... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Namanya Tak Masuk Daftar Mubalig Kemenag, Ini Tanggapan Ustaz Abdul Somad

Foto: Ustadz Abdul Somad Lc MA

KIBLAT.NET, Jakarta – Kementerian Agama merilis daftar 200 nama mubalig yang merupakan rekomendasi dari kementerian tersebut. Dalam daftar itu tak ada nama dai kondang Ustadz Abdul Somad. Ada apa gerangan?

Memasuki hari kedua bulan Ramadhan, Kementerian Agama mengeluarkan daftar 200 nama mubalig. Nama-nama dalam daftar itu merupakan rekomendasi kementerian ynag dipimpin oleh Lukman Hakim Saifuddin.

“Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi muballigh oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama muballigh,” kata Lukman Hakim di Jakarta, Jumat (18/05/2018) seperti dikutip situs resmi Kemenag.

Lukman mengakliam nama-nama yang masuk dalam daftar itu bukanlah sembarnag mubalig. Setidaknya, mereka telah memenuhi tiga kriteria yang ditetepkan kementeriannnya, yaitu mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi.

Dari hasil penelusuran Kiblat, dalam daftar mubalig yang dirilis Kemenag tak ada nama dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS). Tak tercantumnya nama ulama asal Pekanbaru, Riau itu menimbulkan pertanyaan di masarakat.

Rupanya, Ustaz Abdul Somad punya cara sendiri dalam menjawab pertanyaan khalayak. Melalui akun Instagram resminya @ustadzabdulsomad, Sabtu (19/05/2018) siang, UAS mengunggah sebuah tangkapan layar percakapan di aplikasi berbagi pesan.

Dalam percakapan itu seseorang menyampaikan pertanyaan terkait tak masuknya UAS dalam daftar mubalig Kemenag. “Bagaimana tanggapan ustaz, Ustad tidak termasuk dalam 200 mubaligh rujukan KEMENAG??”.

BACA JUGA  Pakistan Desak China Kurangi Tekanan terhadap Minoritas Muslim

Jawaban pertanyaan itu adalah, “Sebab Kemenag tidak ingin mengecewakan masyarakat. Karena saya penuh sampai April 2020.”

Saat berita ini disusun, unggahan di Instagram ulama lulusan Al Azhar, Kairo itu telah disukai oleh lebih dari 150 ribu orang. Selain itu, hampir 10.000 orang berkomentar dalam postingan tersebut.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Blok Al-Sadr Menang Pemilu Parlemen Iraq

Sadr dikenal salah satu pemimpin spiritual Syiah yang getol menentang Amerika Serikat. Namun di waktu yang sama dia menolak segala campur tangan Iran di negaranya.

Sabtu, 19/05/2018 09:48 0

Palestina

Dijaga Ketat, Warga Palestina Tepi Barat Hendak Tunaikan Shalat Jumat

Ribuan warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki telah melakukan perjalanan ke kota Al-Quds (Yerusalem) untuk menunaikan kewajiban shalat Jumat.

Jum'at, 18/05/2018 16:37 0

Munaqosyah

Timbangan Fikih dalam Teror Bom Surabaya

Penyematan kata fi sabilillah dalam kata jihad, juga memberikan tashowwur bahwa jihad yang dilakukan seorang muslim harus selalu berada dalam kerangka dan rambu-rambu syar’i

Jum'at, 18/05/2018 16:02 1

Irak

Qasem Soleimani Jadi Mediator Pembentukan Koalisi Syiah di Iraq

IRGC pimpinan Soleimani adalah pendukung asing utama organisasi Badr, yang bertanggung jawab dalam melakukan pembantaian dan kejahatan terhadap warga Sunni di Iraq.

Jum'at, 18/05/2018 15:22 0

Amerika

Dikenal Gunakan Teknik Interogasi Brutal, Ini Sosok Direktur Baru CIA

Senat AS telah menetapkan Gina Haspel sebagai direktur baru Central Intelligence Agency (CIA). Haspel mendapatkan dukungan 54 senator dalam proses voting pada Kamis (17/05/2018).

Jum'at, 18/05/2018 14:22 0

Yaman

Sejak Awal Tahun, AS Luncurkan 17 Kali Serangan Udara di Yaman

Serangan udara lainnya diluncurkan di provinsi Al-Bayda, Hadramout, daerah "Zamakh dan Manukh Direktorat" di Hadramaut dan Shabwa.

Jum'at, 18/05/2018 12:04 0

Irak

Kontes Politik Iraq: Al-Sadr Bentuk Blok Koalisi Jegal Al-Maliki dan Al-Amari

Hasil perhitungan sementara, Muqtada Al-Sadr menang melalui koalisi politiknya, “Sairun”. Sementara Ammar Al-Hakim, pemimpin Gerakan Syiah Al-Hikmah mendapat 22 kursi di parlemen.

Jum'at, 18/05/2018 09:41 0

Palestina

Hari Ini, Warga Palestina Gelar Demonstrasi Besar-besaran

“Kepada mereka yang memenuhi janji dengan mengalirkan darah mereka yang murah demi kemarahan untuk Al-Quds, dan demi memenuhi janji setiap tetas darai para Syuhada yang mengalir di bumi suci Palestina, Kekuatan Naisonal dan Islam di Tepi Barat menyeru kalian untuk marah, eskalasi dan mendekat ke penjajah di setiap titik kontak,” seru gerakan berbasis di luar Gaza ini.

Jum'at, 18/05/2018 08:50 0

Suriah

PBB: Nasib Idlib Bisa Lebih Buruk dari Ghouta Timur

Utusan khusus PBB untuk Suriah, Stephane de Mistura, Kamis (17/05), mengatakan bahwa situasi di Idlib akan "enam kali lebih buruk" daripada di Ghouta timur, jika skenario Ghouta digunakan untuk merebut basis utama oposisi itu.

Jum'at, 18/05/2018 07:30 0

Yaman

Fatwa Penentuan Awal Ramadhan Syiah Hutsi Jadi Ejekan

Pasalnya, ini merupakan kali pertama otoritas yang memerintah memberi pilihan kepada warganya untuk memilih hari awal puasa sesuai yang diinginkan.

Kamis, 17/05/2018 18:22 0

Close