... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ibu dan Ayah Berperan Penting dalam Pendidikan Anak

Foto: Seminar bertajuk Pendidikan Anak Zaman Now di UPI Bandung

KIBLAT.NET, Bandung – Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan guna mencerdaskan kehidupan generasi sebuah bangsa. Bagi seorang anak pendidikan pertama adalah keluarga, sehingga peran bersama antara ibu dan ayah sangatlah penting.

Saat berbicara dalam seminar bertajuk ‘Pendidikan anak zaman now’ yang diselenggarakan Kalam UPI dan Yayasan pendidikan Insantama, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk Mesir dan Philipina, Dr. Fahmy Lukman, M. Hum mengakui bahwa mendidik anak itu tidak mudah. Namun, amal itu memiliki pahala yang besar dihadapan Allah SWT.

“Memang mendidik anak itu susah, namun pahalanya sangat besar dihadapan Allah,” kata Fahmy dalam acara yang diselenggarakan di Masjid Al-Furqon UPI Bandung, Sabtu, (19/5/18).

Menurut Fahmy, hal terpenting dalam mendidik anak adalah pendidikan akhlak. Sebab, jika akhlak sang anak baik maka yang lainnya akan ikut baik pula.

“Proses mendidik anak itu yang terpenting adalah akhlaknya, sehingga menjadi anak yang baik,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Dra. Sudjati Rachmini, selaku penggiat komunitas peduli generasi. Dia mengatakan mendidik anak itu bukanlah hal mudah, namun dirinya menilai, bandelnya sang anak artinya sedang mengajarkan sesuatu hal kepada ibunya.

“Mengajari anak itu supaya pintar memang susah, anak kecil itu bandel artinya sedang mengajarkan orang tuanya sesuatu yang baru,” tuturnya.

Bahkan tak jarang sebagian ibu yang tak sabar mendidik anak sehingga memukul atau sekedar mencubit sang anak dengan maksud untuk memberi efek jerah. Padalah tangan sang ibu seharusnya berfungsi untuk membelai dan mendoakan sang anak agar menjadi anak yang sholih dan sholihah.

BACA JUGA  Ubah Indonesia Jadi Lebih Baik, K.H. Ma’ruf Amin Ingin Teladani Perjuangan Rasulullah

“Tangan ibu itu bukan untuk memukul tapi untuk membelai dan mendoakan agar sang anak menjadi anak yang soleh dan solehah,” tuturnya.

“Kalau anak kita bermasalah maka berati doa kita kurang di hadapan Allah, cucuran air mata kita saat berdoa masih kurang dihadapan Allah,” lanjut Sudjati.

Namun untuk mendukung seorang ibu dalam mendidik anak maka diperlukan peran seorang ayah. Seorang ayah haruslah membahagiakan istrinya agar istrinya bahagia dalam mengurus banak.

Sebab tak jarang seorang ibu tidak bahagia mendidik anak dikarenakan sang ayah jarang membahagiakan istrinya, bahkan mungkin hanya dengan sekedar memberikan pujian akan keteguhan sang ibu, atau membelikan oleh-oleh ketika pulang kerja untuk sang istri.

“Ayahnya juga harus membahagiakan istrinya agar istrinya bahagia dalam mendidik anak-anaknya, kalau tidak bahagia maka seorang istri juga susah dalam mendidik anak,” imbuh Sudjati.

“Bagi saya anak itu tidak perlu terlalu pintar tapi yang paling penting memiliki akhlak,” pungkasnya.

Reporter: Saifal
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Blok Al-Sadr Menang Pemilu Parlemen Iraq

Sadr dikenal salah satu pemimpin spiritual Syiah yang getol menentang Amerika Serikat. Namun di waktu yang sama dia menolak segala campur tangan Iran di negaranya.

Sabtu, 19/05/2018 09:48 0

Palestina

Dijaga Ketat, Warga Palestina Tepi Barat Hendak Tunaikan Shalat Jumat

Ribuan warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki telah melakukan perjalanan ke kota Al-Quds (Yerusalem) untuk menunaikan kewajiban shalat Jumat.

Jum'at, 18/05/2018 16:37 0

Munaqosyah

Timbangan Fikih dalam Teror Bom Surabaya

Penyematan kata fi sabilillah dalam kata jihad, juga memberikan tashowwur bahwa jihad yang dilakukan seorang muslim harus selalu berada dalam kerangka dan rambu-rambu syar’i

Jum'at, 18/05/2018 16:02 1

Irak

Qasem Soleimani Jadi Mediator Pembentukan Koalisi Syiah di Iraq

IRGC pimpinan Soleimani adalah pendukung asing utama organisasi Badr, yang bertanggung jawab dalam melakukan pembantaian dan kejahatan terhadap warga Sunni di Iraq.

Jum'at, 18/05/2018 15:22 0

Amerika

Dikenal Gunakan Teknik Interogasi Brutal, Ini Sosok Direktur Baru CIA

Senat AS telah menetapkan Gina Haspel sebagai direktur baru Central Intelligence Agency (CIA). Haspel mendapatkan dukungan 54 senator dalam proses voting pada Kamis (17/05/2018).

Jum'at, 18/05/2018 14:22 0

Yaman

Sejak Awal Tahun, AS Luncurkan 17 Kali Serangan Udara di Yaman

Serangan udara lainnya diluncurkan di provinsi Al-Bayda, Hadramout, daerah "Zamakh dan Manukh Direktorat" di Hadramaut dan Shabwa.

Jum'at, 18/05/2018 12:04 0

Irak

Kontes Politik Iraq: Al-Sadr Bentuk Blok Koalisi Jegal Al-Maliki dan Al-Amari

Hasil perhitungan sementara, Muqtada Al-Sadr menang melalui koalisi politiknya, “Sairun”. Sementara Ammar Al-Hakim, pemimpin Gerakan Syiah Al-Hikmah mendapat 22 kursi di parlemen.

Jum'at, 18/05/2018 09:41 0

Palestina

Hari Ini, Warga Palestina Gelar Demonstrasi Besar-besaran

“Kepada mereka yang memenuhi janji dengan mengalirkan darah mereka yang murah demi kemarahan untuk Al-Quds, dan demi memenuhi janji setiap tetas darai para Syuhada yang mengalir di bumi suci Palestina, Kekuatan Naisonal dan Islam di Tepi Barat menyeru kalian untuk marah, eskalasi dan mendekat ke penjajah di setiap titik kontak,” seru gerakan berbasis di luar Gaza ini.

Jum'at, 18/05/2018 08:50 0

Suriah

PBB: Nasib Idlib Bisa Lebih Buruk dari Ghouta Timur

Utusan khusus PBB untuk Suriah, Stephane de Mistura, Kamis (17/05), mengatakan bahwa situasi di Idlib akan "enam kali lebih buruk" daripada di Ghouta timur, jika skenario Ghouta digunakan untuk merebut basis utama oposisi itu.

Jum'at, 18/05/2018 07:30 0

Yaman

Fatwa Penentuan Awal Ramadhan Syiah Hutsi Jadi Ejekan

Pasalnya, ini merupakan kali pertama otoritas yang memerintah memberi pilihan kepada warganya untuk memilih hari awal puasa sesuai yang diinginkan.

Kamis, 17/05/2018 18:22 0

Close