fatwa yang menyebut jihad di Afghanistan ilegal.

Ahad, 20/05/2018 13:00 0

Close