... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Via Telegram Rekan yang Tertangkap, Empat Pejabat ISIS Terjaring

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Washington – Presiden AS Donald Trump mengumumkan, Kamis (10/05), sedikitnya lima komandan penting Organisasi Daulah Islam (ISIS) berhasil ditangkap di Iraq. Di waktu bersamaan, pemerintah Iraq mengumumkan bahwa petugas intelijen Iraq berhasil menangkap seorang pembantu Abu Bakar Al-Baghdadi dan menggunakan ponsel pintar milik tersangka untuk menjaring empat komandan ISIS lainnya.

Penasihat Keamanan Iraq, Hisyam Al-Hasyimi, mengungkapkan kepada Reuters bahwa penangkapan lima komandan ISIS yang diumumkan AS itu berawal dari penangkapan Ismail Al-Itsawi oleh pihak berwenang Turki. Itsawi yang memiliki nama julukan Abu Zaid Al-Iraqi itu ditangkap pada Februari lalu dan diserahkan kepada dinas intelijen Iraq.

Hasyimi menggambarkan, Itsawi merupakan asisten yang berhubungan langsung Al-Baghdadi. Dia bertugas menstransfer dana ke rekening ISIS di sejumlah negara.

Pejabat intelijen Iraq memanfaatkan smartphone yang dimilikinya untuk menjaring rekan-rekannya. Melalui aplikasi Telegram, empat rekan Itsawi berhasil digiring melintasi perbatasan dari Suriah ke Iraq. Intelijen berhasil menangkap mereka di dalam wilayah Iraq.

Dia menunjukkan, identitas empat pejabat ISIS itu Saddam Al-Jamal, warga negara Suriah yang menjabat pemimpin ISIS di wilayah Eufrat Timur. Hasyimi menjelaskan bahwa Itsawi dan Al-Jamal merupakan komandan ISIS paling penting dalam penangkapan ini.

“Operasi ini atas kerjasama dengan intelijen AS dan Turki,” ujar Hasyimi.

Dia menambahkan bahwa petugas intelijen Iraq dan AS berhasil mengungkap rekening ISIS dan seluruh kode yang digunakannnya setelah menangkap Itsawi.

BACA JUGA  Selain Suriah, Turki Juga Gelar Operasi Militer di Irak

Sementara identitas tiga lainnya diketahui bernama Muhammad Husain Al-Qadir (komandan lapangan ISIS warga Suriah), Umar Syahab Al-Karbuli dan Isyam Abdul Qadir. Keduanya warga negara Iraq.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

#Aksi115: Makan Gratis Sepuasnya, Sedekah Sebanyak-banyaknya

Komunitas Nasi Jumat (Sijum) menyediakan makan pagi dan siang bagi para peserta #Aksi115 Bela Baitul Maqdis yang hadir di Monas, Jakarta, Jumat (11/05/2018).

Jum'at, 11/05/2018 09:33 0

Indonesia

Di Atas Kursi Roda, Kakek Andi Siap Berkorban untuk Palestina

Jauhnya perjalanan dan buruknya kondisi kesehatan tak menghalangi H. Andi Syamsul Bahri untuk menghadiri #Aksi115 Bebaskan Baitul Maqdis di Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Jum'at, 11/05/2018 09:20 0

Indonesia

Apa Kata Teuku Wisnu Soal #Aksi115 Bela Baitul Maqdis?

Artis Teuku Wisnu ikut menjadi peserta #Aksi115 Bela Baitul Maqdis di Monas hari ini. Ia menegaskan bahwa aksi ini sebagai bentuk keberpihakan kepada umat Islam Palestina.

Jum'at, 11/05/2018 08:30 0

Indonesia

#Aksi115 Bela Baitul Maqdis, Ratusan Polisi Jaga Kedubes AS

Ribuan personel kepolisian diterjunkan untuk mengamankan #Aksi115 Bela Baitul Maqdis yang berpusat di Monas pada Jumat (11/05/2018). 

Jum'at, 11/05/2018 07:16 0

Indonesia

UBN: Bersungguh-sungguhlah Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

“Kita atas nama rakyat Indonesia bersatu menuntut kepada Trump dan sekutunya untuk tidak semena-mena,” sambungnya.

Jum'at, 11/05/2018 07:04 0

Indonesia

Buntut Bentrok Mako Brimob, 155 Napi Teroris Dipindah ke LP Nusakambangan

Warga Kampung Baru, Kelapa Dua, Depok menyebutkan bahwa pada pukul 08.30 pagi, lewat iring-iringan mobil polisi dan minibus yang diduga membawa para napi ke LP Nusakambangan.

Jum'at, 11/05/2018 06:26 0

Indonesia

#Aksi115 Bela Baitul Maqdis, Umat Islam Berduyun-duyun Menuju Monas

Di depan panggung utama pun penuh sesak oleh peserta aksi. Berbagai LSM sudah membagikan air mineral, teh atau kopi hangat, bahkan hidangan untuk sarapan.

Jum'at, 11/05/2018 06:03 0

Indonesia

PP LIDMI Instruksikan Anggotanya Ikut Aksi Bela Palestina

Pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerussalem yang direncanakan pada 14 Mei 2018 ini, terus menuai polemik. Berbagai kecaman dilontarkan menolak rencana tersebut.

Kamis, 10/05/2018 21:27 0

Indonesia

Perihal Status Al-Quds, Indonesia Diminta Bersikap Tegas

Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Irfan Ahmad Fauzi menegaskan bahwa Indonesia harus memberikan sikap yang tegas soal pemindahan Ibukota Israel ke Al-Quds.

Kamis, 10/05/2018 21:15 0

Indonesia

Keterlibatan ISIS Tak Terbukti, Kericuhan di Mako Brimob Dipicu Makanan

Karopenmas Div Humas Mabes Polri, Brigadir Jendral Muhammad Iqbal menegaskan dalam konferensi pers bahwa insiden Mako Brimob yang telah menewaskan 6 orang dipicu karena masalah makanan milik tahanan yang tak diserahkan langsung karena diperiksa oleh polisi.

Kamis, 10/05/2018 20:56 0

Close