... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

BNN: Narkoba Tewaskan 40 Orang Indonesia Tiap Hari

Foto: Narkoba

KIBLAT.NET, Medan – Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap data mengejutkan terkiat dampak buruk yang ditimbulkan oleh narkotika dan obat-obat berbahaya atau narkoba. Sebanyak 40 orang Indonesia meninggal akibat narkoba setiap harinya.

Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Arman Depari mengungkapkan saat ini sekitar 2,2 persen dari total 262 juta jiwa penduduk Indonesia telah terkontaminasi narkoba. Jika mengacu standar internasional, suatu negara dinyatakan darurat narkoba jika 2 persen penduduknya telah mengkonsumsi narkoba.

Menurutnya, sebayak 37-40 orang di Indonesia meninggal dunia setiap harinya akibat dampak buruk narkoba. “Memang tidak secara langsung, tapi sebahagian besar meninggal karena penyakit yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi narkoba,” kata Arman dalam diskusi publik yang digelar Forum Jurnalis Medan dan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) di Kampus UISU Jalan Sisingamangaraja, Medan pada Jumat (11/5/2018).

Arman menambahkan selain Jakarta, daerah yang pling rawan peredaran narkoba adalah Pantai Timur Sumatera. Seperti dikutip Okezone, wilayah itu tersebar mulai dari Aceh hingga Lampung. Banyaknya pelabuhan-pelabuhan tikus yang menjadi sasaran masuknya narkoba dari luar negeri menjadi penyebabnya.

“Sasaran yang paling besar, daerah transit yang paling banyak adalah Sumut. Karena banyaknya pelabuhan ilegal dan juga pegawasan di garis pantai kita yang relatif lemah,” ungkapnya.

Arman mengaku BNN sudah banyak melakukan koordinasi dengan berbagai instansi. Menurutnya, instansi lain tampaknya belum menjadikan pemberantasan narkoba sebagai agenda utama. Banyak instansi yang dinilainya belum satu visi dalam program itu.

BACA JUGA  Akhirnya, Fahri Hamzah Dirikan Partai Politik

“Kita sudah berupaya untuk kerja sama, dari Bea Cukai, Angkatan Laut, Kementrian Kemaritiman, Kementrian Perikanan, mungkin ini kelihatannya belum begitu padu. Sedangkan BNN sendiri tidak punya peralatan lengkap. Apalagi BNN walau pun sekarang menjadi leading sector, tetapi belum menjadi central of command,” tandas Arman.

Dia pun mengakui BNN belum punya perpaduan apik dengan instansi lain untuk memberantas narkoba. “Ini memang belum padu, dan masih ada ego-ego sektoral. Ini yang akan kami padukan, termasuk dengan para civitas akademika,” pungkasnya.

Sumber: Okezone
Redaktur: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Operasi Al-Khandaq Taliban Berlanjut, Pasukan Afghanistan Rugi Besar

Serangan Imarah Islam Taliban terbaru menewaskan sedikitnya 41 aparat polisi dan tentara

Sabtu, 12/05/2018 11:42 0

Amerika

AS Kerahkan Aramada Laut ke Suriah

Kapal induk USS Harry Truman dilaporkan telah bergabung dengan Armada ke-6 AS pada tanggal 18 April lalu, sebagaimana dilansir Reuters pada hari Selasa (08/05). Kedatangan USS Harry Truman itu terjadi sepekan setelah serangan udara AS, Inggris, dan Perancis yang menargetkan sejumlah fasilitas militer rezim Suriah.

Sabtu, 12/05/2018 07:15 0

Afghanistan

Calon Peserta Pemilu Afghanistan Dihantui Teror

Serangan ini sebagai upaya kelompok-kelompok bersenjata di negara itu mengagalkan pemilu.

Jum'at, 11/05/2018 16:46 0

Irak

Para Komandan ISIS Dijebak dengan Smartphone Milik Ajudan Al-Baghdadi

Hashimi menyebut Eithawi sebagai ajudan pribadi pemimpin ISIS, yang bertanggung jawab untuk mentrasfer dana ke rekening bank kelompok di berbagai negara.

Jum'at, 11/05/2018 14:19 0

Yaman

Pemimpin Pemberontak Hutsi Dilaporkan Akan Menyelamatkan Diri ke Iran

Pemimpin pemberontak Syiah Hutsi dilaporkan tengah berusaha mencari jalan untuk menyelamatkan diri ke Iran guna menghindari pembunuhan atas dirinya.

Jum'at, 11/05/2018 13:40 0

Afrika

Tanggapi Rencana Operasi AQIM, Presiden Mali: Ini Ancaman Serius

“Ini ancaman serius,” katanya singkat seraya menegaskan akan memerangi AQIM dan semua kelompok-kelompok “teorir”.

Jum'at, 11/05/2018 11:22 0

Irak

Via Telegram Rekan yang Tertangkap, Empat Pejabat ISIS Terjaring

Mereka digiring ke luar Suriah untuk menuju Iraq. Setelah sampai, intelijen Iraq dan AS berhasil menangkap mereka.

Jum'at, 11/05/2018 10:00 0

Lebanon

Menang Pemilu, Syiah Hizbullah Kian Cengkeram Lebanon

Kelompok penentang utama Lebanon adalah Gerakan Al-Mustaqbal, yang berideologi Sunni. Gerakan yang mendapat dukungan dari Barat dan sejumlah negara Timur Tengah ini mendapat 20 kursi.

Jum'at, 11/05/2018 08:52 0

Rusia

Hubungan Turki dan Rusia Lebih Dekat dari Sebelumnya

Bersama dengan Iran, kedua negara meluncurkan pembicaraan Astana, yang kesembilannya diperkirakan akan diadakan minggu depan.

Jum'at, 11/05/2018 08:40 0

Afrika

AQIM Gencarkan Operasi Menargetkan Sumber Kekayaan Asing

AQIM memperingatkan kepada warga Muslim untuk tidak mendekati lokasi-lokasi perusahaan asing. Hal itu untuk menghindari terdampat serangan yang diluncurkan mujahidin.

Jum'at, 11/05/2018 06:40 0

Close