... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Para Komandan ISIS Dijebak dengan Smartphone Milik Ajudan Al-Baghdadi

Foto: Anggota ISIS warga negara asing

KIBLAT.NET, Baghdad – Pihak intelijen Iraq menahan seorang pembantu penting pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. Setelah itu, mereka menggunakan sebuah aplikasi di handphone-nya untuk memancing empat komandan kelompok itu ke dalam perangka.

“Ismail al-Eithawi, yang juga menggunakan alias Abu Zaid al-Iraqi, ditangkap pada bulan Februari di Turki oleh pihak berwenang Turki dan diserahkan kepada pemerintah Iraq,” kata penasihat keamanan Iraq Hisham al-Hashimi kepada Reuters, Kamis (10/05/2018).

Hashimi menyebut Eithawi sebagai ajudan pribadi pemimpin ISIS, yang bertanggung jawab untuk mentrasfer dana ke rekening bank kelompok di berbagai negara.

Intel Iraq menggunakan aplikasi pesan Telegram pada ponsel Eithawi. Para komandan ISIS diminta untuk menyeberangi perbatasan dari Suriah ke Iraq, di mana mereka ditangkap. Mereka yang ditahan termasuk Saddam Jamal, warga Suriah yang menjabat gubernur kelompok wilayah Euphrates timur Suriah.

Hashimi menggambarkan Eithawi dan Jamal sebagai dua tokoh ISIS paling senior yang pernah ditangkap hidup-hidup. Penangkapan kelima diumumkan di televisi negara Iraq pada hari Rabu.

Hashimi mengatakan operasi itu dilakukan bekerja sama dengan pasukan AS, bagian dari koalisi pimpinan Amerika melawan ISIS di perbatasan Iraq-Suriah.

“Setelah penangkapan Eithawi, agen intelijen Iraq dan Amerika mengungkap rekening bank yang digunakan oleh kelompok beserta kode komunikasi rahasia yang dia gunakan,” katanya.

Selain Eithawi dan Jamal, tiga komandan lapangan ISIS juga ditangkap, yakni Syiria Mohamed al-Qadeer dan dua warga Irak, Omar al-Karbouli dan Essam al-Zawbai.

BACA JUGA  Pakar Jihadis Irak Tewas Ditembak Orang Misterius

Sumber: Reuters
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Wakil Ketua MPR: Mengusir Dubes AS Sulit Dilakukan

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid mengungkapkan bahwa tindakan pengusiran dubes AS dari Indonesia sebagai langkah tegas menolak keputusan Donald Trump nampaknya sulit dilakukan.

Jum'at, 11/05/2018 13:06 0

Indonesia

Prof. Nabila Lubis: Harus Ada Aksi Menyakitkan Terhadap Israel dan Pendukungnya

“Kita harus ada aksi, kalau kumpul-kumpul saja nggak ada hasilnya. Itulah yang kita perlu pikirkan apa yang perlu kita lakukan untuk Israel,” katanya saat berorasi di panggung #Aksi115 Bela Baitul Maqdis di Monas pada Jumat (11/05/2018).

Jum'at, 11/05/2018 11:20 0

Indonesia

Soal Palestina, Irwansyah Minta Pemerintah Beri Tekanan ke Amerika

Artis Irwansyah menegaskan bahwa pemerintah harus memberikan tekanan kepada Amerika Serikat agar tidak memindahkan kedutaannya ke Yerusalem (Al-Quds). Sebab, Indonesia merupakan negara muslim terbesar.

Jum'at, 11/05/2018 10:33 0

Indonesia

Merapi Alami Letusan Freatik, BPPTKG Laporkan Kondisi Terkini

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan bahwa Gunung Merapi mengalami erupsi pada Jumat (11/05/2018) pukul 7:40 WIB. Erupsi disertai gempa selama 5 menit.

Jum'at, 11/05/2018 10:03 1

Indonesia

#Aksi115: Makan Gratis Sepuasnya, Sedekah Sebanyak-banyaknya

Komunitas Nasi Jumat (Sijum) menyediakan makan pagi dan siang bagi para peserta #Aksi115 Bela Baitul Maqdis yang hadir di Monas, Jakarta, Jumat (11/05/2018).

Jum'at, 11/05/2018 09:33 0

Indonesia

Di Atas Kursi Roda, Kakek Andi Siap Berkorban untuk Palestina

Jauhnya perjalanan dan buruknya kondisi kesehatan tak menghalangi H. Andi Syamsul Bahri untuk menghadiri #Aksi115 Bebaskan Baitul Maqdis di Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Jum'at, 11/05/2018 09:20 0

Indonesia

Apa Kata Teuku Wisnu Soal #Aksi115 Bela Baitul Maqdis?

Artis Teuku Wisnu ikut menjadi peserta #Aksi115 Bela Baitul Maqdis di Monas hari ini. Ia menegaskan bahwa aksi ini sebagai bentuk keberpihakan kepada umat Islam Palestina.

Jum'at, 11/05/2018 08:30 0

Indonesia

#Aksi115 Bela Baitul Maqdis, Ratusan Polisi Jaga Kedubes AS

Ribuan personel kepolisian diterjunkan untuk mengamankan #Aksi115 Bela Baitul Maqdis yang berpusat di Monas pada Jumat (11/05/2018). 

Jum'at, 11/05/2018 07:16 0

Indonesia

UBN: Bersungguh-sungguhlah Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

“Kita atas nama rakyat Indonesia bersatu menuntut kepada Trump dan sekutunya untuk tidak semena-mena,” sambungnya.

Jum'at, 11/05/2018 07:04 0

Indonesia

Buntut Bentrok Mako Brimob, 155 Napi Teroris Dipindah ke LP Nusakambangan

Warga Kampung Baru, Kelapa Dua, Depok menyebutkan bahwa pada pukul 08.30 pagi, lewat iring-iringan mobil polisi dan minibus yang diduga membawa para napi ke LP Nusakambangan.

Jum'at, 11/05/2018 06:26 0

Close