... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mengejutkan, BNPT Akui Pelaku Sejumlah Aksi Bom Sudah Dideradikalisasi

Foto: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Suhardi Alius

KIBLAT.NET, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkapkan pengakuan mengejutkan, yang menyebut pelaku sejumlah kasus pemboman ternyata telah menjadi objek deradikalisasi lembaganya.

Kepala BNPT Komjen Pol. Suhardi Alius mengatakan saat ini ada lebih dari 600 mantan narapidana terorisme yang telah kembali ke masyarakat. Menurutnya, setelah menjalani proses deradikalisasi sebanyak 128 orang di antaranya aktif menjadi narasumber BNPT.

Suhardi pun mengungkapkan ada sejumlah narapidana terorisme yang telah menjalani program deradikalisasi, namun kembali melakukan aksi pemboman. “Kita sudah lalkukan evaluasi, mereka yang kembali melakukan aksi itu sudah kena program deradikalisasi,” ujarnya saat ditemui usai rapat tertutup dengan Menteri PMK RI di Kantor PMK RI, Jl Merdeka Barat, Kamis (17/05/2018).

Kepala BNPT menambahkan ada tiga kelompok yang telah masuk progaram deradikalisasi, yang kemudian kembali melakukan aksi. Suhardi menyebut mereka terlibat dalam bom Thamrin, bom Cicendo, dan bom Samarinda, tanpa merici jumlah dan nama pelaku.

Dalam kesempatan itu, Suhardi Alius juga menyebut pelaku serangan bom di Jawa Timur belum menjadi objek program deradikalisasi. Seperti diketahui, aparat mengklaim pelaku serangkaian serangan di Surbaya merupakan bagian dari Jamaah Ansharud Daulah (JAD).

“BNPT fokus kepada orang yang sudah berstatus napi terorisme, baik di dalam lapas maupun yang sudah di luar lapas. Itu yang jadi fokus BNPT, karena mereka sudah pernah melakukan (tindakan teror),” imbuhnya.

BACA JUGA  Isu Radikalisme Ibarat Menggaruk yang Tak Gatal

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Qasem Soleimani Jadi Mediator Pembentukan Koalisi Syiah di Iraq

IRGC pimpinan Soleimani adalah pendukung asing utama organisasi Badr, yang bertanggung jawab dalam melakukan pembantaian dan kejahatan terhadap warga Sunni di Iraq.

Jum'at, 18/05/2018 15:22 0

Amerika

Dikenal Gunakan Teknik Interogasi Brutal, Ini Sosok Direktur Baru CIA

Senat AS telah menetapkan Gina Haspel sebagai direktur baru Central Intelligence Agency (CIA). Haspel mendapatkan dukungan 54 senator dalam proses voting pada Kamis (17/05/2018).

Jum'at, 18/05/2018 14:22 0

Yaman

Sejak Awal Tahun, AS Luncurkan 17 Kali Serangan Udara di Yaman

Serangan udara lainnya diluncurkan di provinsi Al-Bayda, Hadramout, daerah "Zamakh dan Manukh Direktorat" di Hadramaut dan Shabwa.

Jum'at, 18/05/2018 12:04 0

Irak

Kontes Politik Iraq: Al-Sadr Bentuk Blok Koalisi Jegal Al-Maliki dan Al-Amari

Hasil perhitungan sementara, Muqtada Al-Sadr menang melalui koalisi politiknya, “Sairun”. Sementara Ammar Al-Hakim, pemimpin Gerakan Syiah Al-Hikmah mendapat 22 kursi di parlemen.

Jum'at, 18/05/2018 09:41 0

Palestina

Hari Ini, Warga Palestina Gelar Demonstrasi Besar-besaran

“Kepada mereka yang memenuhi janji dengan mengalirkan darah mereka yang murah demi kemarahan untuk Al-Quds, dan demi memenuhi janji setiap tetas darai para Syuhada yang mengalir di bumi suci Palestina, Kekuatan Naisonal dan Islam di Tepi Barat menyeru kalian untuk marah, eskalasi dan mendekat ke penjajah di setiap titik kontak,” seru gerakan berbasis di luar Gaza ini.

Jum'at, 18/05/2018 08:50 0

Suriah

PBB: Nasib Idlib Bisa Lebih Buruk dari Ghouta Timur

Utusan khusus PBB untuk Suriah, Stephane de Mistura, Kamis (17/05), mengatakan bahwa situasi di Idlib akan "enam kali lebih buruk" daripada di Ghouta timur, jika skenario Ghouta digunakan untuk merebut basis utama oposisi itu.

Jum'at, 18/05/2018 07:30 0

Yaman

Fatwa Penentuan Awal Ramadhan Syiah Hutsi Jadi Ejekan

Pasalnya, ini merupakan kali pertama otoritas yang memerintah memberi pilihan kepada warganya untuk memilih hari awal puasa sesuai yang diinginkan.

Kamis, 17/05/2018 18:22 0

Khazanah

10 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

KIBLAT.NET - Ramadhan merupakan bulan agung dalam Islam. Ia memiliki beragam keistimewaan yang tidak bisa didapatkan bulan-bulan yang lainnya. Syaikh Shalih Muhammad Al-Munajjid mengungkapkan di antara bentuk keistimewaan tersebutk ialah:

Kamis, 17/05/2018 17:35 0

Palestina

Israel Tembakan Serangan Udara ke Hamas

Israel mengatakan bahwa telah meluncurkan serangan udara pada malam hari ke sejumlah fasilitas milik Hamas di Gaza. Pernyataan itu dikeluarkan pada Kamis (17/05/2018) seperti dikutip dari Arab News.

Kamis, 17/05/2018 17:32 0

Afghanistan

AS Klaim Berhasil Bunuh Tokoh AQIS di Afghanistan

Amerika Serikat mengklaim telah membunuh Hazrat Abbas tokoh Al Qaeda in the Indian Subcontinent (AQIS) di kawasan Timur Afghanistan, tepatnya di Provinsi Nangarhar bulan lalu.

Kamis, 17/05/2018 17:04 0

Close