... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Serangan Senjata Kimia di Wilayah Oposisi di Idlib Terbukti

Foto: Anak-anak Suriah terkena serangan gas kimia, tengah bernafas melalui selang oksigen di wilayah pinggiran Damascus, kawasan Saqba, pada 21 Agustus 2013. Aktivis oposisi melaporkan bahwa rezim Bashar Assad kerap melakukan serangan senjata kimia menyasar anak-anak tatkala mereka tengah tertidur di malam hari. (REUTERS/Bassam Khabieh)

KIBLAT.NET, Idlib – Organisasi Anti Senjata Kimia (bahasa Inggris: Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons, OPCW), Rabu (16/05), mengatakan bahwa amunisi mengandung gas klorin yang terlarang digunakan di provinsi Idlib pada Februari lalu. Hal itu berdasarkan bukti-bukti di lokasi yang telah dites di laboratorium.

OPCW tidak menjelaskan pihak yang menggunakan senjata kimia di kota Saraqib itu. Kota Saraqib merupakan kota di provinsi Idlib yang dikontrol oleh oposisi.

Akan tetapi, OPCW mengatakan bahwa berdasarkan keterangan saksi mata, amunisi itu jatuh di dalam bom-bom birmil yang dijatuhkan helikopter militer. Jamak diketahui, militer Suriah satu-satunya kekuatan bersenjata di Suriah yang menggunakan helikopter dan birmil dalam operasi.

Laporan itu menjelaskan bahwa tim pencari fakta OPCW menyimpulkan bahwa gas klorin tersebut dipancarkan dari silinder dengan gerakan mekanis di lingkungan Tallil di Saraqib.

Laporan itu juga mengatakan bahwa sekitar 11 orang dirawat setelah serangan yang terjadi pada tanggal empat Februari itu. Para korban mengalami tanda-tanda menghirup gas, seperti sesak nafas, muntah-muntah dan pingsan.

Hamish de Bretton-Gordon, anggota tim OPCW yang diturunkan ke Suriah, mengatakan bahwa pemeriksaan sampel yang diambil dari tanah, silinder dan lokasi kejadian terbukti mengandung bahan kimia lainnya yang melihatkan tanda-tanda pelakunya rezim Suriah.

Dia menambahkan bahwa hasil pemeriksaan sampel juga terbukti mengandung prekursor yang dapat mematikan syaraf para korbannya.

BACA JUGA  Korea Utara Dilanda Topan, Lima Orang Dilaporkan Tewas

“Zat kimia seperti ini persis terdeteksi dalam serangan sebelumnya gas sarin sebelumnya di Khan Sheikhun dan di Ghouta timur dan tanpa keraguan,” ujarnya.

Laporan khusus mengani serangan di Saraqib didasarkan adanya dua tabung besar yang menunjukkan keduanya mengandung gas sarin, saksi mata dan sampel-sampel yang diambil dari sekitar lokasi.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Marak Aksi Teror, Pemuda Muhammadiyah Minta Kinerja Polisi Dievaluasi

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Virgo Sulianto menegaskan bahwa ia khawatir tidak ada penanganan serius dalam kasus terorisme. Sebab, sudah 16 tahun masih ada kasus tersebut.

Rabu, 16/05/2018 20:20 0

Indonesia

Ade Armando Kembali Dipolisikan, Ini Penyebabnya

Ketua Korlabi, Damai Hari Lubis mengatakan, pernyataan Ade Armando ini sama saja dengan mengatakan bahwa Rizieq dan orang-orang yang melaksanakan ajaran islam yang mengajarkan teror.

Rabu, 16/05/2018 20:15 0

Indonesia

Soal Teror Bom, Nasyiatul Aisyiah: Jangan Phobia Cadar

etua Umum Nasyiatul Aisyiah, Diah Pusputarini meminta kepada masyarakat untuk tidak berlebihan dalam menanggapi isu teror. Misalnya yaitu dengan curiga ke muslimah bercadar.

Rabu, 16/05/2018 20:02 0

Khazanah

Tujuh Hal Ini Bakal Buat Ramadhanmu Lebih Bermakna

Ramadhan telah di pelupuk mata. Bulan mulia yang selalu dinanti umat Islam ini segera kembali menyapa. Tentu bagi para perindu tidak akan menyiakan peluang setahun sekali pertemuan ini. Persiapan mental, fisik dan keimanan harus diperhatikan.

Rabu, 16/05/2018 16:47 0

Artikel

Ucapkan Doa Ini Ketika Memasuki Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Bulan ibadah, di dalamnya terdapat stau malam yang lebih mulia dari 1000 bulan. Pada bulan Ramadhan pua setan dibelenggu. Di antara hal yang sering ditanyakan adalah adakah doa khusus untuk memasuki bulan Ramadhan?

Rabu, 16/05/2018 16:17 0

Indonesia

Ramai Aksi Teror, Direktur Pusdikham Uhamka: Publik Harus Tetap Kritis

"Ketika isu penistaan agama menguat, teror tidak muncul, namun ketika isu keislaman menguat, justru teror muncul dan mencemarkan nama baik Islam," ungkapnya dalam rilis yang diterima Kiblat.net, Selasa (15/05/2018).

Rabu, 16/05/2018 15:59 0

Indonesia

Ramadhan, Dompet Dhuafa Utus 25 Dai Dakwah ke Luar Negeri

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan.

Rabu, 16/05/2018 14:32 0

Indonesia

DPR Perlambat RUU Terorisme, Tuduhan yang Salah Alamat

“Apalagi kalau itu datangnya dari pemerintah. Tolong anda sebagai aparat pemerintah mendesak Panja pemerintah untuk segera menyelesaikan definisi terorisme tentu dengan kerangka hukum bukan rangka keinginan (sepihak, red),” jelas Syafii.

Rabu, 16/05/2018 14:13 0

Indonesia

Pemerintah Tak Ingin Ada Definisi yang Jelas dalam RUU Terorisme

Ia menduga pemerintah sebenarnya ingin diberi kebebasan untuk menetapkan siapa teroris dan siapa yang bukan teroris sesuka hatinya.

Rabu, 16/05/2018 14:01 0

Indonesia

Polisi Pastikan 4 Penyerang Mapolda Riau Tewas Ditembak

Kepolisian Daerah (Polda) Riau memastikan bahwa empat orang yang melakukan penyerangan terhadap aparat di Mapolda Riau tewas setelah ditembak polisi pada Rabu pagi (16/5).

Rabu, 16/05/2018 13:42 0

Close