... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI: Jangan Israf dan Tabzir di Bulan Ramadhan

Foto: Gedung MUI Pusat.

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Prof. Huzaimah Tohido Yanggo mengimbau umat Islam untuk tidak melakukan Israf (berlebihan) dalam bulan Ramadhan. Sementara itu, Ketua MUI Bidang Komunikasi dan Informasi, Masduki Baidlowi menyayangkan banyaknya tabzir (pemborosan) yang terjadi di bulan Ramadhan.

“Ada orang yang pada siang hari puasa, tapi setelah datang waktu berbuka semua dimakan seperti harimau kelaparan. Alasannya karena besok puasa. Itulah yang namanya Israf, Mubadzir,” ungkapnya di gedung MUI, Jakarta, Selasa (15/05/2018).

“Tujuan puasa agar untuk merasakan penderitaan fakir miskin yang tidak tiap hari mendapatkan makanan. Agar kita nantinya ikhlas mengeluarkan zakat fitrah,” imbuhnya.

Selain mengenai Israf, Huzaimah juga menyoroti tentang informasi hoaks di bulan Ramadhan. Menurutnya, hoaks yang merupakan berita bohong dapat menjadikan puasa sia-sia.

“Kita dalam berpuasa harus menjaga mulut dan yang lainnya, sehingga tidak ada lagi itu hoaks yang beredar,” ujar Huzaimah.

“Ada 5 hal yang disebutkan oleh Rasulullah dapat menghilangkan pahala puasa, yaitu bergunjing, adu domba, berbohong, sumpah palsu, dan melihat dengan nafsu,” tuturnya.

Umat Islam dalam waktu dekat akan menjumpai bulan Ramadhan. Ormas Muhammadiyah telah menetapkan awal bulan Ramadhan 1439 H jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018. Sementara sejumlah kalangan muslim masih menunggu munculnya hilal untuk menentukan permulaan Ramadhan.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Ini Solusi Krisis Al-Quds Menurut Organisasi Al-Qaidah

“Inilah jalan untuk membebaskan Palestina dan seluruh negara Islam lainnya dan untuk menegakkan Syariat dan khilafah. Yaitu, melalui dakwah penegakkan Syariat, bersatu di atas kalimat Tauhid dan jihad di jalan Allah,” tegasnya.

Selasa, 15/05/2018 14:00 0

Amerika

Skandal Kekerasan Seksual dan Narkoba di Tubuh Navy SEAL

Sejumlah komandan dan penasihat senior tim Navy SEAL Virginia yang ditempatkan di Afrika Timur dibebaskan dari tugas mereka karena diduga melakukan kekerasan dan pelecehan seksual.

Selasa, 15/05/2018 13:32 0

Palestina

33 Perwakilan Negara Hadir dalam Peresmian Kedutaan AS di Al-Quds, Ini Daftarnya

Amerika Serikat telah secara resmi membuka kedutaan besarnya di Al-Quds (Yerusalem) di tengah aksi-aksi protes mematikan di Jalur Gaza.

Selasa, 15/05/2018 12:12 0

Video Kajian

Tiga Hamba yang Celaka, Salah Satunya di Bulan Ramadhan!

Tiga Hamba yang Celaka, Salah Satunya di Bulan Ramadhan! Suatu hari, Rasulullah SAW menaiki tangga mimbar yang pertama, beliau berkata, “Amin.” Ketika beliau menaiki tangga yang kedua, beliau pun berkata, “Amin.” Ketika beliau menaiki tangga yang ketiga, beliau pun berkata, “Amin.”

Selasa, 15/05/2018 11:41 0

Suriah

Konferensi Astana Kembali Digelar, Oposisi Fokus Lindungi Idlib

Sebenarnya oposisi sudah tidak percaya lagi dengan Rusia. Akan tetapi, yang meyakinkan oposisi untuk kembali hadir dalam putaran Astana ke-9 ini karena adanya jaminan kuat dari internasional melalui Turki.

Selasa, 15/05/2018 09:17 0

Palestina

AS Resmi Pindah Kedutaan untuk Israel ke Al-Quds

Pemindahan kedutaaan dari Tel Aviv ke Al-Quds ini sesuai dengan keputusan Presiden AS Donald Trump pada Desember lalu, yang mengakui Al-Quds ibukota Israel.

Selasa, 15/05/2018 08:16 0

Palestina

Puluhan Warga Palestina Gugur di Tangan Israel, AS Salahkan Hamas

Para korban itu tewas di hari pemindahan kedutaan AS ke Al-Quds. Mereka menggelar protes yang berujung bentrok dengan tentara zionis

Selasa, 15/05/2018 07:44 0

Palestina

41 Tewas dan 1.700 Terluka di Hari Pembukaan Kedutaan AS di Al-Quds

Seluruh korban tewas dan luka-luka di tangan tentara Israel. Mereka menggelar aksi protes untuk mengutuk pemindahan kedutaan Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds

Selasa, 15/05/2018 06:33 0

Amerika

Kelompok Anti-Islam AS Serukan Awasi Sekolah-sekolah Muslim

ACT adalah salah satu kelompok anti-Islam terbesar di AS. Kelompok yang dibentuk pada 2007 oleh Brigitte Gabriel itu disebut memiliki lebih dari 750.000 anggota. Mereka mengklaim keberadaannya untuk melindungi "keamanan nasional".

Senin, 14/05/2018 21:33 0

Palestina

Al-Zawahiri: Krisis Al-Quds Ungkap Wajah AS Sebenarnya

Hal itu diungkapkannya dalam video lima menit yang dikeluarkan pada Ahad (13/05), seperti dilansir Al-Jazeera. Pengganti Usamah bin Ladin ini juga menuduh pemerintah Palestina “menjual Palestina”.

Senin, 14/05/2018 20:41 0

Close