... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Qasem Soleimani Jadi Mediator Pembentukan Koalisi Syiah di Iraq

Foto: Jenderal Qassim Sulaimani, panglima Garda Revolusi Iran untuk operasi luar negeri

KIBLAT.NET, Baghdad – Jenderal Tertinggi Garda Revolusi Iran (IRGC), Qasem Soleimani bertemu dengan sejumlah politisi Baghdad untuk membicarakan pemerintah baru sesuai kepentingan Iran. Hal itu diungkapkan oleh dua pengamat politik Iraq yang dikutip Middle East Monitor, Kamis (17/05/2018).

Komandan operasi asing untuk IRGC itu tiba di Iraq pada hari pemilihan parlemen. Jajak pendapat nasional awal mengungkapkan kemenangan mengejutkan bagi blok yang mendukung ulama Syiah Muqtada Al-Sadr, yang dikenal memiliki kedekatan dengan Arab Saudi. Dalam kampanyenya, Al-Sadr kerap menyuarakan ketidakpuasan publik atas korupsi yang meluas dan perselisihan sosial.

Salah satu loyalitas Al-Sadr, yang memainkan peran mediator antara Al-Sadr dan politisi senior lainnya, mengatakan bahwa Soleimani sedang melakukan pembicaraan dengan politisi saingan untuk membuat kesepakatan tentang pembentukan aliansi Syiah yang berkuasa. Pembicaraan formal untuk membentuk koalisi pemerintahan akan dimulai setelah hasil akhir diumumkan.

Sebelum pemilihan, Iran mengumumkan secara terbuka bahwa mereka tidak akan memberikan ruang kepada aliansi Al-Sadr untuk memimpin Iraq. Sebelumnya, Al-Sadr mengaku tidak akan mendukung dengan Iran yang membuat koalisi dengan Presiden Hadi Al-Ameri, pemimpin organisasi paramiliter Badr, atau mantan Perdana Menteri Nouri Al-Maliki.

Sebagai informasi, IRGC pimpinan Soleimani adalah pendukung asing utama organisasi Badr, yang bertanggung jawab dalam melakukan pembantaian dan kejahatan terhadap warga Sunni di Iraq.

Sumber: Middle East Monitor
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Definisi Harus Jelas, Agar Stigmatisasi Teroris Tidak Bermasalah

"Ini yang mau kita masukkan dalam konteks definisi, ini yang kita dorong, sehingga tidak sembarangan orang disebut sebagai teroris," ungkapnya.

Jum'at, 18/05/2018 13:30 1

Indonesia

Viral Santri Digeledah Polisi, Pengamat: Jangan Munculkan Masalah Baru

Yon kemudian menyarankan pemerintah agar lebih memperbanyak kerja-kerja intelijen yang sunyi dan tersembunyi. Sehingga bisa menyelesaikan satu persatu potensi yang muncul.

Jum'at, 18/05/2018 12:52 0

Indonesia

Direktur STIBA Makassar Bagi Tips Gapai Kemuliaan Ramadhan

Ustadz Yusran mendahului materinya dengan menyebutkan tiga sifat bulan Ramadhan, yakni Ramadhan Mubarak, Ramadhan Karim dan Ramadhan Azhim.

Jum'at, 18/05/2018 11:11 0

Indonesia

Amnesty International: Dana dan Program BNPT Harus Dievaluasi

Direktur Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid menegaskan bahwa harus ada evaluasi menyeluruh ke beberapa lembaga setelah kasus teror akhir-akhir ini.

Jum'at, 18/05/2018 10:49 0

Indonesia

KontraS: Jangan Deligitimasi HAM dalam Penanganan Terorisme

Yati menekankan bahwa HAM adalah prasyarat mutlak dalam upaya penanggulangan terorisme. Menurutnya, rinsip-prinsip HAM telah diadopsi dalam pasal-pasal konstitusi negara ini.

Jum'at, 18/05/2018 10:14 0

Indonesia

RUU Terorisme Bukan Satu-satunya Cara Ampuh Tangani Aksi Teror

"Sehingga masalah tidak hanya ditumpukan pada aturan, apalagi menyalahkan HAM. Kalau kita tidak mengevaluasi dulu apa yang berjalan, akan sangat sulit revisi berkontribusi menyelesaikan kasus terorisme," tegasnya.

Jum'at, 18/05/2018 08:11 0

Indonesia

Rencana Gencatan Senjata India Di Kashmir Selama Ramadhan Ditolak

Kelompok perlawanan Lashkar e-Taiba menolak rencana gencatan senjata India di Kashmir

Kamis, 17/05/2018 19:57 0

Khazanah

10 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

KIBLAT.NET - Ramadhan merupakan bulan agung dalam Islam. Ia memiliki beragam keistimewaan yang tidak bisa didapatkan bulan-bulan yang lainnya. Syaikh Shalih Muhammad Al-Munajjid mengungkapkan di antara bentuk keistimewaan tersebutk ialah:

Kamis, 17/05/2018 17:35 0

Indonesia

23 Orang Ditangkap Terkait Bom Surabaya, Ini Daftarnya

Polda Jatim menyampaikan bahwa Densus 88 telah menangkap 23 orang yang diduga terkait bom Surabaya. Adapun 4 orang di antaranya ditembak mati.

Kamis, 17/05/2018 16:00 0

Indonesia

Kejadian Mako Brimob dan Bom Surabaya Momentum Evaluasi BNPT dan Densus 88

Kejadian serangan di Mako Brimob dan Bom Surabaya seharusnya jadi momentum valuasi BNPT dan Densus 88, bukan malah terbutkan Perppu Terorisme

Kamis, 17/05/2018 15:22 0

Close