... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Sasar Generasi Milenial, Sinergi Foundation Kampanyekan “Giving is Cool”

Foto: Giving is Cool

KIBLAT.NET, Bekasi – Dalam bukunya yang bertajuk GenM #GenerationMuslim: Islam Itu Keren, peneliti Middle Class Institute Yuswohady menyebut aktivitas memberi atau giving telah menjadi gaya hidup keren di kalangan milenial muslim dewasa ini.

Ia melanjutkan, isu kemanusiaan global dan persaudaraan umat Islam (ukhuwah Islamiyah) menjadi pintu masuk bagi generasi milenial muslim untuk berbagi. Ia menjelaskan, masyarakat Indonesia sebenarnya mudah tersentuh dan bereaksi cepat dengan menggalang donasi.

Dengan modal solidaritas untuk membantu sesama dan platform berbagi, masyarakat bisa berhasil menggalang dana ratusan juta rupiah untuk satu kampanye.

Hal ini pula yang menjadi perhatian CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia. Di Ramadhan kali ini, Lembaga Pengelola Wakaf, Zakat, Infaq, dan Sedekah tersebut berikhtiar  memunculkan rasa kepedulian dan menggerakan milenial muslim untuk melakukan aktivitas giving.

“Salah satu yang menonjol dari aktivitas berbuat baik di dunia digital adalah semakin tingginya kegiatan giving di tengah masyarakat. Aktivitas giving telah menjadi gaya hidup keren di kalangan milenial muslim dewasa ini,” kata Ima.

Ima pun mengutip data Yuswohady. Ia mengatakan, ungkapan ‘makin kaya, makin pintar, makin banyak memberi” dianggap pas untuk menggambarkan milenial muslim. Sebab, generasi ini sudah memiliki discretionary income yang besar.

“Pendapatan ‘menganggur’ itu tak hanya diinvestasikan untuk menambah kekayaan, tapi juga disisihkan kepada orang lain yang membutuhkan atau kekurangan,” lanjutnya.

Maka, dengan mengampanyekan Giving is Cool, Sinergi Foundation memotivasi milenial muslim untuk semakin bersemangat berbagi. Apalagi, kini tengah menginjak Ramadhan, yang dikenal sebagai bulannya berbagi.

“Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih kemuliaan di bulan Ramadhan adalah melalui zakat, infak dan sedekah,” tuturnya.

Sejumlah platform berbagi pun disiapkan untuk memudahkan berbagi. Salah satunya Zakat App, yang bisa diunduh melalui Playstore dengan sejumlah fitur antara lain: program sinergi Foundation (SF), kalkulator zakat, rekening zakat, klik donasi, dan info penyaluran donasi. Juga, donasi melalui website www.sinergifoundation.org yang diakuinya semakin mudah.

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Mesir

Kritik Pemerintah Mesir di Medsos, Seorang Ibu Ditangkap

Polisi Mesir menahan seorang wanita karena mengkritik pemerintah dalam sebuah postingan video di media sosial. Kritikan diberikan karena Pemerintah gagal melindungi perempuan dari pelecehan seksual dan kondisi ekonomi Mesir yang semakin memburuk.

Kamis, 17/05/2018 10:55 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Al-Kahfi dan Dajal – Pertarungan Iman dan Materialisme

Surah Al-Kahfi turun sebagai anti-thesis dari materialisme. Keempat kisah yang disajikan di dalamnya menghasung satu tema, kritik terhadap materialisme sekaligus mematahkannya.

Kamis, 17/05/2018 10:15 0

Arab Saudi

Saudi Bekukan Aset dan Dana Para Petinggi Syiah Hizbullah Lebanon

Dinas Keamanan Negara Saudi dalam pernyataannya yang dilansir Al-Sarq Al-Ausath, 10 orang itu terdiri dari Dewan Syura Hizbullah dan orang serta perusahaan yang aktif mendukung gerakan Syiah itu.

Kamis, 17/05/2018 09:59 0

Irak

Iran Berupaya Bentuk Koalisi Politik Syiah untuk Pimpin Iraq

Pembicaraan formal untuk membentuk koalisi pemerintahan Syiah akan dimulai setelah hasil akhir diumumkan pekan ini.

Kamis, 17/05/2018 09:20 0

Wilayah Lain

Serangan Senjata Kimia di Wilayah Oposisi di Idlib Terbukti

OPCW tidak menjelaskan pihak yang menggunakan senjata kimia di kota Saraqib itu. Kota Saraqib merupakan kota di provinsi Idlib yang dikontrol oleh oposisi.

Kamis, 17/05/2018 08:22 0

Irak

Tak Puas Hasil Pemilu, Gerilyawan Kepung Kantor KPU Kirkuk

"Beberapa petugas dalam kondisi disandera," kata Al-Badran seraya meminta pihak berwenang untuk melindungi mereka.

Kamis, 17/05/2018 07:02 0

Indonesia

Marak Aksi Teror, Pemuda Muhammadiyah Minta Kinerja Polisi Dievaluasi

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Virgo Sulianto menegaskan bahwa ia khawatir tidak ada penanganan serius dalam kasus terorisme. Sebab, sudah 16 tahun masih ada kasus tersebut.

Rabu, 16/05/2018 20:20 0

Indonesia

Ade Armando Kembali Dipolisikan, Ini Penyebabnya

Ketua Korlabi, Damai Hari Lubis mengatakan, pernyataan Ade Armando ini sama saja dengan mengatakan bahwa Rizieq dan orang-orang yang melaksanakan ajaran islam yang mengajarkan teror.

Rabu, 16/05/2018 20:15 0

Indonesia

Soal Teror Bom, Nasyiatul Aisyiah: Jangan Phobia Cadar

etua Umum Nasyiatul Aisyiah, Diah Pusputarini meminta kepada masyarakat untuk tidak berlebihan dalam menanggapi isu teror. Misalnya yaitu dengan curiga ke muslimah bercadar.

Rabu, 16/05/2018 20:02 0

Khazanah

Tujuh Hal Ini Bakal Buat Ramadhanmu Lebih Bermakna

Ramadhan telah di pelupuk mata. Bulan mulia yang selalu dinanti umat Islam ini segera kembali menyapa. Tentu bagi para perindu tidak akan menyiakan peluang setahun sekali pertemuan ini. Persiapan mental, fisik dan keimanan harus diperhatikan.

Rabu, 16/05/2018 16:47 0

Close