... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Ucapkan Doa Ini Ketika Memasuki Bulan Ramadhan

Foto: Hilal Ramadhan

KIBLAT.NET – Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Bulan ibadah, di dalamnya terdapat stau malam yang lebih mulia dari 1000 bulan. Pada bulan Ramadhan pua setan dibelenggu. Karena kemuliaan bulan ini, banyak orang yang mempertanyakan rangkaian doa dan ibadah terakit bulan Ramadhan.

Termasuk yang sering ditanyakan adalah adakah doa khusus untuk memasuki bulan Ramadhan? Sejauh pengetahuan penulis, tidak ada doa khusus dari Nabi SAW yang diucapkan ketika memasuki bulan Ramadhan.

Namun, ada doa umum yang diajarkan oleh Rasul ketika seorang muslim memasuki bulan baru (melihat hilal) di setiap bulannya. Doa tersebut berbunyi :

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahu akbar, ya Allah datangkanlah bersama hilal itu bagi kami keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR. Ahmad)

Do’a ini berlaku umum, baik ketika memasuki bulan Ramadhan, maupun bulan-bulan Hijriah lainnya. Wallahu a’lam bissowab

Penulis : Aiman

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ramai Aksi Teror, Direktur Pusdikham Uhamka: Publik Harus Tetap Kritis

"Ketika isu penistaan agama menguat, teror tidak muncul, namun ketika isu keislaman menguat, justru teror muncul dan mencemarkan nama baik Islam," ungkapnya dalam rilis yang diterima Kiblat.net, Selasa (15/05/2018).

Rabu, 16/05/2018 15:59 0

Turki

Krisis Al-Quds, Turki dan Israel Saling Usir Duta Besar

Turki meminta kepada duta besar Israel untuk meninggalkan negara itu setelah pasukan Israel menewaskan 60 orang Palestina selama protes di perbatasan Gaza terhadap pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem.

Rabu, 16/05/2018 15:32 0

Indonesia

Ramadhan, Dompet Dhuafa Utus 25 Dai Dakwah ke Luar Negeri

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan.

Rabu, 16/05/2018 14:32 0

Indonesia

DPR Perlambat RUU Terorisme, Tuduhan yang Salah Alamat

“Apalagi kalau itu datangnya dari pemerintah. Tolong anda sebagai aparat pemerintah mendesak Panja pemerintah untuk segera menyelesaikan definisi terorisme tentu dengan kerangka hukum bukan rangka keinginan (sepihak, red),” jelas Syafii.

Rabu, 16/05/2018 14:13 0

Indonesia

Pemerintah Tak Ingin Ada Definisi yang Jelas dalam RUU Terorisme

Ia menduga pemerintah sebenarnya ingin diberi kebebasan untuk menetapkan siapa teroris dan siapa yang bukan teroris sesuka hatinya.

Rabu, 16/05/2018 14:01 0

Indonesia

Polisi Pastikan 4 Penyerang Mapolda Riau Tewas Ditembak

Kepolisian Daerah (Polda) Riau memastikan bahwa empat orang yang melakukan penyerangan terhadap aparat di Mapolda Riau tewas setelah ditembak polisi pada Rabu pagi (16/5).

Rabu, 16/05/2018 13:42 0

Khazanah

Khutbah Rasulullah Menjelang Ramadhan

KIBLAT.NET - Ramadhan merupakan bulan mulia yang sangat dinantikan oleh setiap muslim. Pada bulan ini, amal ibadah dilipatgandakan, pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu-pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, sementara setan-setan yang suka menggoda dibelenggu dengan rapat oleh Allah.

Rabu, 16/05/2018 13:15 0

News

Pemuda Islam Indonesia: Pemindahan Ibukota Israel ke Yerusalam Bentuk Teror pada Umat Islam

Di saat yang sama, Pemuda Islam Indonesia menolak dan mengecam keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang memindahkan ibukota negeri ilegal Israel, dari Tel Aviv ke Yerusalem, karena ini bentuk teror kepada kaum muslimin di seluruh dunia.

Rabu, 16/05/2018 12:55 0

Opini

5 Hal Perusak Puasa, Semuanya Terumbar di Media Sosial

Namun dewasa ini, ada satu tempat dimana 5 hal itu banyak terjadi. Bahkan dalam beberapa kasus, 5 hal itu dinilai sebagai suatu kewajaran di tempat tersebut. Yap, media sosial tempatnya.

Rabu, 16/05/2018 12:40 0

Indonesia

Sikapi Tragedi Gaza, DT Peduli Kirim Relawan ke Palestina

"Mohon doa dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia, semoga misi kemanusiaan ini diridhoi Allah dan dapat meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina," tutup Herman.

Rabu, 16/05/2018 12:37 0

Close