... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dikenal Gunakan Teknik Interogasi Brutal, Ini Sosok Direktur Baru CIA

Foto: Direktur baru CIA, Gina Haspel.

KIBLAT.NET, Washington – Senat AS telah menetapkan Gina Haspel sebagai direktur baru Central Intelligence Agency (CIA). Haspel mendapatkan dukungan 54 senator dalam proses voting pada Kamis (17/05/2018).

Haspel sempat disoroti terkait program “interogasi yang disempurnakan” CIA terhadap tersangka “teror” pasca kejadian WTC. Namun hal itu tak membuatnya kekurangan suara.

Senator Richard Burr, ketua komite Partai Republik, mengatakan bahwa Haspel adalah orang terbaik untuk memimpin CIA. “Dia telah bertindak secara moral, etis, dan hukum selama karirnya,” katanya.

Haspel, yang seorang veteran CIA di usia 33 tahun, adalah kepala komando CIA di Thailand pada 2002. Saat itu, CIA menjalankan salah satu penjara “hitam” rahasia di mana tersangka tahanan Al-Qaidah diinterogasi menggunakan metode penyiksaan brutal, termasuk waterboarding.

Senator senior Komite Senat, Senator Mark Warner dari Virginia, dan empat anggota Demokrat lainnya menyatakan dukungan untuk Haspel. “Sebagai direktur CIA, Gina Haspel akan menjadi perwira operasi pertama dalam lebih dari lima dekade untuk memimpin agensi,” kata Warner dalam sebuah pernyataan.

“Yang paling penting, saya percaya dia adalah seseorang yang bisa dan akan membela presiden jika diperintahkan untuk melakukan sesuatu yang ilegal atau tidak bermoral – seperti mengulang penyiksaan,” tambahnya.

Selama sidang konfirmasi pada 9 Mei, Haspel mengklaim CIA tidak akan melanjutkan program dan membiarkan penyiksaan. Sekalipun diperintahkan oleh presiden. Sementara itu, Trump bersumpah untuk melanjutkan teknik waterboarding dan menjanjikan “neraka yang jauh lebih buruk”.

BACA JUGA  AS Berniat Kirim Ribuan Tentara Tambahan ke Timur Tengah

Pada hari Rabu, Gerald Staberock, sekretaris jenderal Organisasi Dunia Melawan Penyiksaan, mengatakan Haspel akan mengirim “pesan mengerikan AS bahwa penyiksaan bukanlah kejahatan”.

“Biasanya harus membawa Anda ke penjara, tetapi tidak ke kantor intelijen utama negara itu,” kata Staberock kepada Al Jazeera. “Ini adalah pesan untuk semua orang di CIA dan aparat keamanan yang dapat Anda jadikan karier saat Anda menyiksa orang.”

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Definisi Harus Jelas, Agar Stigmatisasi Teroris Tidak Bermasalah

"Ini yang mau kita masukkan dalam konteks definisi, ini yang kita dorong, sehingga tidak sembarangan orang disebut sebagai teroris," ungkapnya.

Jum'at, 18/05/2018 13:30 1

Indonesia

Viral Santri Digeledah Polisi, Pengamat: Jangan Munculkan Masalah Baru

Yon kemudian menyarankan pemerintah agar lebih memperbanyak kerja-kerja intelijen yang sunyi dan tersembunyi. Sehingga bisa menyelesaikan satu persatu potensi yang muncul.

Jum'at, 18/05/2018 12:52 0

Indonesia

Direktur STIBA Makassar Bagi Tips Gapai Kemuliaan Ramadhan

Ustadz Yusran mendahului materinya dengan menyebutkan tiga sifat bulan Ramadhan, yakni Ramadhan Mubarak, Ramadhan Karim dan Ramadhan Azhim.

Jum'at, 18/05/2018 11:11 0

Indonesia

Amnesty International: Dana dan Program BNPT Harus Dievaluasi

Direktur Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid menegaskan bahwa harus ada evaluasi menyeluruh ke beberapa lembaga setelah kasus teror akhir-akhir ini.

Jum'at, 18/05/2018 10:49 0

Indonesia

KontraS: Jangan Deligitimasi HAM dalam Penanganan Terorisme

Yati menekankan bahwa HAM adalah prasyarat mutlak dalam upaya penanggulangan terorisme. Menurutnya, rinsip-prinsip HAM telah diadopsi dalam pasal-pasal konstitusi negara ini.

Jum'at, 18/05/2018 10:14 0

Indonesia

RUU Terorisme Bukan Satu-satunya Cara Ampuh Tangani Aksi Teror

"Sehingga masalah tidak hanya ditumpukan pada aturan, apalagi menyalahkan HAM. Kalau kita tidak mengevaluasi dulu apa yang berjalan, akan sangat sulit revisi berkontribusi menyelesaikan kasus terorisme," tegasnya.

Jum'at, 18/05/2018 08:11 0

Indonesia

Rencana Gencatan Senjata India Di Kashmir Selama Ramadhan Ditolak

Kelompok perlawanan Lashkar e-Taiba menolak rencana gencatan senjata India di Kashmir

Kamis, 17/05/2018 19:57 0

Khazanah

10 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

KIBLAT.NET - Ramadhan merupakan bulan agung dalam Islam. Ia memiliki beragam keistimewaan yang tidak bisa didapatkan bulan-bulan yang lainnya. Syaikh Shalih Muhammad Al-Munajjid mengungkapkan di antara bentuk keistimewaan tersebutk ialah:

Kamis, 17/05/2018 17:35 0

Indonesia

23 Orang Ditangkap Terkait Bom Surabaya, Ini Daftarnya

Polda Jatim menyampaikan bahwa Densus 88 telah menangkap 23 orang yang diduga terkait bom Surabaya. Adapun 4 orang di antaranya ditembak mati.

Kamis, 17/05/2018 16:00 0

Indonesia

Kejadian Mako Brimob dan Bom Surabaya Momentum Evaluasi BNPT dan Densus 88

Kejadian serangan di Mako Brimob dan Bom Surabaya seharusnya jadi momentum valuasi BNPT dan Densus 88, bukan malah terbutkan Perppu Terorisme

Kamis, 17/05/2018 15:22 0

Close