Via Telegram Rekan yang Tertangkap, Empat Pejabat ISIS Terjaring

KIBLAT.NET, Washington – Presiden AS Donald Trump mengumumkan, Kamis (10/05), sedikitnya lima komandan penting Organisasi Daulah Islam (ISIS) berhasil ditangkap di Iraq. Di waktu bersamaan, pemerintah Iraq mengumumkan bahwa petugas intelijen Iraq berhasil menangkap seorang pembantu Abu Bakar Al-Baghdadi dan menggunakan ponsel pintar milik tersangka untuk menjaring empat komandan ISIS lainnya.

Penasihat Keamanan Iraq, Hisyam Al-Hasyimi, mengungkapkan kepada Reuters bahwa penangkapan lima komandan ISIS yang diumumkan AS itu berawal dari penangkapan Ismail Al-Itsawi oleh pihak berwenang Turki. Itsawi yang memiliki nama julukan Abu Zaid Al-Iraqi itu ditangkap pada Februari lalu dan diserahkan kepada dinas intelijen Iraq.

Hasyimi menggambarkan, Itsawi merupakan asisten yang berhubungan langsung Al-Baghdadi. Dia bertugas menstransfer dana ke rekening ISIS di sejumlah negara.

Pejabat intelijen Iraq memanfaatkan smartphone yang dimilikinya untuk menjaring rekan-rekannya. Melalui aplikasi Telegram, empat rekan Itsawi berhasil digiring melintasi perbatasan dari Suriah ke Iraq. Intelijen berhasil menangkap mereka di dalam wilayah Iraq.

Dia menunjukkan, identitas empat pejabat ISIS itu Saddam Al-Jamal, warga negara Suriah yang menjabat pemimpin ISIS di wilayah Eufrat Timur. Hasyimi menjelaskan bahwa Itsawi dan Al-Jamal merupakan komandan ISIS paling penting dalam penangkapan ini.

“Operasi ini atas kerjasama dengan intelijen AS dan Turki,” ujar Hasyimi.

Dia menambahkan bahwa petugas intelijen Iraq dan AS berhasil mengungkap rekening ISIS dan seluruh kode yang digunakannnya setelah menangkap Itsawi.

Sementara identitas tiga lainnya diketahui bernama Muhammad Husain Al-Qadir (komandan lapangan ISIS warga Suriah), Umar Syahab Al-Karbuli dan Isyam Abdul Qadir. Keduanya warga negara Iraq.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat