... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Solusi Krisis Sosial Umat, Muliakan Islam dan Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah

Foto: Perpecahan umat Islam (ilustrasi)

KIBLAT.NET, Bekasi – Umat Islam akhir zaman ini banyak yang tidak memuliakan Islamnya. Mereka justru terjerumus dipaksa memuliakan agama di luar Islam. Hal itu disampaikan oleh Inisiator Majelis Ulama Muslim Indonesia (MIUMI), Ustadz Farid Ahmad Okbah dalam Tabligh Akbar bertema ‘Muliakan Islam, Eratkan Ukhuwah’.

“Seharusnya kita bangga diberikan Hari Raya di setiap pekannya, yakni di hari Jumat. Tetapi mengapa justru kita tidak memuliakan hari itu. Akan tetapi justru kita dipaksa memuliakan hari Sabtu dan Minggu dengan dijadikan hari libur nasional, padahal dua hari itu menjadi hari mulianya kaum Yahudi dan Nasrani. Bila ingin Islam ini jaya, harusnya kita bisa memuliakan keislaman kita,” katanya dalam Tabligh Akbar di Masjid Ulul Albab, Tambun Selatan, Bekasi, Ahad, (20/5/2018).

Dia menjelaskan cara memuliakan Islam dengan meningkatkan keimanan, sebab iman diibaratkan sebagai akar yang kuat. Setelah iman kuat maka akan tumbuh pohon dan cabanganya yang diibaratkan sebagai ibadah, kemudian tumbuh buahnya, yang diibaratkan sebagai akhlak yang baik. Untuk menguatkan keduanya, Ustadz Farid menekankan perlu adanya ukhuwah Islamiyah.

“Akhlak mulia ada tiga badlun nada (berbuat yang terbaik), kafful ada’ (tidak mengganggu orang dengan lisan dan tangannya) dan mukanya enak dipandang,” tuturnya.

Dia melanjutkan upaya memuliakan Islam dalam realitasnya perlu kembali kepada praktek Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabat dalam menegakkan Islam. Upaya itu adalah dengan mengedepankan Islam di atas segalanya, pribadi, orang tertentu, lembaga atau lainnya.

BACA JUGA  Kemenag Klaim Wajib Sertifikasi Halal Berdampak Positif Bagi Ekonomi

“Ukhuwah yang dibangun atas nama Islam, batas minimalnya tidak memiliki rasa negatif kepada saudara kita. Adapun batas maksimalnya adalah itsar, mendahulukun saudaranya meskipun ia sedang membutuhkan,” katanya.

Direktur Yayasan Al Islam itu juga mengungkapkan tidak bisa dipungkiri umat Islam saat ini mengalami krisis sosial. Umat dengan jumlah yang besar namun juga menyumbang kemiskinan yang besar. Sehingga dengan menumbuhkan ukhuwah Islamiyah itu kita bisa mengatasi penyakit tersebut.

“Kesalahan berpikir memahami ukhuwah dengan mengaku yang paling sunnah juga wajib dihindarkan. Hal itu berdampak perpecahan memisahkan yang sudah paham sunnah dengan yang belum paham,” pungkasnya.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Menyelami Jurnalisme Islami

Belum ada kesepakatan yang definitif dan pasti tentang jurnalisme islami. Namun beberapa tawaran yang diberikan oleh Nurhaya dkk, Pintak, Siddiqi, dan lainnya dapat menjadi awalan bagi kita untuk merumuskannya seraya menjadi panduan bagi para jurnalis muslim untuk menjadi panduan dalam meliput dan menulis berita.

Ahad, 20/05/2018 14:29 0

Artikel

Hipotesa Radikalisasi, Cara Barat Kambinghitamkan Islam sebagai Penyebab Terorisme

Hipotesa radikalisasi yang mengaitkan teror dengan ide-ide dasar teologi Islam secara halus telah menjauhkan kita dari penyebab terorisme yang sebenarnya.

Ahad, 20/05/2018 14:22 0

Amerika

Seorang Remaja Umbar Tembakan di SMA Texas, 10 Orang Tewas

Polisi AS menangkap tersangka, Dimitrios Pajortzis (17) seorang siswa di sekolah. Serangan itu terjadi sekitar 65 km dari Houston, Texas.

Ahad, 20/05/2018 12:12 0

Opini

200 Ulama Rekomendasi Kemenag, Untuk Apa?

Oleh beberapa kalangan, 200 daftar ulama yang direkomendasikan Kemenag menimbulkan polemik baru. Pasalnya, hal itu kan memunculkan stigma baru masyarakat kepada pemerintah.

Ahad, 20/05/2018 10:39 1

Palestina

Adz-Dzawahiri: Tel Aviv Juga Milik Umat Islam

Pemindahan kantor kedutaan AS sebenarnya hanyalah isu/masalah kecil jika dibandingkan dengan konspirasi besar antara Zionis dan Pasukan Salib.

Ahad, 20/05/2018 09:55 0

Irak

Blok Al-Sadr Menang Pemilu Parlemen Iraq

Sadr dikenal salah satu pemimpin spiritual Syiah yang getol menentang Amerika Serikat. Namun di waktu yang sama dia menolak segala campur tangan Iran di negaranya.

Sabtu, 19/05/2018 09:48 0

Palestina

Dijaga Ketat, Warga Palestina Tepi Barat Hendak Tunaikan Shalat Jumat

Ribuan warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki telah melakukan perjalanan ke kota Al-Quds (Yerusalem) untuk menunaikan kewajiban shalat Jumat.

Jum'at, 18/05/2018 16:37 0

Munaqosyah

Timbangan Fikih dalam Teror Bom Surabaya

Penyematan kata fi sabilillah dalam kata jihad, juga memberikan tashowwur bahwa jihad yang dilakukan seorang muslim harus selalu berada dalam kerangka dan rambu-rambu syar’i

Jum'at, 18/05/2018 16:02 1

Irak

Qasem Soleimani Jadi Mediator Pembentukan Koalisi Syiah di Iraq

IRGC pimpinan Soleimani adalah pendukung asing utama organisasi Badr, yang bertanggung jawab dalam melakukan pembantaian dan kejahatan terhadap warga Sunni di Iraq.

Jum'at, 18/05/2018 15:22 0

Amerika

Dikenal Gunakan Teknik Interogasi Brutal, Ini Sosok Direktur Baru CIA

Senat AS telah menetapkan Gina Haspel sebagai direktur baru Central Intelligence Agency (CIA). Haspel mendapatkan dukungan 54 senator dalam proses voting pada Kamis (17/05/2018).

Jum'at, 18/05/2018 14:22 0

Close