... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

IM Libya Kutuk Operasi Militer Khalifa Haftar di Kota Derna

Foto: Mursyid Amm Ikhwanul Muslimin Libya, Ahmed al-Souki

KIBLAT.NET, Tripoli – Mursyid Amm Ikhwanul Muslimin Libya (IM), Ahmed al-Souki, Selasa (08/05) mengutuk operasi militer yang diluncurkan oleh mantan panglima militer Khalifa Haftar ke kota Derna. Operasi itu dalam rangka merebut kota Derna dari kontrol pejuang Islamis Majelis Syura Mujahidin Derna.

Al-Souki mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia mengutuk operasi militer yang diluncurkan oleh ruang operasi Al-Karamah (ruang operasi pasukan Haftar) terhadap kota basis mujahid, Derna. Dia juga mencela diamnya pemerintah lokal dan masyarakat internasional atas kemungkinan kerusakan yang ditimbulkan dari operasi ini.

Dia mengatakan bahwa Derna dan semua orang berada di dalamnya dihukum dengan dalih “memerangi terorisme”. Padahal, kota itu yang telah mengusir Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS).

Khalifa Hafter, yang beberapa hari lalu baru kembali dari menjalani perawatan di Prancis, mengumumkan operasi militer di Derna telah dimulai. Dia menggambarkan bahwa Derna saat ini sudah menjadi basis “teroris”.

Tentara Nasional Libya, yang dipimpin oleh Haftar, dalam beberapa pekan terakhir, telah dikerahkan di pinggir Derna, sebagai persiapan untuk memulai operasi.

Kota Derna merupakan satu-satunya kota besar di Libya di luar kendali Haftar. Kota tersebut dikontrol oleh mayoritas faksi Islamis Libya. Mereka membentuk aliansi di bawah nama Majelis Syura Mujahidin Derna untuk melawan kemungkinan serangan Haftar.

Haftar telah memblokade Derna selama empat tahun. Al-Jazeera menyebut, jenderal yang didukung Barat dan sekutunya itu melarang warga keluar dan menghalangi seluruh bantuan kemanusiaan.

BACA JUGA  Revisi Undang-undang, Gabon Bersiap Legalkan LGBT

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Hati-hati! Pesan Asing di WhatsApp Bikin Smartphone Anda Rusak

Pesan tersebut memang menarik perhatian namun punya kemampuan brutal, merusak akun sampai perangkat mobile pengguna, begitu pengguna mengklik pesan tersebut.

Selasa, 08/05/2018 17:07 0

Indonesia

Dr. Zain An-Najah: Musuh Bersama Umat Islam adalah Israel dan Trump

Anggota Komisi Fatwa MUI Pusat, Dr. Ahmad Zain An-Najah mengingatkan akan wajibnya menegakkan Islam dan pentingnya membela Masjidil Aqsha sebagai kiblat pertama.

Selasa, 08/05/2018 16:08 0

Indonesia

TPM: Masih Ada Peluang Hukum, HTI Harus Perjuangkan

"Dalam persidangan sangat terlihat sekali alat bukti yang diajukan pemerintah tidak sesuai dengan undang-undang dan prosedur persidangan yang ada."

Selasa, 08/05/2018 13:27 0

Indonesia

Dimulai Subuh Berjamaah, Aksi Bela Baitul Maqdis Berpusat di Monas

Ustadz Saifuddin Ahmad Syuhada mengungkapkan bahwa Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis digelar mulai Subuh hari Jumat (11/05/2018) dan akan difokuskan di Monas.

Selasa, 08/05/2018 13:06 1

Indonesia

Abraham Pendeta Penghina Islam Divonis 4 Tahun Penjara

Pedri telah menujukkan postingan-postingan Abraham yang diduga menista agama. Di antara, video berjudul “Pendeta Saefuddin Ibrahim melakukan penginjilan kepada sopir rental” dan “Saifuddin Ibrahim Mantan Islam jadi pendeta. “

Selasa, 08/05/2018 11:09 0

Indonesia

Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis Tak Terkait Politik Praktis

Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis Tak Terkait Politik Praktis

Selasa, 08/05/2018 09:57 0

Indonesia

Ini Tuntutan Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis

Donald Trump menantang dunia dengan memindahkan kedutaan Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerussalem atau Al Quds

Selasa, 08/05/2018 09:34 2

Indonesia

Gugatan HTI Ditolak, FPI Desak Pemerintah Berhenti Sudutkan Umat Islam

"Kita ingin pemerintah menghentikan penyudutan terhadap umat Islam dan berhenti mencari kesalahan umat Islam"

Selasa, 08/05/2018 09:14 0

Munaqosyah

Mengapa Masjid Dipisahkan dari Politik?

Ide memisahkan masjid dari politik di Indonesia ini lebih dulu merupakan gagasan Snouck Hurgronje. Ketika pemerintahan Belanda kewalahan menghadapi perlawanan rakyat Indonesia, mereka mencari cara untuk melemahkannya.

Selasa, 08/05/2018 05:20 0

Munaqosyah

Ketika Rasulullah SAW Berpolitik di Masjid

Akhir-akhir ini, politik dan masjid ramai dibicarakan. Berawal dari munculnya gerakan Antipolitisasi Masjid yang dikoordinatori oleh Silvester Matutina. Sebagian orang memahami gerakan ini dengan pelarangan membicarakan politik di masjid. Bahkan, Menteri Agama juga memberikan pernyataan larangan berpolitik di rumah ibadah.

Selasa, 08/05/2018 05:00 5

Close