... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Sinergi Foundation Hadirkan Kebahagiaan Ramadhan di Pelosok Papua

Foto: Desa Ramadhan Papua

KIBLAT.NET, Papua – Melalui program Desa Ramadhan, Sinergi Foundation menebar manfaat dari Aceh hingga Papua. Salah satu daerah yang dikunjungi adalah pelosok Desa Wailen dan Desa Sakabu yang berada di Kabupaten Raja Ampat Papua Barat. Dua lokasi tersebut merupakan wilayah terpencil, terisolir, dan terluar.

“Dua lokasi itu berhadapan dengan negara lain, yaitu negara Filipina,” kata Ustadz Maftuh, tim relawan Sinergi Foundation yang bertolak menuju Papua.

Menurut Ustadz Maftuh, lokasi-lokasi tersebut sudah tersentuh Islam, namun belum banyak dakwah yang dilakukan di sana sehingga pengetahuan tentang Islam pun masih minim. Akan tetapi, masyarakat sendiri sudah mulai menyadari ajaran-ajaran Islam.

“Ada wanita yang memakai jilbab, karena mereka sadar dengan menutup aurat, mereka bilang ‘Kami disini muslim bukan kristen’,” kata Ustadz Maftuh.

Maka, kehadiran Sinergi Foundation pun disambut antusias. Ia mengatakan, mereka merasa bahagia dengan adanya perhatian dari saudara sesama muslim, hingga mereka yang berada di wilayah terpencil pun tak merasa sendiri.

“Ternyata masih ada yang peduli dengan kami. Kami sungguh bahagia tiada tara, memberi semangat baru bagi kami yang tinggal di Papua, apalagi ditambah ada siraman rohani dari Ustadz,” kata warga Desa Wailen.

Ustadz Maftuh melanjutkan, “Di sana, Sinergi Foundation mengadakan majelis taklim, mendukung warga muslim Papua agar istiqamah dalam agama Islam,”

Dengan kampanye #Givingiscool, di Papua, Sinergi Foundation sendiri menggelar sejumlah kegiatan di dua wilayah tersebut. Di antaranya buka puasa bersama atau ifthar jama’i, penyaluran paket, dan pemberian paket perlengkapan sekolah. Selain itu, Ustadz Maftuh juga mengedukasi masyarakat tentang pendidikan, dan memfasilitasi mereka yang berkeinginan melanjutkan sekolah.

BACA JUGA  Menuju Indonesia Maju

Ada 20 wilayah yang masuk dalam Desa Ramadhan, di antaranya Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Garut, Subang, Tasiklmalaya, Aceh, Lombok, Padang, Klaten, Alor, Lampung Selatan, Raja Ampat, hingga Sorong Papua.

Masyarakat dapat berpartisipasi dalam program #DesaRamadhan melalui aplikasi Zakat App, yang bisa diunduh melalui Playstore dengan sejumlah fitur antara lain: program sinergi Foundation (SF), kalkulator zakat, rekening zakat, klik donasi, dan info penyaluran donasi. Juga, donasi melalui website www.sinergifoundation.org.

Reporter: Sinergi Foundation
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Taliban Terus Mengancam Kota-kota Besar Afghanistan

Secara umum, wilayah-wilayah yang menjadi target Taliban mulai dari Badakhsan dan Baghlan di wilayah utara, kemudian menuju kota Furah di barat dan selanjutnya menuju ke Ghazni dan Zabil di tengah Afghanistan.

Senin, 21/05/2018 10:17 0

Suriah

Puluhan Pengungsi Keracunan di Idlib

Ali Kassar, dokter di Rumah Sakit Al-Ghadafa, mengatakan bahwa para korban tiba di rumah sakit pada pukul 07:00 pagi. Mereka keracunan makanan.

Senin, 21/05/2018 09:31 0

Yordania

Video Imam Tarawih Ditinggal Kabur Jamaah Viral di Yordania

Para jamaah bubar setelah selesai rakaat ke-8. Sementara imam kembali berdiri dan melanjutkan rakaat tarawih.

Senin, 21/05/2018 08:59 0

Afrika

Militer Mali Diduga Eksekusi Belasan Sipil di Pasar

“Saat ini terus terjadi kontak antara Burkina Faso dan daerah yang sulit dijangkau ini,” ujar sumber itu.

Senin, 21/05/2018 07:54 0

News

Puluhan Ribu Warga Maroko Tumpah Ruah di Aksi Bela Palestina

Para demonstran meneriakkan yel-yel "Matilah Israel" dan mengangkat bendera Palestina serta spanduk bertuliskan "Yerusalem adalah ibukota abadi Palestina". Demonstran juga menyerukan boikot Israel dan mencela "keheningan dan kelambanan Arab."

Senin, 21/05/2018 07:19 0

Suara Pembaca

Ibu Epinopita Terima Donasi untuk Pengobatan Perut Membengkak

Masih ingat dengan Ibu Epinopita? Janda 44 tahun yang perutnya membesar seperti tengah hamil tua. Penyakit tak biasa itu diderita sejak suaminya masih hidup.

Ahad, 20/05/2018 23:32 0

Palestina

OKI: Al Quds Tetaplah Ibu Kota Palestina Selamanya

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menegaskan bahwa Al Quds atau Yerusalem tetaplah ibu kota negara Palestina. Negara-negara OKI tak mengakui Al Quds sebagai ibu kota Israel.

Ahad, 20/05/2018 23:20 0

Indonesia

4 Fakta di Balik Daftar 200 Mubalig Ala Kemenag

Nama-nama dalam daftar itu merupakan rekomendasi kementerian yang dipimpin oleh Lukman Hakim Saifuddin.

Ahad, 20/05/2018 17:44 0

Indonesia

ICJR Minta Pemerintah dan DPR Tak Buru-buru Sahkan RUU Terorisme

"Terhadap proses pembahasan RUU Perubahan UU Terorisme, ICJR akan memberikan Catatan dan Rekomendasi ICJR terhadap RUU tersebut ke DPR dan Pemerintah (Naskah versi 17 April 2018)," tambah dia.

Ahad, 20/05/2018 16:02 0

Indonesia

Ini Hasil Pertemuan Indonesia-Afghanistan-Pakistan Pekan Lalu

Minggu lalu, tepatnya 11 Mai 2018 telah digelar Pertemuan Trilateral antara tokoh agama Indonesia, Afghanistan, dan Pakistan. Pertemuan diselenggarakan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Ahad, 20/05/2018 15:59 0

Close