... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Khutbah Rasulullah Menjelang Ramadhan

Foto: ramadhan

KIBLAT.NET – Ramadhan merupakan bulan mulia yang sangat dinantikan oleh setiap muslim. Pada bulan ini, amal ibadah dilipatgandakan, pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu-pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, sementara setan-setan yang suka menggoda dibelenggu dengan rapat oleh Allah.

Sehingga bulan ini bisa disebut sebagai hadiah dari Allah Ta’ala kepada setiap umat Nabi Muhammad SAW. Karena itu, Rasulullah senantiasa mengingatkan para sahabat setiap kali menjelang datangnya bulan Ramadhan. Abu Hurairah Radhiyallahu a’nhu dalam sebuah riwayat berkata; Ketika bulan Ramadhan tiba, Rasulullah SAW bersabda:

قَدْ جَآءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ اِفْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلُّ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ (رواه النسائى وأحمد)

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, di dalamnya Allah mewajibkan kalian berpuasa, di dalamnya pintu-pintu surga dibuka lebar-lebar dan pintu-pintu neraka ditutup rapat-rapat serta setan-setan dibelenggu. Pada bulan Ramadhan, ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, dan barangsiapa tidak mendapati malam itu maka dia telah kehilangan pahala seribu bulan.” (HR. Nasa’i dan Ahmad)

Dalam riwayat lain yang lebih panjang, sahabat Salman al-Farisi mengisahkan bahwa Rasulullah SAW berceramah kepada kami pada akhir bulan Sya’ban:

“Wahai manusia, sungguh telah dekat kepada kalian. Bulan yang agung lagi penuh berkah, bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, bulan yang Allah telah menjadikan puasa di dalamnya sebagai kewajiban dan bangun malam sebagai sunnah.

Barangsiapa yang mendekatkan diri di dalamnya dengan melakukan amalan sunnah, maka seperti orang yang melakukan amalan wajib pada bulan lainnya. Dan barangsiapa yang melakukan amalan wajib di dalamnya, maka seperti orang yang melakukan tujuh puluh amalan wajib di dalamnya pada bulan lainnya.

Ia merupakan bulan kesabaran, sedangkan pahala sabar adalah surga. Ia adalah bulan kedermawanan. Dan bulan saat rezeki orang mukmin akan ditambahkan. Barangsiapa pada bulan tersebut memberi (makanan/minuman) untuk berbuka kepada orang yang berpuasa, maka itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan pembebasan bagi dirinya dari api neraka serta baginya pahala yang sama dengan pahala orang yang diberi (makanan/minuman) tersebut dengan tanpa mengurangi pahala orang itu sedikit pun.”

Para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, tidak setiap orang dari kami mempunyai makanan untuk diberikan kepada orang yang berbuka berpuasa?’

Beliau menjawab, ‘Allah akan memberikan pahala kepada orang yang memberi (makanan/minuman) berbuka puasa walaupun hanya dengan sebutir kurma, seteguk air, ataupun sesisip susu. Barangsiapa memberi minum orang yang berpuasa maka Allah akan memberi ampunan bagi dosa-dosanya, dan Allah akan memberi seteguk air minum dari telagaku, dimana dia tidak akan merasakan haus (selamanya) sampai dia masuk surga serta baginya pahala yang sama dengan pahala orang yang diberi minuman tersebut dengan tanpa mengurangi pahala orang itu sedikit pun’,” (HR. Baihaqi)

 

Redaktur: Fakhruddin

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Pemuda Islam Indonesia: Pemindahan Ibukota Israel ke Yerusalam Bentuk Teror pada Umat Islam

Di saat yang sama, Pemuda Islam Indonesia menolak dan mengecam keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang memindahkan ibukota negeri ilegal Israel, dari Tel Aviv ke Yerusalem, karena ini bentuk teror kepada kaum muslimin di seluruh dunia.

Rabu, 16/05/2018 12:55 0

Opini

5 Hal Perusak Puasa, Semuanya Terumbar di Media Sosial

Namun dewasa ini, ada satu tempat dimana 5 hal itu banyak terjadi. Bahkan dalam beberapa kasus, 5 hal itu dinilai sebagai suatu kewajaran di tempat tersebut. Yap, media sosial tempatnya.

Rabu, 16/05/2018 12:40 0

Indonesia

Sikapi Tragedi Gaza, DT Peduli Kirim Relawan ke Palestina

"Mohon doa dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia, semoga misi kemanusiaan ini diridhoi Allah dan dapat meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina," tutup Herman.

Rabu, 16/05/2018 12:37 0

Indonesia

Pesantren Darul Arqom Patean: Siska Korban Ajakan Pihak Luar Melalui Media Sosial

Pimpinan Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal Drs. KH Iskhaq mengkonfirmasi bahwa salah seorang dari Duo Siska, yang dituding polisi hendak menyerang Mako Brimob beberapa waktu lalu merupakan santrinya yang telah lulus sedang dalam masa pengabdian.

Rabu, 16/05/2018 12:27 0

Suara Pembaca

Waspadai Skenario Jahat terhadap Umat Islam

Pemboman ini hanya menyenangkan pihak-pihak tertentu yang ingin mencitraburukkan Islam. Maka kita juga perlu waspadai skenario jahat terhadap Islam dan kaum muslim di belakangnya. Semoga Islam bisa segera diterapkan di Indonesia untuk menyelamatkan Indonesia dari ancaman terorisme dan segala ancaman.

Rabu, 16/05/2018 12:01 0

Opini

Rohis dan Radikalisme

Jadi secara umum, wacana pemikiran setingkat Rohis SMA, sangat kecil kontribusinya dalam menumbuhkan bibit-bibit radikalisme. Banyak pembaca Sabili, Ummi, Almuslimun, yang sukses menjadi penulis dan menginspirasi banyak orang. Tidak sedikit alumni Rohis yang dulu menolak salaman selesai sholat, menolak upacara bendera, sekarang menduduki posisi strategis dalam karier mereka.

Rabu, 16/05/2018 11:51 0

Indonesia

MIUMI Lampung Serukan Boikot Produk Israel dan Amerika

MIUMI Lampung mendesak lembaga HAM Internasional untuk menangkap dan mengadili para petinggi Yahudi Israel atas pelanggaran HAM berat terhadap rakyat Palestina.

Rabu, 16/05/2018 11:35 0

Indonesia

Jelang Ramadhan, LUIS Desak Pemerintah Boyolali Terbitkan Perda Miras 

Penyusunan Perda Miras, lanjut Ketua LUIS Edi Lukito, agar bekerja sama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, ulama, pemuda dan instansi terkait.

Rabu, 16/05/2018 11:14 0

Indonesia

Jelang Ramadhan, FUI Boyolali Sambangi DPRD Ingatkan Penyakit Masyarakat

FUI Boyolali mendesak pemerintah untuk memberantas miras, transaksi narkoba, porstitusi hingga adu ayam yang melibatkan perjudian.

Rabu, 16/05/2018 09:47 0

Palestina

Di Hari Nakbah, Peluru Zionis Terus Bunuhi Warga Palestina

Bentrokan besar meletus antara warga Palestina dan tentara Israel pada Senin, hari peresmian kedutaan AS di kota Al-Quds (Yerusalem). Pembukaan kedutaan itu telah merenggut 60 nyawa warga Palestina.

Rabu, 16/05/2018 09:10 0

Close