... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ramai Aksi Teror, Direktur Pusdikham Uhamka: Publik Harus Tetap Kritis

Foto: Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah, Maneger Nasution

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Pusat Studi dan Pendidikan HAM Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA (Pusdikham Uhamka), Maneger Nasution menilai bahwa kejadian teror beruntun yang terjadi belakangan ini cukup aneh. Ia menyampaikan publik harus tetap kritis menyikapinya.

“Ketika isu penistaan agama menguat, teror tidak muncul, namun ketika isu keislaman menguat, justru teror muncul dan mencemarkan nama baik Islam,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Kiblat.net, Selasa (15/05/2018).

Manager, yang juga mantan Komisioner Komnas HAM mengungkapkan, secara teori, akar masalah terorisme itu multifaktor, diantaranya adalah kemiskinan dan ketidakadilan. Kedua hal ini disebutnya sebagai hal mendasar sebagai akar terorisme.

“Menurut teori akal sehat, tidak ada orang waras yang mau bunuh diri, apalagi membunuh orang lain. Mereka melakukan karena akal dan nuraninya gelap-gulita. Kenapa gelap, karena kebodohan dan kesempitan hidup. Meskipun dalam beberapa riset, pelaku teror dan kekerasan itu ada juga diduga sebagai korban proyek intelijen,” ujarnya.

Maneger mengungkapkan, bahwa ketika situasi bangsa sedang kisruh, akal sehat publik harus tetap kritis, diantaranya adalah mendesak polisi menyampaikan hasil investigasi secara profesional, objektif dan transparan terkait kasus di Mako Brimob dan bom Surabaya.

“Terkait kekerasan di Mako Brimob, Bom Surabaya, narasi konklusinya tiba-tiba lompat. Sepertinya ada pihak tertentu yang menggunakan tragedi ini untuk mendorong mempercepat revisi UU Terorisme, bahkan mendorong-dorong Presiden menerbitkan Perppu Terorisme. Semoga Presiden tenang dan tetap menggunakan akal sehat,” ungkapnya.

BACA JUGA  Warga di Sigi Berebut Untuk Dapatkan Bantuan

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Krisis Al-Quds, Turki dan Israel Saling Usir Duta Besar

Turki meminta kepada duta besar Israel untuk meninggalkan negara itu setelah pasukan Israel menewaskan 60 orang Palestina selama protes di perbatasan Gaza terhadap pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem.

Rabu, 16/05/2018 15:32 0

Khazanah

Khutbah Rasulullah Menjelang Ramadhan

KIBLAT.NET - Ramadhan merupakan bulan mulia yang sangat dinantikan oleh setiap muslim. Pada bulan ini, amal ibadah dilipatgandakan, pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu-pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, sementara setan-setan yang suka menggoda dibelenggu dengan rapat oleh Allah.

Rabu, 16/05/2018 13:15 0

News

Pemuda Islam Indonesia: Pemindahan Ibukota Israel ke Yerusalam Bentuk Teror pada Umat Islam

Di saat yang sama, Pemuda Islam Indonesia menolak dan mengecam keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang memindahkan ibukota negeri ilegal Israel, dari Tel Aviv ke Yerusalem, karena ini bentuk teror kepada kaum muslimin di seluruh dunia.

Rabu, 16/05/2018 12:55 0

Opini

5 Hal Perusak Puasa, Semuanya Terumbar di Media Sosial

Namun dewasa ini, ada satu tempat dimana 5 hal itu banyak terjadi. Bahkan dalam beberapa kasus, 5 hal itu dinilai sebagai suatu kewajaran di tempat tersebut. Yap, media sosial tempatnya.

Rabu, 16/05/2018 12:40 0

Suara Pembaca

Waspadai Skenario Jahat terhadap Umat Islam

Pemboman ini hanya menyenangkan pihak-pihak tertentu yang ingin mencitraburukkan Islam. Maka kita juga perlu waspadai skenario jahat terhadap Islam dan kaum muslim di belakangnya. Semoga Islam bisa segera diterapkan di Indonesia untuk menyelamatkan Indonesia dari ancaman terorisme dan segala ancaman.

Rabu, 16/05/2018 12:01 0

Opini

Rohis dan Radikalisme

Jadi secara umum, wacana pemikiran setingkat Rohis SMA, sangat kecil kontribusinya dalam menumbuhkan bibit-bibit radikalisme. Banyak pembaca Sabili, Ummi, Almuslimun, yang sukses menjadi penulis dan menginspirasi banyak orang. Tidak sedikit alumni Rohis yang dulu menolak salaman selesai sholat, menolak upacara bendera, sekarang menduduki posisi strategis dalam karier mereka.

Rabu, 16/05/2018 11:51 0

Palestina

Di Hari Nakbah, Peluru Zionis Terus Bunuhi Warga Palestina

Bentrokan besar meletus antara warga Palestina dan tentara Israel pada Senin, hari peresmian kedutaan AS di kota Al-Quds (Yerusalem). Pembukaan kedutaan itu telah merenggut 60 nyawa warga Palestina.

Rabu, 16/05/2018 09:10 0

Suriah

Intervensi Rusia Bantu Rezim Assad Kontrol 47% Suriah

Menurut analisis lembaga yang fokus mengkaji tentang “terorisme” dan “pemberontakan” itu pada Selasa (15/05), kontrol rezim Suriah meluas sebanyak 3 kali lipat. Di bulan pertama campur tangan Rusia, wilayah rezim meluas sebanyak 16% dan pada Maret 2018 wilayahnya sudah 47%.

Rabu, 16/05/2018 08:53 0

Artikel

Ketika Istilah Terorisme Jadi Alat Negara

KIBLAT.NET- Menyusul aksi pembantaian oleh seorang warga kulit putih AS, Stephen Paddock, pada Ahad malam...

Selasa, 15/05/2018 21:16 0

Palestina

Hamas Sambut Keputusan Afrika Selatan Tarik Dubes untuk Israel

Harakah Muqowamah Al Islamiyah (Hamas) menyambut baik keputusan Afrika Selatan untuk menarik Duta Besar untuk Israel Sisa Ngambane. Hamas lantas menyerukan agar langkah itu diikuti oleh negara-negara lain.

Selasa, 15/05/2018 21:06 0

Close