... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

TNI-AU Hancurkan Empat Pesawat Tempur Asing di Natuna

Foto: Pesawat tempur F-16 TNI-AU

KIBLAT.NET, Natuna – Empat pesawat tempur F-16 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) berhasil mengejar dan menghancurkan empat pesawat asing jenis Hawk yang memasuki wilayah udara yurisdiksi nasional Indonesia secara illegal dan tanpa izin di atas perairan Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (04/05/2018).

Penangkapan pesawat asing tersebut, berawal ketika Satuan Radar 212 Ranai Lanud Raden Sadjad, Natuna mendeteksi adanya empat pesawat tempur asing melakukan penerbangan di atas perairan Natuna wilayah Indonesia tanpa izin dan melakukan manuver dari Barat ke Timur tanpa melakukan komunikasi radio dengan Air Traffic Control (ATC).

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Satuan Radar 212 Ranai meneruskan informasi benda mencurigakan kepada satuan atas dalam hal ini ke Pangkosekhanudnas I yang berkedudukan di Halim Perdanakusuma Jakarta.

Selanjutnya Pangkosekhanudnas I menggerakan empat Pesawat Tempur F-16 untuk melakukan pengejaran dan melakukan komunikasi dengan keempat pesawat asing tersebut. Namun komunikasi tidak dapat dilaksanakan bahkan keempat pesawat asing tersebut terus bermanuver yang membahayakan dan mengancam pesawat F-16 TNI AU. Mereka tidak mengikuti perintah untuk turun dan force down (memaksa mendarat) di Lanud Raden Sadjat.

Selanjutnya setelah menerima petunjuk dari komando atas, Pangkosekhanudnas 1 memerintahkan Penerbang Pesawat Tempur F-16 untuk segera melakukan tindakan tegas dengan menghancurkan empat pesawat tersebut di udara.

Sementara itu, Pangkosekhanudnas I juga memerintahkan unsur radar untuk melaksanakan pengamatan saat penghancuran berlangsung. Pada saat yang bersamaan, Denhanud 473 Paskhas melaksanakan Hanud Titik dan siaga penembakan mengantisipasi adanya sasaran yang berhasil lolos ke daerah obyek vital nasional.

BACA JUGA  Indonesia Muslim Lifestyle Festival Ajak Masyarakat Kenal Properti Syariah Lebih Dekat

Perwira Hanud Pasif Kosekhanudnas I melaksanakan koordinasi dengan instansi-instansi terkait dari obyek vital nasional, komando kewilayahan dan instansi lainnya untuk mengantisipasi adanya bahaya serangan udara. KRI Bung Tomo berkemampuan Hanud sebagai gap filler apabila ada sasaran yang masuk ke wilayah perairan Natuna.

Dengan koordinasi dan kerja sama yang akurat, akhirnya empat pesawat tempur asing jenis Hawk yang memasuki wilayah udara yurisdiksi nasional Indonesia tanpa ijin berhasil dihancurkan oleh Pesawat Tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara.

Kejadian di atas bagian dari skenario hari terakhir Latihan Hanud “Perkasa A Tahun 2018” yang dilaksanakan oleh Kohanudnas di Lanud Raden Sadjad Ranai, Natuna dalam rangka menguji kesiapan personel maupun Alutsista menghadapi ancaman yang datang lewat udara terhadap wilayah Indonesia.

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Taliban Rebut Kota Terpencil Kaya Sumber Alam

Pejabat setempat mengungkapkan bahwa daerah tersebut bermedan pegunungan lagi terpencil namun kaya mineral dan mengandung sejumlah permata yang memiliki harga tinggi.

Sabtu, 05/05/2018 06:33 0

Prancis

Pasukan Khusus Perancis Diterjunkan ke Suriah, Apa Misinya?

Prancis selalu menutup rapat dalam pengerahan pasukan ke medan-medan pertempuran.

Sabtu, 05/05/2018 05:40 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Jangan Lupakan Masjid Al-Aqsha

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Jangan Lupakan Masjid Al-Aqsha. Allah memperjalankan Nabi Muhammad SAW dari Masjid...

Jum'at, 04/05/2018 15:23 0

Palestina

Salah Satu Pembunuh Ilmuwan Hamas Tertangkap di Kroasia

Seorang warga Bosnia ditangkap pada 13 Maret atas dasar surat perintah penangkapan Interpol dari Tunisia.

Jum'at, 04/05/2018 14:27 0

Video Kajian

Tadzkirah: Bulan Sya’ban yang Dilupakan…

Bulan Sya'ban yang Dilupakan Puasa Sya'ban, Menyambut Ramadhan. Mengapa manusia lalai pada bulan itu? Apakah ada amalan khusus yang dianjurkan bagi umat Islam? Apakah Anda juga lalai, atau ingat sesuatu setiap Sya'ban datang?

Jum'at, 04/05/2018 11:18 0

Amerika

Anggaran Militer 2017: AS di Peringkat Teratas, Rusia Turun

Anggaran belanja militer AS saat ini terus menunjukkan grafik naik. Kenaikan belanja militer tersebut diklaim sebagai langkah untuk menghadapi ancaman Rusia.

Jum'at, 04/05/2018 11:12 0

Suriah

Ketua Biro Politik Luar Negeri Jaisyul Islam Mengundurkan Diri

Kepala Biro Politik Luar Negeri Jaisyu Islam, Mohammed Alloush, mengundurkan diri dari jabatannya. Dia menyatakan tetap menjadi tentara revousi meskipun tidak memegang jabatan

Jum'at, 04/05/2018 08:31 0

Afrika

Majelis Syura Mujahidin Derna Gagalkan Serangan Milisi Haftar

Pertempuran Kamis itu terjadi di daerah Adh-Dhur, Derna selatan. Milisi Haftar memulai serangan dengan gempuran artileri. Akan tetapi, kata sejumlah sumber lokal, tak ada kerugian pasukan atau material pun di lokasi MMD akibat gempuran tersebut.

Jum'at, 04/05/2018 07:41 0

Mesir

Ini Sikap Liga Arab terhadap Krisis Diplomatik Maroko-Iran

Juru bicara Sekjen Liga Arab, Mahmud Afifi, mengatakan pada Kamis bahwa keputusan terakhir Liga Arab dalam konferensi di Dhahran, Arab Saudi, bulan lalu terkait campur tangan Iran, menolak tegas intervensi semacam ini dan bekerja untuk melawannya.

Jum'at, 04/05/2018 06:57 0

Afghanistan

Tingginya Angka Korban dan Disersi Gerus Kekuatan Militer Afghanistan

Selama 12 bulan terakhir, pasukan keamanan Afghan mengalami penyusutan jumlah personil sebesar 10 persen hingga kekuatan mereka saat ini hanya tersisa 300.000 pasukan.

Jum'at, 04/05/2018 06:31 0

Close