... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mahasiswa Jabar Gagas Solusi Alternatif dalam Refleksi 20 Tahun Reformasi

Foto: Forum Pemuda dan Mahasiswa Islam (FPMI) Jawa Barat menggelar agenda rutin Forum Tokoh dan Aktivis Muda dengan tema ‘Gagasan Alternatif Kaum Muda Membangun Kebangkitan Negeri’.

KIBLAT.NET, Bandung – Forum Pemuda dan Mahasiswa Islam (FPMI) Jawa Barat menggelar agenda rutin Forum Tokoh dan Aktivis Muda dengan tema ‘Gagasan Alternatif Kaum Muda Membangun Kebangkitan Negeri’. Acara yang diselenggarakan sejak pukul 13.30 hingga menjelang berbuka puasa ini terselenggara di Bandung.

Agenda ini turut menghadirkan beberapa pembicara diantaranya Ipank Fatin A (Dir. Muslim Analyze Institute), Mashun Sofyan (Peneliti Lingkar Kajian Ekonomi Syariah), Fauzi Ihsan Jabir (Dir. Family and Generation Care), Andika Permadi Putra (Peneliti Bandung Political Research) dan Tatang Hidayat (Ketua Umum Lingkar Studi Al Qur’an Pemuda Kota Bandung).

Mengawali diskusi, Tatang menjelaskan tentang keabsahan Al-Quran sebagai pondasi objek kajian dari pelaku pendidikan dan penentuan arah pendidikan itu sendiri. “Kebenaran Al-Quran ditempuh melalui metodologi rasional yang tidak dapat dibantah lagi sekalipun dengan metode ilmiah, karena sudah tercakup di dalamnya,” tuturnya.

Pengkajian manusia berbasis Al-Quran menunjukan keharusan adanya perbaikan tujuan hidup manusia dalam berbagai aspek melihat kondisi saat ini. Apalagi pengetahuan/ sains turut terarahkan untuk mempercepat kapitalisasi kehidupan.

Andika Permadi Putra menambahkan bahwa sains saat ini menjadi objek kapitalisasi sehingga yang mampu menikmati kemajuan IPTEK hanyalah negara-negara maju. “IPTEK apalagi dijadikan standar atau ukuran terhadap suatu negara apakah maju atau tidak,” katanya.

Kemajuan yang diukur secara materi menyebabkan cara pandang masyarakat menyetandarkan makna kebahagiaan dengan standar kapital. Apalagi keadaan ditunjang dengan prinsip-prinsip kebebasan sehingga menjadikan masyarakat mengalami degradasi moral.

BACA JUGA  Berikut Kronologi Pembunuhan Santri Ponpes Husnul Khotimah Kuningan

“Di sinilah peran pemuda harus memunculkan Izzul Islam. Membangun keluarga dengan mentalitas pejuang bukan tunduk kepada realita yang cenderung mengejar materi,” ungkap Fauzi Ihsan Jabir dan konsen dalam bidang hukum keluarga.

Visi tersebut untuk melawan secara perlahan melalui pergerakan politik kaum muda. Apalagi faktor pendorong dari kehidupan materialis ini adalah ekonomi kapitalisme yang diterapkan.

“Ekonomi Kapitalisme yang berpegang kepada prinsip kebebasan kepemilikan telah menyebabkan ketimpangan dan kemelaratan, perlu ada gagasan alternatif yang mengatur kepemilikan individu, masyarakat atau negara,” kata Mashun menuturkan.

Tentu saja, pengaturan tersebut tidak bisa tidak menjadikan negara sebagai aktor utama dalam melakukan aktivitas politik, ditambah dengan objek politik yang turut aktif melakukan aktivitas politik, yakni umat Islam.

“Perlu ada persepsi politik berbasis Islam untuk dapat memberikan sikap terhadap realitas politik yang ada. Tentunya, kaum politis muda harus membekali diri dengan gambaran sistem politik Islam demi mewujudkan gagasan alternatif dalam kancah kehidupan menggantikan sistem politik Demokrasi Kapitalisme,” tandasnya.

Reporter: Tatang Hidayat
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Presiden Mahmoud Abbas Masuk Rumah Sakit

Presiden Palestina Mahmoud Abbas dirawat di Rumah Sakit Istishari, Ramallah Palestina pada Ahad (20/05/2018). Kabar itu dibenarkan oleh direktur rumah sakit, Said Sarheneh.

Senin, 21/05/2018 12:09 0

Suara Pembaca

Sinergi Foundation Hadirkan Kebahagiaan Ramadhan di Pelosok Papua

Melalui program Desa Ramadhan, Sinergi Foundation menebar manfaat dari Aceh hingga Papua.

Senin, 21/05/2018 11:54 0

Afghanistan

Taliban Terus Mengancam Kota-kota Besar Afghanistan

Secara umum, wilayah-wilayah yang menjadi target Taliban mulai dari Badakhsan dan Baghlan di wilayah utara, kemudian menuju kota Furah di barat dan selanjutnya menuju ke Ghazni dan Zabil di tengah Afghanistan.

Senin, 21/05/2018 10:17 0

Suriah

Puluhan Pengungsi Keracunan di Idlib

Ali Kassar, dokter di Rumah Sakit Al-Ghadafa, mengatakan bahwa para korban tiba di rumah sakit pada pukul 07:00 pagi. Mereka keracunan makanan.

Senin, 21/05/2018 09:31 0

Yordania

Video Imam Tarawih Ditinggal Kabur Jamaah Viral di Yordania

Para jamaah bubar setelah selesai rakaat ke-8. Sementara imam kembali berdiri dan melanjutkan rakaat tarawih.

Senin, 21/05/2018 08:59 0

Afrika

Militer Mali Diduga Eksekusi Belasan Sipil di Pasar

“Saat ini terus terjadi kontak antara Burkina Faso dan daerah yang sulit dijangkau ini,” ujar sumber itu.

Senin, 21/05/2018 07:54 0

News

Puluhan Ribu Warga Maroko Tumpah Ruah di Aksi Bela Palestina

Para demonstran meneriakkan yel-yel "Matilah Israel" dan mengangkat bendera Palestina serta spanduk bertuliskan "Yerusalem adalah ibukota abadi Palestina". Demonstran juga menyerukan boikot Israel dan mencela "keheningan dan kelambanan Arab."

Senin, 21/05/2018 07:19 0

Suara Pembaca

Ibu Epinopita Terima Donasi untuk Pengobatan Perut Membengkak

Masih ingat dengan Ibu Epinopita? Janda 44 tahun yang perutnya membesar seperti tengah hamil tua. Penyakit tak biasa itu diderita sejak suaminya masih hidup.

Ahad, 20/05/2018 23:32 0

Palestina

OKI: Al Quds Tetaplah Ibu Kota Palestina Selamanya

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menegaskan bahwa Al Quds atau Yerusalem tetaplah ibu kota negara Palestina. Negara-negara OKI tak mengakui Al Quds sebagai ibu kota Israel.

Ahad, 20/05/2018 23:20 0

China

Cina Siagakan Pesawat Pembom di Pulau-pulau Laut Cina Selatan

"Berbagai jenis pesawat pembom -termasuk jarak jauh, H-6K yang mampu melakukan serangan nuklir- melakukan pendaratan dan lepas landas di lapangan udara pulau tak dikenal setelah melakukan simulasi pelatihan serangan pada target di laut," kata angkatan udara Cina.

Ahad, 20/05/2018 15:48 0

Close