... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

RUU Terorisme Bukan Satu-satunya Cara Ampuh Tangani Aksi Teror

Foto: Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS), Yati Andriyani,

KIBLAT.NET, Jakarta – Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS), Yati Andriyani, membantah jika RUU Antiterorisme disebut satu-satunya cara untuk menyelesaikan kasus terorisme.

“RUU teorisme bukan satu-satunya pil ampuh untuk menangani terorisme. Ada banyak aspek melatarbelakangi terjadinya terorisme. Maka penyelesaiannya bukan hanya mempercepat revisi,” katanya kepada Kiblat.net di kantor KontraS, Jakarta pada Kamis (17/05/2018).

Menurutnya, masih harus ada evaluasi apakah selama ini koordinasi sudah berjalan dengan baik, antarlembaga terkait kebijakan yang mengarah pada kontra terorisme. Hal ini untuk pembelajaran atas kemungkinan kelalaian baik langsung maupun tidak langsung dalam implementasai kebijakan kontra terorisme selama ini.

“Sehingga masalah tidak hanya ditumpukan pada aturan, apalagi menyalahkan HAM. Kalau kita tidak mengevaluasi dulu apa yang berjalan, akan sangat sulit revisi berkontribusi menyelesaikan kasus terorisme,” tegasnya.

Ia juga menyoroti soal permintaan penegak hukum agar masa penangkapan lebih lama, tapi tidak disiapkan mekanisme pertanggungjawaban. Padahal, kata dia, hari ini ada Propam yang berkaitan dengan pelanggaran etik. Namun tidak ada lembaga yang mengawasi jika ada tindakan yang pelanggaran HAM.

“Kita bisa melihat kasus Siyono, kasus Poso, 14 orang ditangkap ternyata salah tangkap. Padahal sudah disiksa,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

PBB: Nasib Idlib Bisa Lebih Buruk dari Ghouta Timur

Utusan khusus PBB untuk Suriah, Stephane de Mistura, Kamis (17/05), mengatakan bahwa situasi di Idlib akan "enam kali lebih buruk" daripada di Ghouta timur, jika skenario Ghouta digunakan untuk merebut basis utama oposisi itu.

Jum'at, 18/05/2018 07:30 0

Yaman

Fatwa Penentuan Awal Ramadhan Syiah Hutsi Jadi Ejekan

Pasalnya, ini merupakan kali pertama otoritas yang memerintah memberi pilihan kepada warganya untuk memilih hari awal puasa sesuai yang diinginkan.

Kamis, 17/05/2018 18:22 0

Khazanah

10 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

KIBLAT.NET - Ramadhan merupakan bulan agung dalam Islam. Ia memiliki beragam keistimewaan yang tidak bisa didapatkan bulan-bulan yang lainnya. Syaikh Shalih Muhammad Al-Munajjid mengungkapkan di antara bentuk keistimewaan tersebutk ialah:

Kamis, 17/05/2018 17:35 0

Palestina

Israel Tembakan Serangan Udara ke Hamas

Israel mengatakan bahwa telah meluncurkan serangan udara pada malam hari ke sejumlah fasilitas milik Hamas di Gaza. Pernyataan itu dikeluarkan pada Kamis (17/05/2018) seperti dikutip dari Arab News.

Kamis, 17/05/2018 17:32 0

Afghanistan

AS Klaim Berhasil Bunuh Tokoh AQIS di Afghanistan

Amerika Serikat mengklaim telah membunuh Hazrat Abbas tokoh Al Qaeda in the Indian Subcontinent (AQIS) di kawasan Timur Afghanistan, tepatnya di Provinsi Nangarhar bulan lalu.

Kamis, 17/05/2018 17:04 0

Palestina

Ikuti AS, Guatemala Resmikan Kedubes untuk Israel di Al Quds

Di tengah kemarahan dunia dan warga Palestina, Guatemala melangsungkan peresmian Kedutaan Besar untuk Israel di Al Quds pada Rabu (16/05/2018).

Kamis, 17/05/2018 16:47 0

Opini

Setengah Hati Indonesia untuk Palestina

Dan akhirnya, pernyataan yang sebelumnya hanya wacana kini benar-benar terlaksana. Kedubes Amerika telah diresmikan di Al-Quds.

Kamis, 17/05/2018 15:00 0

Editorial

Editorial: Teror di Tahun Politik, Cui Bono?

Markus Tullius Cicero, seorang politisi Romawi yang lahir pada tahun 106 sebelum Masehi dalam pidatonya yang berjudul Pro Roscio Amerino menyatakan sebuah konsep hukum yang menarik. Istilahnya disebut, “Cui Bono” (dibaca: kui bono). Cicero bilang: “Lucius Cassius yang terkenal, yang oleh orang-orang Romawi sering dianggap sebagai hakim yang jujur dan bijaksana, biasanya bertanya berulang kali, “Cui Bono?”. Siapakah yang paling mendapat keuntungan?

Kamis, 17/05/2018 13:02 0

News

Adakan Bazar Pakaian Bekas, Masjid di Tangerang Galang Donasi Pembangunan

Di bulan suci Ramadhan, sejumlah masjid di Kecamatan Teluknaga, Tangerang mulai mencari donasi untuk pembangunan masjid. Ada yang menyediakan kotak infaq khusus ataupun menawarkan kepada para pengguna jalan. 

Kamis, 17/05/2018 12:45 0

Suara Pembaca

Sasar Generasi Milenial, Sinergi Foundation Kampanyekan “Giving is Cool”

Dengan mengampanyekan Giving is Cool, Sinergi Foundation memotivasi milenial muslim untuk semakin bersemangat berbagi. Apalagi, kini tengah menginjak Ramadhan, yang dikenal sebagai bulannya berbagi.

Kamis, 17/05/2018 11:23 0

Close