... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lawan Fobia Cadar, Brother Fillah Lampung Bikin Eksperimen Sosial Ini

Foto: Sosial eksperimen juga dibuat di Lampung untuk melawan fobia cadar

KIBLAT.NET, Lampung – Kasus teror bom yang terjadi beberapa waktu lalu di Surabaya meninggalkan kekhawatiran bagi banyak pihak, terutama para wanita bercadar. Pasalnya, stigma negatif tentang cadar mulai marak kembali di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena pelaku teror tersebut menggunakan cadar dalam melancarkan aksinya.

Menanggapi hal tersebut, sebuah eksperimen sosial (social experiment) terkait cadar dilakukan. Eksperimen ini diberi nama Aksi AADC (Ada Apa Dengan Cadar). Setelah sebelumnya dilakukan oleh Ahmad Zaki Ali dan timnya, Gerak Bareng Community di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta untuk pertama kalinya beberapa hari lalu, aksi serupa juga digelar di beberapa kota di Indonesia, termasuk Lampung.

Hari itu, Ahad (20/5) aksi AADC digelar di Lampung. Aksi yang dilaksanakan di Lampung Elephant Park, Enggal ini sukses memecah tangis masyarakat sekitar. Dua wanita bercadar dan dua lelaki berjenggot dengan celana cingkrang berdiri di tengah keramaian sambil memegang kertas bertuliskan ‘Peluk Saya Jika Anda Merasa Aman dengan Keberadaan Saya’. Selang beberapa saat, masyarakat mendatangi pelaku aksi dan memeluk mereka sambil berlinangan air mata.

Aksi ini digelar pada dua waktu, Ahad pagi pukul 06.30 WIB dan sore pukul 16.00 WIB. Brother Fillah dan Sister Fillah adalah komunitas yang bertanggung jawab atas terselenggaranya aksi ini di Lampung. Mereka mengaku dihubungi pihak Gerak Bareng Community, sebuah komunitas yang dikomandoi oleh Ahmad Zaki, untuk melakukan aksi AADC di beberapa titik di Indonesia. Lampung Elephant Park dipilih sebagai titik aksi karena tempat ini ramai didatangi masyarakat terutama pada Ahad pagi dan sore hari di bulan Ramadhan.

BACA JUGA  Ada Kebakaran Hutan, WALHI Heran Presiden Jokowi Tetap Genjot Investasi

“Hal yang mendasari dilakukannya aksi ini adalah untuk memulihkan kepercayaan publik terhadap orang Islam yang bercadar, atau yang bercelana di atas mata kaki (cingkrang, -red.) dan berjenggot bahwa mereka bukan teroris.”, ujar M. Prima Ramadhan selaku Koordinator Aksi AADC Chapter Lampung.

Masyarakat merespon baik aksi ini. Bahkan panitia yang tidak menggunakan cadar pun ikut mendapat pelukan hangat dari mereka. “Sekarang kan orang menilai wanita bercadar itu teroris ya. Mereka disudutkan. Orang-orang itu salah besar. Kalau saya sih nyaman-nyaman aja dengan wanita bercadar. Bahkan bagi saya mereka adalah inspirasi dalam menutup aurat. Jadi jangan disalah pahami bahwa wanita bercadar dan orang yang bercelana cingkrang itu teroris.”, tutur Neng Gustomi (25), masyarakat sekitar yang ikut dalam aksi ini.

Aksi ini diharapkan mampu melawan arus Islamofobia yang meningkat pascaserangan teror yang terjadi di beberapa kota di Indonesia akhir-akhir ini. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat bahwa cadar, jenggot, maupun celana cingkrang yang merupakan syariat Islam bukan ciri teroris.

 

Reporter : Astriva N Harahap
Editor : Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Asia

Dituduh Bunuh Sapi, Pria Muslim India Dikeroyok Sampai Mati

Kelompok-kelompok HAM mengatakan massa Hindu memiliki keberanian karena mendapat perlindungan BJP yang berkuasa sejak tahun 2014. Banyak dari korban adalah Muslim.

Senin, 21/05/2018 14:36 0

Tazkiyah

Dusta yang Sopan

"Kalau yang engkau katakan adalah benar, maka itu adalah hasil pemikiran yang baik. Akan tetapi bila yang kau katakan adalah batil,maka itu adalah dusta yang sopan."

Senin, 21/05/2018 14:26 0

Palestina

Presiden Mahmoud Abbas Masuk Rumah Sakit

Presiden Palestina Mahmoud Abbas dirawat di Rumah Sakit Istishari, Ramallah Palestina pada Ahad (20/05/2018). Kabar itu dibenarkan oleh direktur rumah sakit, Said Sarheneh.

Senin, 21/05/2018 12:09 0

Suara Pembaca

Sinergi Foundation Hadirkan Kebahagiaan Ramadhan di Pelosok Papua

Melalui program Desa Ramadhan, Sinergi Foundation menebar manfaat dari Aceh hingga Papua.

Senin, 21/05/2018 11:54 0

Afghanistan

Taliban Terus Mengancam Kota-kota Besar Afghanistan

Secara umum, wilayah-wilayah yang menjadi target Taliban mulai dari Badakhsan dan Baghlan di wilayah utara, kemudian menuju kota Furah di barat dan selanjutnya menuju ke Ghazni dan Zabil di tengah Afghanistan.

Senin, 21/05/2018 10:17 0

Suriah

Puluhan Pengungsi Keracunan di Idlib

Ali Kassar, dokter di Rumah Sakit Al-Ghadafa, mengatakan bahwa para korban tiba di rumah sakit pada pukul 07:00 pagi. Mereka keracunan makanan.

Senin, 21/05/2018 09:31 0

Yordania

Video Imam Tarawih Ditinggal Kabur Jamaah Viral di Yordania

Para jamaah bubar setelah selesai rakaat ke-8. Sementara imam kembali berdiri dan melanjutkan rakaat tarawih.

Senin, 21/05/2018 08:59 0

Afrika

Militer Mali Diduga Eksekusi Belasan Sipil di Pasar

“Saat ini terus terjadi kontak antara Burkina Faso dan daerah yang sulit dijangkau ini,” ujar sumber itu.

Senin, 21/05/2018 07:54 0

News

Puluhan Ribu Warga Maroko Tumpah Ruah di Aksi Bela Palestina

Para demonstran meneriakkan yel-yel "Matilah Israel" dan mengangkat bendera Palestina serta spanduk bertuliskan "Yerusalem adalah ibukota abadi Palestina". Demonstran juga menyerukan boikot Israel dan mencela "keheningan dan kelambanan Arab."

Senin, 21/05/2018 07:19 0

Suara Pembaca

Ibu Epinopita Terima Donasi untuk Pengobatan Perut Membengkak

Masih ingat dengan Ibu Epinopita? Janda 44 tahun yang perutnya membesar seperti tengah hamil tua. Penyakit tak biasa itu diderita sejak suaminya masih hidup.

Ahad, 20/05/2018 23:32 0

Close