... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

ICJR Minta Pemerintah dan DPR Tak Buru-buru Sahkan RUU Terorisme

Foto: Anggara Peneliti dari Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) .

KIBLAT.NET, Jakarta – Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) memberikan apresiasi terhadap upaya pembahasan RUU Perubahan UU Terorisme antara pemerintah dan DPR yang akan dimulai kembali.

Direktur Eksekutif ICJR Anggara juga meminta agar proses pembahasan RUU Perubahan UU Terorisme dilakukan dengan cermat dan hati- hati agar upaya pembentukan hukum untuk penanganan terorisme tidak mencederai kebebasan – kebebasan sipil.

“Dalam catatan ICJR, masih banyak persoalan – persoalan yang harus diselesaikan dalam RUU Perubahan UU Terorisme,” kata Anggara dalam keterangan persnya kepada Kiblat.net pada Ahad siang, 20 Mei 2018.

Pembahasan RUU Perubahan UU No 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Perppu No 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (RUU Perubahan UU Terorisme) menurut pemerintah dan DPR telah memasuki tahap final.

Dijadwalkan, pada minggu depan Pansus RUU Terorisme akan kembali membahas RUU Perubahan UU Terorisme.

“Terhadap proses pembahasan RUU Perubahan UU Terorisme, ICJR akan memberikan Catatan dan Rekomendasi ICJR terhadap RUU tersebut ke DPR dan Pemerintah (Naskah versi 17 April 2018),” tambah dia.

Menurut Anggara, dalam catatan ICJR masih ada beberapa persoalan yang perlu diperhatikan di antaranya

1. Mengenai Definisi
2. Mengenai Korporasi
3. Mengenai Penyadapan
4. Mengenai Pidana Mati
5. Korban Terorisme

ICJR juga meminta agar proses pembahasan RUU Perubahan UU Terorisme juga memperhatikan prinsip transparansi dan akuntabilitas untuk dapat memastikan partisipasi masyarakat terhadap hasil-hasil pembahasan antara pemerintah dan DPR.

BACA JUGA  Peserta Reuni 212 Membubarkan Diri dengan Tertib

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

China

Cina Siagakan Pesawat Pembom di Pulau-pulau Laut Cina Selatan

"Berbagai jenis pesawat pembom -termasuk jarak jauh, H-6K yang mampu melakukan serangan nuklir- melakukan pendaratan dan lepas landas di lapangan udara pulau tak dikenal setelah melakukan simulasi pelatihan serangan pada target di laut," kata angkatan udara Cina.

Ahad, 20/05/2018 15:48 0

Artikel

Menyelami Jurnalisme Islami

Belum ada kesepakatan yang definitif dan pasti tentang jurnalisme islami. Namun beberapa tawaran yang diberikan oleh Nurhaya dkk, Pintak, Siddiqi, dan lainnya dapat menjadi awalan bagi kita untuk merumuskannya seraya menjadi panduan bagi para jurnalis muslim untuk menjadi panduan dalam meliput dan menulis berita.

Ahad, 20/05/2018 14:29 0

Artikel

Hipotesa Radikalisasi, Cara Barat Kambinghitamkan Islam sebagai Penyebab Terorisme

Hipotesa radikalisasi yang mengaitkan teror dengan ide-ide dasar teologi Islam secara halus telah menjauhkan kita dari penyebab terorisme yang sebenarnya.

Ahad, 20/05/2018 14:22 0

Amerika

Seorang Remaja Umbar Tembakan di SMA Texas, 10 Orang Tewas

Polisi AS menangkap tersangka, Dimitrios Pajortzis (17) seorang siswa di sekolah. Serangan itu terjadi sekitar 65 km dari Houston, Texas.

Ahad, 20/05/2018 12:12 0

Opini

200 Ulama Rekomendasi Kemenag, Untuk Apa?

Oleh beberapa kalangan, 200 daftar ulama yang direkomendasikan Kemenag menimbulkan polemik baru. Pasalnya, hal itu kan memunculkan stigma baru masyarakat kepada pemerintah.

Ahad, 20/05/2018 10:39 1

Palestina

Adz-Dzawahiri: Tel Aviv Juga Milik Umat Islam

Pemindahan kantor kedutaan AS sebenarnya hanyalah isu/masalah kecil jika dibandingkan dengan konspirasi besar antara Zionis dan Pasukan Salib.

Ahad, 20/05/2018 09:55 0

Irak

Blok Al-Sadr Menang Pemilu Parlemen Iraq

Sadr dikenal salah satu pemimpin spiritual Syiah yang getol menentang Amerika Serikat. Namun di waktu yang sama dia menolak segala campur tangan Iran di negaranya.

Sabtu, 19/05/2018 09:48 0

Palestina

Dijaga Ketat, Warga Palestina Tepi Barat Hendak Tunaikan Shalat Jumat

Ribuan warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki telah melakukan perjalanan ke kota Al-Quds (Yerusalem) untuk menunaikan kewajiban shalat Jumat.

Jum'at, 18/05/2018 16:37 0

Munaqosyah

Timbangan Fikih dalam Teror Bom Surabaya

Penyematan kata fi sabilillah dalam kata jihad, juga memberikan tashowwur bahwa jihad yang dilakukan seorang muslim harus selalu berada dalam kerangka dan rambu-rambu syar’i

Jum'at, 18/05/2018 16:02 1

Irak

Qasem Soleimani Jadi Mediator Pembentukan Koalisi Syiah di Iraq

IRGC pimpinan Soleimani adalah pendukung asing utama organisasi Badr, yang bertanggung jawab dalam melakukan pembantaian dan kejahatan terhadap warga Sunni di Iraq.

Jum'at, 18/05/2018 15:22 0

Close