... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Viral Santri Digeledah Polisi, Pengamat: Jangan Munculkan Masalah Baru

Foto: Santri digeledah polisi.

KIBLAT.NET, Jakarta – Viral di media sosial sebuah video yang menunjukkan kemarahan seorang santri yang digeledah oleh polisi. Psikolog dari Universitas Mercu Buana, Dr. M. Iqbal menyebut hal itu menjadi salah satu yang dikhawatirkan pasca serangkaian teror bom. Menurutnya telah terjadi islamofobia ketika itu.

“Tindakan aparat itu menurut saya berlebihan dan sangat saya sayangkan ketika terjadi islamofobia. Tindakan seperti ini menimbulkan kebencian dan kesakithatian yang kemudian bisa saja radikalisme itu akan menguat,” katanya di Hotel Sofyan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (16/05/2018).

Senada, Pengamat Politi Islam dari Universitas Indonesia Dr. Yon Machmudi, menyebut tindakan aparat itu sangat berlebihan karena melakukan penggeledahan di muka umum.

“Saya kira itu berlebihan, ini kan jadi tidak fokus, harus dibekali aparat keamanan kita untuk mendeteksi yang namanya potensi-potensi terorisme itu seperti apa,” ungkapnya.

Meskipun begitu, ia memahami bahwa tidak semua aparat keamanan memahami SOP dalam mendeteksi potensi teror. Mereka mungkin hanya berjaga-jaga saja, dan tidak mau ambil risiko, sehingga melakukan hal sedemikian rupa.

“Tindakan berlebihan ini bisa menimbulkan masalah, karenanya harus berhati-hati, jangan sampai malah menimbulkan persoalan-persoalan baru yang dihadapi oleh umat Islam dikarenakan langkah-langkah yang berlebihan dan tidak terukur ini,” ungkapnya.

Yon kemudian menyarankan pemerintah agar lebih memperbanyak kerja-kerja intelijen yang sunyi dan tersembunyi. Sehingga bisa menyelesaikan satu persatu potensi yang muncul.

BACA JUGA  Menag Prioritaskan Penguatan SDM dari Aspek Keagamaan

Kabar terakhir menunjukkan pihak pondok telah mengkonfirmasi kebenaran video tersebut. Mereka meminta agar masalah tersebut tidak dibesar-besarkan karena telah diselesaikan dengan pihak kepolisian.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Yaman

Sejak Awal Tahun, AS Luncurkan 17 Kali Serangan Udara di Yaman

Serangan udara lainnya diluncurkan di provinsi Al-Bayda, Hadramout, daerah "Zamakh dan Manukh Direktorat" di Hadramaut dan Shabwa.

Jum'at, 18/05/2018 12:04 0

Irak

Kontes Politik Iraq: Al-Sadr Bentuk Blok Koalisi Jegal Al-Maliki dan Al-Amari

Hasil perhitungan sementara, Muqtada Al-Sadr menang melalui koalisi politiknya, “Sairun”. Sementara Ammar Al-Hakim, pemimpin Gerakan Syiah Al-Hikmah mendapat 22 kursi di parlemen.

Jum'at, 18/05/2018 09:41 0

Palestina

Hari Ini, Warga Palestina Gelar Demonstrasi Besar-besaran

“Kepada mereka yang memenuhi janji dengan mengalirkan darah mereka yang murah demi kemarahan untuk Al-Quds, dan demi memenuhi janji setiap tetas darai para Syuhada yang mengalir di bumi suci Palestina, Kekuatan Naisonal dan Islam di Tepi Barat menyeru kalian untuk marah, eskalasi dan mendekat ke penjajah di setiap titik kontak,” seru gerakan berbasis di luar Gaza ini.

Jum'at, 18/05/2018 08:50 0

Suriah

PBB: Nasib Idlib Bisa Lebih Buruk dari Ghouta Timur

Utusan khusus PBB untuk Suriah, Stephane de Mistura, Kamis (17/05), mengatakan bahwa situasi di Idlib akan "enam kali lebih buruk" daripada di Ghouta timur, jika skenario Ghouta digunakan untuk merebut basis utama oposisi itu.

Jum'at, 18/05/2018 07:30 0

Yaman

Fatwa Penentuan Awal Ramadhan Syiah Hutsi Jadi Ejekan

Pasalnya, ini merupakan kali pertama otoritas yang memerintah memberi pilihan kepada warganya untuk memilih hari awal puasa sesuai yang diinginkan.

Kamis, 17/05/2018 18:22 0

Khazanah

10 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

KIBLAT.NET - Ramadhan merupakan bulan agung dalam Islam. Ia memiliki beragam keistimewaan yang tidak bisa didapatkan bulan-bulan yang lainnya. Syaikh Shalih Muhammad Al-Munajjid mengungkapkan di antara bentuk keistimewaan tersebutk ialah:

Kamis, 17/05/2018 17:35 0

Palestina

Israel Tembakan Serangan Udara ke Hamas

Israel mengatakan bahwa telah meluncurkan serangan udara pada malam hari ke sejumlah fasilitas milik Hamas di Gaza. Pernyataan itu dikeluarkan pada Kamis (17/05/2018) seperti dikutip dari Arab News.

Kamis, 17/05/2018 17:32 0

Afghanistan

AS Klaim Berhasil Bunuh Tokoh AQIS di Afghanistan

Amerika Serikat mengklaim telah membunuh Hazrat Abbas tokoh Al Qaeda in the Indian Subcontinent (AQIS) di kawasan Timur Afghanistan, tepatnya di Provinsi Nangarhar bulan lalu.

Kamis, 17/05/2018 17:04 0

Palestina

Ikuti AS, Guatemala Resmikan Kedubes untuk Israel di Al Quds

Di tengah kemarahan dunia dan warga Palestina, Guatemala melangsungkan peresmian Kedutaan Besar untuk Israel di Al Quds pada Rabu (16/05/2018).

Kamis, 17/05/2018 16:47 0

Opini

Setengah Hati Indonesia untuk Palestina

Dan akhirnya, pernyataan yang sebelumnya hanya wacana kini benar-benar terlaksana. Kedubes Amerika telah diresmikan di Al-Quds.

Kamis, 17/05/2018 15:00 0

Close