... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Waspadai Skenario Jahat terhadap Umat Islam

Foto: Islamofobia (ilustrasi)

KIBLAT.NET – Sungguh sedih. Itu barangkali salah satu ungkapan perasaan yang juga dirasakan oleh banyak kalangan masyarakat ketika berita pemboman di beberapa titik termasuk tiga gereja di Surabaya sampai di depan mata. Bagaimana tidak, mereka yang menjadi korban pemboman merupakan orang-orang yang hendak berangkat beribadah, yang sedang bertugas dan menjalani kehidupan lainnya seperti biasa.

Bagaimana bisa orang menjadi pelaku pemboman dan mereka masih mempunyai pemikiran untuk membunuh yang bahkan korbannya adalah saudara seagama dan warga lain yang tidak bersalah. Tentu itu adalah tindakan kejahatan, sadis dan kebodohan. Sebaiknya pula kita tidak ikut terprovokasi dan ikut framing media untuk menyalahkan Islam dan atau organisasi dakwah yang jelas-jelas melakukan dakwah tanpa kekerasan. Kita semua terlebih sebagai seorang muslim mesti memahami bahwa tindakan pemboman seperti yang terjadi di Surabaya itu tidak dibenarkan oleh Islam sedikit pun.

Dalam agama Islam seperti yang telah kita ketahui bersama, nyawa seorang manusia sangat berharga. Baik muslim maupun non muslim. Dalam fakta sejarah dan literatur Islam dijelaskan bahwa jika Khilafah sebagai sistem pemerintahan diterapkan oleh kaum muslim dan di dalamnya terdapat kafir dzimmi (non muslim yang menjadi warga negara Daulah Islam), maka darah mereka menjadi haram. Artinya mereka mendapatkan hak-hak sebagaimana warga negara muslim yang lain termasuk hak keamanan. Jangankan nyawa, ketidakadilan dan penganiayaan terhadapnya tidak dihalalkan.

BACA JUGA  Relawan KNB Blusukan Bagi-bagi Nasi Bungkus untuk Kaum Dhuafa

Syaikh Taqiyuddin dalam kitab Kepribadian Islam II berbahasa Indonesia menjelaskan bahkan penarikan jizyah (pungutan harta atas kafir dzimmi) saja haruslah dengan cara yang sopan, tidak dengan kekerasan dan penganiayaan dan harus disesuaikan dengan kemampuannya, tidak boleh didzalimi dan diambil di luar kemampuannya. Dari Hisyam bin Hakim bin Hizam, ia menemukan orang-orang yang melakukan penganiayaan dalam menarik jizyah di Palestina, lalu Hisyam berkata: saya mendengar Rasulullaah saw. bersabda: “Sesungguhnya Allaah akan menyiksa pada hari Kiamat mereka yang menyiksa manusia di dunia.”

Orang kafir dzimmi tetap diberi kebebasan untuk menjalankan keyakinan dan ibadah mereka, karena sabda Rasulullaah saw.: “ Barangsiapa yang tetap pada keyakinannya, Yahudi atau Nasrani, dia tidak boleh diganggu.” (HR. Abu ‘Ubaid). Sungguh Islam bukan ajaran terorisme dan terorisme bukanlah Islam. Maka salah besar orang-orang yang mengait-ngaitkan terorisme dengan Islam. Atas nama apapun, baik dakwah, jihad atau khilafah.

Selain pandangan Islam terhadap orang kafir, tentu dalam benak pelaku pemboman masih banyak lagi yang bertentangan dengan pemahaman Islam yang lurus seperti pemahaman tentang jihad, dakwah, khilafah dan bahkan tentang Islam itu sendiri. Mudah-mudahan Allaah memberikan kemenangan pada organisasi dakwah yang lurus, tanpa kekerasan, dan menjelaskan kebenaran Islam yang sesungguhnya. Pemboman ini hanya menyenangkan pihak-pihak tertentu yang ingin mencitraburukkan Islam. Maka kita juga perlu waspadai skenario jahat terhadap Islam dan kaum muslim di belakangnya. Semoga Islam bisa segera diterapkan di Indonesia untuk menyelamatkan Indonesia dari ancaman terorisme dan segala ancaman. Aamiin.

 

BACA JUGA  Relawan KNB Blusukan Bagi-bagi Nasi Bungkus untuk Kaum Dhuafa

Penulis: Rahmi Rahmawati, Ibu Rumah Tangga, Aktivis Dakwah

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Rohis dan Radikalisme

Jadi secara umum, wacana pemikiran setingkat Rohis SMA, sangat kecil kontribusinya dalam menumbuhkan bibit-bibit radikalisme. Banyak pembaca Sabili, Ummi, Almuslimun, yang sukses menjadi penulis dan menginspirasi banyak orang. Tidak sedikit alumni Rohis yang dulu menolak salaman selesai sholat, menolak upacara bendera, sekarang menduduki posisi strategis dalam karier mereka.

Rabu, 16/05/2018 11:51 0

Indonesia

MIUMI Lampung Serukan Boikot Produk Israel dan Amerika

MIUMI Lampung mendesak lembaga HAM Internasional untuk menangkap dan mengadili para petinggi Yahudi Israel atas pelanggaran HAM berat terhadap rakyat Palestina.

Rabu, 16/05/2018 11:35 0

Indonesia

Jelang Ramadhan, LUIS Desak Pemerintah Boyolali Terbitkan Perda Miras 

Penyusunan Perda Miras, lanjut Ketua LUIS Edi Lukito, agar bekerja sama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, ulama, pemuda dan instansi terkait.

Rabu, 16/05/2018 11:14 0

Indonesia

Jelang Ramadhan, FUI Boyolali Sambangi DPRD Ingatkan Penyakit Masyarakat

FUI Boyolali mendesak pemerintah untuk memberantas miras, transaksi narkoba, porstitusi hingga adu ayam yang melibatkan perjudian.

Rabu, 16/05/2018 09:47 0

Palestina

Di Hari Nakbah, Peluru Zionis Terus Bunuhi Warga Palestina

Bentrokan besar meletus antara warga Palestina dan tentara Israel pada Senin, hari peresmian kedutaan AS di kota Al-Quds (Yerusalem). Pembukaan kedutaan itu telah merenggut 60 nyawa warga Palestina.

Rabu, 16/05/2018 09:10 0

Suriah

Intervensi Rusia Bantu Rezim Assad Kontrol 47% Suriah

Menurut analisis lembaga yang fokus mengkaji tentang “terorisme” dan “pemberontakan” itu pada Selasa (15/05), kontrol rezim Suriah meluas sebanyak 3 kali lipat. Di bulan pertama campur tangan Rusia, wilayah rezim meluas sebanyak 16% dan pada Maret 2018 wilayahnya sudah 47%.

Rabu, 16/05/2018 08:53 0

Indonesia

Mayoritas Negara Muslim Tetapkan Kamis Awal Ramadhan

Komite pemantau hilal di Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar mengumumkan bahwa Kamis besok masuk bulan Ramadhan.

Rabu, 16/05/2018 07:46 0

Indonesia

DPR: Tolak Pasal Motif, Polisi Ingin Leluasa Tangani Teroris

Anggota Pansus Revisi UU Antiterorisme, Arsul Sani mengungkapkan perdebatan antara DPR dan pemerintah, dalam hal ini kepolisian soal definisi terorisme.

Selasa, 15/05/2018 21:31 0

Artikel

Ketika Istilah Terorisme Jadi Alat Negara

KIBLAT.NET- Menyusul aksi pembantaian oleh seorang warga kulit putih AS, Stephen Paddock, pada Ahad malam...

Selasa, 15/05/2018 21:16 0

Palestina

Hamas Sambut Keputusan Afrika Selatan Tarik Dubes untuk Israel

Harakah Muqowamah Al Islamiyah (Hamas) menyambut baik keputusan Afrika Selatan untuk menarik Duta Besar untuk Israel Sisa Ngambane. Hamas lantas menyerukan agar langkah itu diikuti oleh negara-negara lain.

Selasa, 15/05/2018 21:06 0

Close