... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Cegah Agresi Turki, AS Dirikan Pangkalan Militer Baru di Manbij

Foto: Kendaraan militer AS di Suriah

KIBLAT.NET, Aleppo – Amerika Serikat mendirikan pangkalan militer baru di kota Manbij di Suriah utara. Pembangunan markas militer ini telah dilakukan tiga bulan lalu setelah Turki mengancam menyerang kota yang dikontrol milisi Kurdi Suriah itu.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berulang kali mengancam mengirim pasukan ke Manbij setelah sukses mengusir aliansi milisi Kurdi SDF dari kota Afrin, Maret lalu.

Ankara menganggap Organisasi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), pengendali milisi SDF, perpanjangan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang terlarang. PKK telah melancarkan pemberontakan di Turki selama beberapa dekade. Turki telah dibuat marah oleh Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya karena mendukung YPG di Suriah.

Juru bicara Dewan Militer di Manbij (pasukan yang dikelola SDF), Syarfan Darwish, Rabu (09/05), mengungkapkan bahwa foto pangkalan militer berbendera AS di Manbij yang dirilis kantor berita Reuters pekan ini itu juga menjadi markas pasukan Perancis.

Darwish mengatakan bahwa pasukan AS dan Prancis juga menggelar patrol di garis pemisah antara wilayah pasukan SDF dan oposisi bersenjata Suriah dukungan Turki. Pangkalan ini didirikan tak lama setelah Turki berhasil merebut Afrin.

“Setelah serangan Turki ke Afrin dan ancaman yang terus dikeluarkan Turki terhdap Manbij, pasukan koalisi mendirikan pangkalan pemantau dan penjaga perbatasan yang memisahkan wilayah di Manbij dan pasukan Dar’ul Furat yang didukung Turki. Pangkalan itu ditempati pasukan AS dan Perancis yang setiap hari berpatroli di wilayah garis pemisah dan melakukan pemantauan perbatasan,” jelas Darwish.

BACA JUGA  Oposisi Suriah Luncurkan Tiga Operasi Ofensif di Pedesaan Idlib

Ketika dimintai koinfirmasi atas pernyataan ini, koalisi pimpinan AS menolak mengomentari komentar Darwish.

Ankara meluncurkan serangan pada bulan Januari terhadapSDF di Afrin dan berhasil mengambil alih kota tersebut Maret setelahnya.

Amerika Serikat tidak memberikan dukungan pada SDF di Afrin dan mengatakan tidak ada kehadiran di sana. Namun AS mengatakan bahwa pihaknya memiliki pasukan dan pangkalan di daerah yang lebih besar di sebelah timur memanjang dalam perjalanan ke Iraq.

Sumber: aawsat.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

TPM: Pelanggaran HAM Jadi Faktor Penyebab Bentrok di Mako Brimob

“Makanan hanya masalah kecil. Di dalam ada pelanggaran hak asasi juga. Misalnya hak didampingi penasehat hukum. Mereka rata-rata nggak boleh didampingi kuasa hukum sesuai keinginan mereka,” tuturnya

Kamis, 10/05/2018 13:47 1

Indonesia

Oemar Mita: Mari Fokus kepada Masalah Palestina

Ustadz Oemar Mita Lc. mengingatkan umat Islam agar fokus pada permasalahan Palestina. Terutama ketika mengikuti Aksi Bela Palestina yang akan diselenggarakan pada hari Jumat 11 Mei besok.

Kamis, 10/05/2018 11:19 0

Indonesia

Ustadz Oemar Mita Ajak Umat Islam Hadiri Aksi Bela Palestina di Jakarta

Aksi Bela Palestina yang akan digelar di Jakarta pada Jumat (11/05/2018) ikut didukung oleh Ustadz Oemar Mita. Ia menghimbau agar semua peserta yang terlibat nantinya tetap fokus pada permasalahan Palestina.

Rabu, 09/05/2018 21:56 1

Indonesia

[Video] Begini Proses Pemulangan Jasad Korban Bentrokan di Mako Brimob

Lima ambulance membawa 6 jasad korban meninggal akibat kerusuhan di Mako Brimob tiba di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur pada pukul 11.30 WIB siang. Kedatangan seluruh jenazah di bawah penjagaan dari kepolisian.

Rabu, 09/05/2018 20:49 0

Indonesia

Ustadz Fadlan Resmikan Kapal Dakwah Ketiga Milik AFKN

Yayasan Al-Fatih Kaafah Nusantara meresmikan kapal dakwah. Kapal yang diberi nama Bahtera Dakwah Mardhatillah Nuu Waar tersebut menjadi kapal dakwah ketiga yang dimiliki AFKN

Rabu, 09/05/2018 20:08 0

Indonesia

Keluarga Korban Tewas dalam Bentrokan Mako Brimob Datangi RS Polri

Keluarga korban tewas dalam bentrokan Mako Brimob datangi RS Polri

Rabu, 09/05/2018 18:15 0

Indonesia

Dua Warga Malaysia Tewas Saat Ikut Nyoblos Di Pemilu 9 Mei

Malaysia menggelar pemilihan umum pada 9 Mei 2018

Rabu, 09/05/2018 17:51 0

Indonesia

Relawan Muslimah Asal Indonesia Terima Penghargaan Perdamaian di Turki

Nur Fitri menjadi satu-satunya aktifis dari Indonesia yang menerima penghargaan tersebut bersama dengan 4 aktifis lainnya dari Palestina, Swedia, USA dan UK.

Rabu, 09/05/2018 17:50 0

Indonesia

Israel Larang Warga Gaza Kunjungi Al-Aqsha Selama Ramadhan

Otoritas pendudukan Israel mengumumkan bahwa tidak akan ada izin perjalanan bagi warga Palestina di Jalur Gaza selama Ramadhan tahun ini.

Rabu, 09/05/2018 17:48 0

Indonesia

Kemenag: Rukyatul Hilal Ramadhan Dilaksanakan 15 Mei di 95 Titik

Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadlan 1439H/2018M.

Rabu, 09/05/2018 16:54 0

Close