... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pemimpin Pemberontak Hutsi Dilaporkan Akan Menyelamatkan Diri ke Iran

Foto: Abdul Malik Al-Hutsi.

KIBLAT.NET, Saada – Pemimpin pemberontak Syiah Hutsi dilaporkan tengah berusaha mencari jalan untuk menyelamatkan diri ke Iran guna menghindari pembunuhan atas dirinya. Sebagaimana laporan Yemen Today bahwa upaya “diam-diam” para pejabat Hutsi merelokasi pemimpin mereka, Abdul Malik al-Hutsi, dari provinsi Saada itu dilakukan setelah tentara nasional Yaman (YNA) sedang bergerak maju ke kota asal al-Hautsi di Maran.

Masih menurut Yemen Today, sejumlah sumber berspekulasi bahwa Abdul Malik al-Hutsi akan menuju Iran atas dukungan sejumlah perwira intelijen Iran untuk mencegah risiko pembunuhan yang direncanakan oleh koalisi pimpinan Saudi. Sebelumnya, koalisi pimpinan Saudi melancarkan serangan udara ke markas Abdul Malik yang akhirnya memaksa pimpinan Hutsi itu menyelamatkan diri ke daerah pegunungan di utara Yaman.

Dalam beberapa hari terakhir, militer Yaman telah meraih kemajuan di kantong Hutsi di Saada dengan dukungan udara koalisi Saudi. Nampaknya, koalisi sedang meniru strategi AS ketika menghadapi Al-Qaidah di Semenanjung Arabia (AQAP) selama 1 dekade terakhir, dengan cara menyingkirkan para pemimpin Hutsi satu per satu.

Awal pekan lalu pasukan koalisi Saudi melancarkan serangan udara ke kompleks istana presiden yang dikuasai Hutsi di Sanaa. Juru bicara koalisi, Turki al-Maliki, mengklaim intelijen mereka telah mendeteksi kehadiran sejumlah ring 1 dan 2 pemimpin Hutsi di lokasi yang kemudian menginisiasi operasi yang lebih luas terhadap pemberontak Syiah Hutsi.

BACA JUGA  Iran Mulai Mengakui Dukungan untuk Pemberontak Syiah Hutsi Yaman

Selama ini pemerintah AS mendukung koalisi Saudi secara militer dengan bantuan logistik dan suplai BBM. Hal itu memicu spekulasi apakah serangan terbaru yang menargetkan Abdul Malik al-Hutsi itu juga atas dukungan Amerika. Bulan lalu, pemimpin politik Hautsi, Saleh al-Samad, tewas akibat serangan drone setelah mendapat informasi intelijen dari Amerika.

Sumber: Middle East Monitor
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Wakil Ketua MPR: Mengusir Dubes AS Sulit Dilakukan

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid mengungkapkan bahwa tindakan pengusiran dubes AS dari Indonesia sebagai langkah tegas menolak keputusan Donald Trump nampaknya sulit dilakukan.

Jum'at, 11/05/2018 13:06 0

Indonesia

Prof. Nabila Lubis: Harus Ada Aksi Menyakitkan Terhadap Israel dan Pendukungnya

“Kita harus ada aksi, kalau kumpul-kumpul saja nggak ada hasilnya. Itulah yang kita perlu pikirkan apa yang perlu kita lakukan untuk Israel,” katanya saat berorasi di panggung #Aksi115 Bela Baitul Maqdis di Monas pada Jumat (11/05/2018).

Jum'at, 11/05/2018 11:20 0

Indonesia

Soal Palestina, Irwansyah Minta Pemerintah Beri Tekanan ke Amerika

Artis Irwansyah menegaskan bahwa pemerintah harus memberikan tekanan kepada Amerika Serikat agar tidak memindahkan kedutaannya ke Yerusalem (Al-Quds). Sebab, Indonesia merupakan negara muslim terbesar.

Jum'at, 11/05/2018 10:33 0

Indonesia

Merapi Alami Letusan Freatik, BPPTKG Laporkan Kondisi Terkini

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan bahwa Gunung Merapi mengalami erupsi pada Jumat (11/05/2018) pukul 7:40 WIB. Erupsi disertai gempa selama 5 menit.

Jum'at, 11/05/2018 10:03 1

Indonesia

#Aksi115: Makan Gratis Sepuasnya, Sedekah Sebanyak-banyaknya

Komunitas Nasi Jumat (Sijum) menyediakan makan pagi dan siang bagi para peserta #Aksi115 Bela Baitul Maqdis yang hadir di Monas, Jakarta, Jumat (11/05/2018).

Jum'at, 11/05/2018 09:33 0

Indonesia

Di Atas Kursi Roda, Kakek Andi Siap Berkorban untuk Palestina

Jauhnya perjalanan dan buruknya kondisi kesehatan tak menghalangi H. Andi Syamsul Bahri untuk menghadiri #Aksi115 Bebaskan Baitul Maqdis di Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Jum'at, 11/05/2018 09:20 0

Indonesia

Apa Kata Teuku Wisnu Soal #Aksi115 Bela Baitul Maqdis?

Artis Teuku Wisnu ikut menjadi peserta #Aksi115 Bela Baitul Maqdis di Monas hari ini. Ia menegaskan bahwa aksi ini sebagai bentuk keberpihakan kepada umat Islam Palestina.

Jum'at, 11/05/2018 08:30 0

Indonesia

#Aksi115 Bela Baitul Maqdis, Ratusan Polisi Jaga Kedubes AS

Ribuan personel kepolisian diterjunkan untuk mengamankan #Aksi115 Bela Baitul Maqdis yang berpusat di Monas pada Jumat (11/05/2018). 

Jum'at, 11/05/2018 07:16 0

Indonesia

UBN: Bersungguh-sungguhlah Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

“Kita atas nama rakyat Indonesia bersatu menuntut kepada Trump dan sekutunya untuk tidak semena-mena,” sambungnya.

Jum'at, 11/05/2018 07:04 0

Indonesia

Buntut Bentrok Mako Brimob, 155 Napi Teroris Dipindah ke LP Nusakambangan

Warga Kampung Baru, Kelapa Dua, Depok menyebutkan bahwa pada pukul 08.30 pagi, lewat iring-iringan mobil polisi dan minibus yang diduga membawa para napi ke LP Nusakambangan.

Jum'at, 11/05/2018 06:26 0

Close